Belum Tahu Apa Itu Google Adsense ? Silahkan Baca Tulisan Ini

Apa Itu Google Adsense - Penjelasan tentang google adsense ini saya tulis karena ada beberapa hal yang mengharuskan saya untuk menjelaskan apa itu google adsense di blog saya ini antara lain di blog ini juga membahas tentang tips google adsense, banyak orang-orang disekitar saya yang bertanya-tanya bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog dan buat pengunjung blog ini agar ketika bertanya tentang adsense dapat lansung saya berikan link artikelnya agar mereka baca lebih jelas sebab jika saya jelaskan langsung belum tentunya detail dan lengkap seperti yang saya tulis.

Apa itu Google Adsense ?


Google adsense merupakan sebuah program pengiklanan gratis dari google yang dapat dimanfaatkan oleh kita semua agar menghasilkan uang dari blog atau website milik kita dengan cara kita mendaftarkan blog atau website kita untuk ditinjau oleh google adsense, jika diterima maka kita dapat memasang iklan dan mulai merasakan bayaran dari google.

Saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu google karena anda pasti secara sadar atau tidak telah menggunakan situs ini untuk mencari sesuatu di internet. Lihat saja ketika anda berkunjung ke sebuah blog atau website untuk mencari informasi seperti tips, tutorial atau berita, anda sering melihat iklan-iklan yang terpasang, nah itulah iklan google. Bukan saja di blog, anda juga pasti sering menonton video di youtube bukan ! Nah, di situ juga terdapat iklan google dan dari situlah para youtuber mendapatkan bayaran dari google.


Perlu anda ketahui bahwa agar dapat menempatkan iklan google adsense di blog, web dan channel youtube tidaklah mudah. Perusahan raksasa seperti google sangat teliti dalam menilai blog atau channel youtube yang layak untuk diterima.

Sistem Kerja Google Adsense


Setelah mengetahui apa itu google adsense, selanjutnya anda juga harus mengetahui bagaimana sistem kerjanya sampai pada tahap kita menerima pembayaran dari hasil blog/web atau channel youtube. Google akan menghitung jumlah tampilan iklan dan seberapa banyak pengunjung yang mengklik iklan, setiap nilai klik iklan berbeda-beda tergantung postingan di blog atau video di yotube. Berdasarkan informasi beberapa blogger biasanya nilai klik iklan yang besar terdapat pada artikel tentang tutorial.

Jadi semakin banyak jumlah pengunjung blog atau orang yang menonton video youtube di channel anda maka semakin besar pula bayaran yang akan anda dapat dari google setiap bulannya. Batas minimum google akan membayar yaitu jika saldo akun adsense anda sudah mencapai 100 dollar atau 1.300.000 jika dalam hitungan rupiah.

Anda akan mendapatkan akun google adsense jika telah diterima oleh google, disitulah anda akan mengetahui kinerja jumlah tampilan iklan dan jumlah klik serta berapa penghasilan per hari dari google adsense.


Setelah memperoleh akun adsense, anda mulai dapat melihat saldo yang masuk. Namun, bukan hanya sampai disitu, setelah saldo mencapai 100 ribu atau 10 dollar anda akan diminta mengisi alamat lengkap tempat tinggal anda agar google mengirim kode PIN untuk memverifikasi akun anda. Hal ini dilakukan agar google memastikan bahwa pemilik akun adsnense benar-benar manusia atau robot.

Pengiriman PIN dilakukan melalui via pos, oleh karena itu berikanlah alamat yang benar agar PIN yang dikirim cepat sampai ke anda. Biasanya lama waktu pengiriman sebulan dan anda diberikan kesempatan tiga kali permintaan PIN jika selama satu bulan PIN belum juga sampai.

Ketika permintaan ketiga dan PIN juga tak kunjung datang maka pihak google akan meminta anda melakukan verifikasi menggunakan scan KTP. Ini merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak blogger dan youtubers yaitu PIN yang tidak sampai ke rumah.

Tidak sampai disitu saja, jika saldo anda telah hampir cukup untuk pembayaran, anda akan diminta verifikasi rekening bank yang akan ditransfer google jika telah mencapai 100 dolar sebagai batas minimal pembayaran. Google akan mengirim nilai rupiah ke rekening yang anda pakai untuk melakukan verifikasi nominal transfer google di bawah 1000 rupiah. Nilai itu sebagai kode verifikasi nomor rekening anda. Semua proses PIN dan verifikasi nomor rekening dilakukan lewat akun adsense.

Google Adsense Untuk Blog/Website


Saat ini semakin banyak para blogger atau orang-orang yang membuat blog berusaha untuk mendaftar ke google adsense dan banyak juga yang ditolak termasuk saya juga pernah ditolak beberapa kali saat mendaftarkan blog ke adsense. Banyak persyaratan yang harus diterapkan di blog kita agar dapat diterima oleh google dan menampilkan iklan.

Baca : Lihat 3 Ciri-Ciri Blog yang Pasti Diterima Google Adsense dan Perlu Ditiru

Jadi, google tidak asal-asalan menerima blog/web untuk memasang iklan mereka. Penayang iklan di blog disebut publisher adsense.

Google Adsense Untuk Youtube


Seperti blog/website yang harus memenuhi syarat dan kebijakan google adsense, youtube juga berlaku hal yang sama. Pada saat ini aturan yang berlaku agar channel youtube anda dapat diterima google adsense yaitu mencapai 1000 subscribe dan 4000 jam tanyang, persyaratan ini dapat berubah kapan saja tergantung pihak youtube.

Salah satu syarat yang sangat penting agar channel youtube dapat diterima yaitu video-video yang anda upload merupakan hasil buatan anda sendiri bukan milik orang lain sebab bisa saja terkenan klaim hak cipta dan hal itu dapat membuat channel youtube anda tidak dapat diterima untuk menampilkan iklan google adsense.

Mungkin sampai di sini dulu penjelasan saya tentang apa itu google adsense serta bagaimana cara kerjanya termasuk adsense untuk blog, website dan yotube. Bagi anda yang masih belum paham setelah membaca tulisan ini, silahkan bertanya di komentar dan saya akan berusaha menjawab secara detail pertanyaan anda tentang google adsense.

Belum ada Komentar untuk "Belum Tahu Apa Itu Google Adsense ? Silahkan Baca Tulisan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel