Cara Cek Kecepatan Blog di Google Page Speed Insights dan GTmetrix

Cara Cek Kecepatan Blog di Google Page Speed Insights dan GTmetrix - Sejak pertama terjun ke dunia blogger beberapa tahun lalu, speed google dan gtmetrix ini selalu menjadi andalan saya untuk cek kecepatan beberapa blog saya, sampai saat ini saya tetap memakai kedua situs ini untuk mengetahui kecepatan blog secara online.

Baca juga : Cara Mempercepat Akses Blog Agar Tidak Lama Loading di Blogspot

Mengetahui tingkat kecepatan blog dapat membantu agar lebih meningkatkan kecepatan blog tersebut sehingga tampilan semakin cepat diakses oleh pengunjung dan mampu bersaing dengan blog lain dalam meningkatkan jumlah pengunjung.

Page speed insights merupakan tools yang disediakan oleh google secara gratis untuk melakukan pengecekan kecepatan blog/website secara online. Hasil cek kecepatan blog dalam bentuk angka 1-100. Kelebihan dari Page speed insights atau google speed ini yaitu laporan hasil kecepatan terdiri dari 2 yaitu tampilan desktop dan seluler.

Kecepatan blog pada tampilan desktop dapat berbeda dengan tampilan blog si seluler dan Page speed insights akan melaporkan kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki untuk lebih mengingkatkan kecepatan blog lebih baik.

GTmetrix juga diakses secara gratis untuk cek kecepatan blog sama seperti Page speed insights yang membedakan kedua situs ini adalah dari segi tampilan.

Cara Cek Kecepatan Blog di Google Page Speed Insights


Kunjungi PageSpeed Insights lalu masukkan nama blog/web pada kemudian klik analisis dan tunggu hasilnya

Cara Cek Kecepatan Blog di Google Page Speed Insights

Hasil analisis kecepatan blog terdiri dari desktop dan seluler yang dapat diklik untuk melihat masing-masing nilainya


Angka 0-49 menandakan kecepatan blog buruk, 50-89 kecepatan blog sedang dan 90-100 keceptan baik. Gulir ke bawah untuk melihat laporan kekurangan-kekurangan blog yang harus diperbaiki untuk mendapatkan kecepatan yang blog yang baik.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan blog yaitu melakukan kompres template blog. Baca : Cara Kompres Template Blog Melalui HTML Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Kecepatan Blog di GTmetrix

Masuk ke situs GTmetrix ketik link blog dan klik uji situs anda dan tunggu prosesnya sampai selesai untuk menampilkan hasil.


Hasil analisis kecepatan blog di gtmetrix dalam nilai persen (%) dan waktu kecepatan blog serta ukuran halaman.


Untuk melihat hasil analisis secara detail dan memperbaikinya, gulir ke bagian bawah.

Dengan mengetahui kecepatan blog serta masalah-masalah yang harus diperbaiki akan sangat mempermudah kita dalam meningkatkan kinerja blog kita sehingga menjadi semakin baik kedepannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel