8 Cara Meningkatkan Cost Per Click (CPC) Adsense Hingga 1000+ Versi Ato Menulis

Bagi orang awam, mungkin akan merasa asing di telinga ketika mendengar sebutan google adsense apa lagi ketika mendengar Cost Per Click (CPC). Namun, bagi seorang blogger, hal itu sangat melekat di telinga dan banyak yang berusaha untuk menjadi blogger sukses lewat google adsense.

Pada postingan kali ini saya tidak menjelaskan apa itu google adsense melainkan fokus tentang bagaimana cara meningkatkan penghasilan adsense melalui blog-blog yang menampilkan iklan google. Hal terpenting untuk tingkatkan penghasilan adsense tergantung pada nilai klik iklan dan jumlah pengunjung blog.

Seorang publisher atau blogger akan menerima bayaran dari google adsense jika banyak pengunjung yang mengklik iklan di blog dan semakin besar penghasilan ketika biaya per klik tinggi. Dalam bahasa inggris disebut Cost Per Click (CPC) sedangakan dalam bahasa Indonesia disebut Biaya Per Kli (BPK).

Biaya perklik iklan oleh pengunjung atau visitor blog berbeda-beda dari masing-masing blog, ada yang CPC tinggi dan rendah. Misalnya ada 1000 pengunjung yang mengklik iklan dan biaya per klik 1000 maka dapat menghasilkan 1 juta. Namun, meskipun 1000 visitor yang mengklik iklan tapi CPC hanya 500 maka hanya mendapatkan penghasilan 500 ribu. Silahkan anda menghitungnya sendiri dengan rumus jumlah klik dikali biaya per klik.

Jadi jumlah klik dan CPC atau biaya per klik sangat berpengaruh terhadap besar tidaknya penghasilan yang didapatkan dari google adsense sehingga kedua hal ini menjadi sangat penting untuk ditingkatkan.

Saya akan memberikan tips bagaimana caranya meningkatkan CPC atau biaya per klik hingga mencapai 1000 lebih berdasarkan pengalaman blog Ato Menulis ini.

Tips Meningkatkan Cost Per Click (CPC) Adsense 1000+


Cara meningkatkan CPC adsense di atas 1000 rupiah


Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja simak cara-cara agar CPC google adsense tinggi

1. Template blog


Template blog sangat berpengaruh juga untuk meningkatkan CPC adsense jadi gunakan template blog yang responsif dan fast loading atau cepat loading alias tidak lambat. Loading blog yang cepat mampu membuat iklan cepat tampil dan itu sangat baik untuk tingkatkan CPC.

Baca : Tips Memilih Template yang Baik Untuk Perkembangan Blog Jangka Panjang

Ukuran template juga menurut saya sangat berpengaruh untuk meningkatkan nilai CPC adsense karena iklan dapat jelas dilihat oleh pengunjung blog. Ukuran template jangan terlalu lebar sehingga iklan akan nampak jelas dan mudah terlihat oleh visitor blog.

Anda dapat melihat contoh blog ukuran lebar template blog ini dan bagaimana posisi iklan yang sangat mudah terlihat.

2. Rajin membuat postingan


Membuat postingan secara rutin bahkan setiap hari sangat mempengaruhi menigkatnya CPC adsense karena mampu mendatangkan banyak pengunjung, blog yang sunyi tidak akan mempu mendapatkan banyak penghasilan dari google adsense. Makin banyak pengunjung berarti semakin banyak jumlah tayang iklan sehingga mampu meningkatkan biaya per klik.

3. Iklan adsense yang ringan


Iklan adsense yang ringan artinya iklan yang cepat tampil ketika orang membuka laman blog kita. Nah bagaimana cara membuat iklan adsense yang fast loading ? Baca : Cara Membuat Iklan Google Adsense Lebih Ringan Agar Cepat Tampil di Blog

4. Pasang iklan responsif


Menurut saya iklan responsif sangat berpengaruh terhadap peningkatan biaya per klik karena google juga merekomendasikan untuk menggunakan iklan responsif di blog. Namun, bukan berarti semua letak iklan atau posisi menggunakan responsif tapi berbanyak iklan responsif dari iklan yang tidak responsif.

5. Penempatan iklan adsense


Dari iklan responsif yang harus lebih banyak dipasang, kita beralij ke posisi letak penempatan iklan. Seperti di blog Ato Menulis ini, iklan tautan responsif berada di bawah judul, kemudian iklan berukuran 336 x 280 lalu iklan responsif dan di akhir artikel juga iklan responsif. Untuk bagian side bar saya hanya memasang satu iklan responsif (lihat di iklan blog ini).

Saya juga pernah memasang iklan responsif di bagian header blog namun karena pertimbangan kecepatan blog akhirnya saya melepasnya. Anda dapat mencobanya jika tidak mengurangi kecepatan blog anda. Penempatan iklan yang baik mampu meningkatkan jumlah klik oleh pengunjung

6. Blog yang ringan atau fast loading


Kembali lagi prinsip dasar blog yang baik adalah ringan dan cepat ketika akses oleh pengunjung. Blog dan iklan adsense yang cepat loading maka mampu meningkatkan biaya per klik iklan. Blog yang ringan adalah blog yang simple artinya tidak terlalu banyak widget yang dipasang. Anda dapat mengetahui kecepatan blog anda menggunakan google speed dan GT Metrix. Baca : Cara Cek Kecepatan Blog di Google Page Speed Insights dan GTmetrix

7. Blokir iklan CPC kecil


Banyak sekali iklan yang tampil di blog kita, jadi untuk meningkatkan CPC maka kita harus memblok iklan-iklan yang memilik CPC kecil.

Baca : Cara Blokir Iklan Google Adsense Bernilai Kecil Agar Meningkatkan Pendapatan

8. Mengatur saldo iklan


Selama ini saya menggunakan saldo iklan 70 % berdasarkan hasil uji coba dari blogger mastah dan juga saya terapkan pada akun adsense saya. Saldo iklan berfungsi agar hanya iklan-iklan potensial saja yang akan tampil di blog dengan biaya klik tinggi.

Cara mengatur saldo iklan adsense yaitu masuk akun adsense, pilih menu iklan dan sub menu saldo iklan kemudian geser menjadi 70%


Apakah tema atau nice blog perpengaruh ?

Blog saya ini memiliki nice atau tema gado-gado tapi mampu mendapatkan biaya per klik iklan adsense sampai 1000 lebih. Jadi menurut saya nice tidak terlalu berpengaruh, rajin saja membuat postingan untuk meningkatkan banyak pengunjung blog setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Meningkatkan Cost Per Click (CPC) Adsense Hingga 1000+ Versi Ato Menulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel