Tips Memilih Template yang Baik Untuk Perkembangan Blog Jangka Panjang

Tips Memilih Template yang Baik Untuk Perkembangan Blog - Dalam membangun sebuah blog dari awal kita harus benar-benar memikirkan perkembangan blog untuk jangka panjang. Namun, apa bila anda membuat sebuah blog hanya sekedar iseng maka mungkin hal ini tidak begitu penting bagi anda.

Berbeda dengan seseorang yang memiliki perencanaan yang panjang untuk membuat blog dan mengelolanya dengan baik hingga selamanya. Itulah kenapa orang yang seperti itu disebut blogger sebab gelar itu hanya diberikan kepada orang yang aktif mengelola blognya.

Pada tips memilih template yang baik ini saya khususkan buat pengguna blogspot sebab saya sendiri selama beraktivitas sebagai seorang blogger hanya menggunakan platform blogspot. Sempat ditawarkan oleh seorang teman blogger untuk memakai platform wordpress, namun saya menolaknya. Bukan karena blogspot lebih baik dari wordpress (WP) tapi sejak dari awal belajar tentang blog saya sudah terbiasa menggunakan blogspot. Semua jenis platform blog pasti terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari setiap pengguna yang nyaman menggunakannya.

Alasan Seseorang Membuat Blog

Ada beberapa alasan seseorang membuat blog, misalnya untuk tugas kuliah, hanya iseng mempublikasikan tugas atau pekerjaan, mempublikasikan aktivitas sehari-hari dan ada juga yang membuat blog dengan perencanaan untuk dapat menghasilkan uang dari aktivitas ngeblognya.

Baca : Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Dulu saya juga pernah membuat blog hanya iseng untuk mempublikasikan tugas kuliah, hanya itu saja tujuannya tanpa memperdulikan template, tata letak dan desain blog yang nyaman buat pengunjung. Setelah itu, blog saya tidak terawat lagi dan hingga saat ini gentayangan, bahkan saya sendiri sudah tidak dapat mengkasesnya lagi dikarenakan lupa email dan password saat itu.


Dari pengalaman pertama saya membuat blog di atas maka hingga saat ini saya semakin paham untuk membuat, mendesain dan mengelola blog untuk berbagai keperluan. Dengan begitu blog yang kita buat akan terlihat indah dan membuat pengunjung blog merasa nyaman.

Tips Memilih Template yang Baik 


Pada saat ini dengan perkembangan dunia digital, orang-orang membuat blog bukan hanya untuk keperluan mereka tapi selalu diikuti dengan rencana untuk berpenghasilan dari blog seperti halnya youtube. Maka untuk mencapai tujuan menghasilkan uang dari blog, perlu ketelitian dan keseriusan dari awal membuat dan membangun blog. Terkait template blog yang baik, sangat dianjurkan untuk memilih yang tepat ketika pertama membuat blog sebab sering gonta-ganti template juga tidak baik untuk blog. Namun, bagi anda yang sudah terlanjur menjalankan blog kemudian ingin menggantinya maka saya sangat menyarankan agar pilih template yang baik agar jangan lagi menggantinya kecuali ada alasan yang mendesak.

1. Rekomendasi dari teman sesama blogger


Tips memilih template blog yang baik menurut saya yang pertama yaitu bertanya kepada teman atau kenalan anda yang telah berpengalaman di dunia blog. Mereka sudah cukup banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman. Sehingga saran dan masukkan template dari mereka dapat diikuti, apalagi jika anda memiliki teman blogger yang sudah sukses dengan blognya.

Saya selama ini hanya membeli template dari 2 orang blogger yang sering membuat dan menjual template yaitu mas Sugeng (sugeng.id) dan mas Adhy Suryadi (kompi ajaib). Template dari mereka berdua dapat saya rekomendasikan sebab saya sendiri sudah lama menggunakan template dari mereka dan hasilnya cukup memuaskan.

Sebelum menggunakan template premium, dulu waktu pertama membuat blog, saya juga lama menggunakan template gratisan. Saya tidak perlu panjang lebar menjelaskan apa perbedaannya, anda dapatkan pikirkan sendiri apa kelebihan dan kekurangan segala sesuatu yang gratis dan berbayar. Gunakanlah template premium jika anda berniat mengelola blog untuk jangka panjang dan memiliki penghasilan dari blog tersebut. Namun, jika hanya iseng membuat blog, dapat anda gunakan template bawaan blogger yang sudah tersedia secara gratis di platform blogspot saat pertama membuat blog.

2. Template yang responsive


Template yang responsive artinya tampilan blog kita akan dapat mengikuti ukuran perangkat yang digunakan oleh pengunjung. Misalnya ketika pengunjung blog masuk ke blog kita menggunakan handphone maka ukuran blog kita akan menyesuikan dengan bentuk HP, begitu juga ketika mereka menggunakan iPhone, laptop maupun komputer. Sebab sebuah blog ibarat rumah atau toko, ketika orang yang berkunjung merasa betah maka mereka akan sering berkunjung, apalagi jika produk atau postingan blog kita bermanfaat maka mereka semakin menyukai blog kita. Jika hal itu terjadi maka visitor blog kita akan semakin banyak dan berpeluang untuk mulai menghasilkan uang.

3. Template Blog yang Ringan


Selain template yang responsive, salah satu syarat template blog yang baik yaitu ringan atau kecepatan loadingnya baik.

Darimana dapat mengukur kecepatan blog ? 


Kecepatan blog kita dapat diukur menggunakan tools yang telah disediakan oleh google sebagai mesin pencari terbesar di dunia internet. Anda mengunjungi speed google untuk cek kecepatan blog anda. Sebagian besar pengguna internet di dunia menggunakan mesin pencarian google, apa lagi di Indonesia, hampir semua pengguna internet menggunakan google. Jadi, jika kecepatan blog kita baik di mata google berarti blog kita akan mampu persaing di pencarian google dan mampu menduduki laman 1 google.

Mengukur kecepatan blog

Silahkan masukkan alamat blog anda pada kolom yang tersedia kemudian klik analisis, tunggu prosesnya hingga selesai. Akan terlihat hasilnya oleh analisis google yang telah memilki standar yang baik untuk menilai kecepatan blog kita.


Ini adalah kecepatan blog Ato Menulis dimata google jika dilihat dari tampilan seluler yang mencapai 93 dengan standar 90-100 masuk dalam kategori baik. Dapat dilihat pada tampilan laman speed google. Nilai kecepatan ini dapat berubah kapan saja, tergantung kita dalam menjaga agar blog tetap ringan. Sebab setiap postingan blog terutama kapasitas besarnya gambar yang dimasukkan dalam postingan dalam jumlah banyak dapat juga berpengaruh pada kecepatan blog. Selain itu desain blog dengan penempatan widget-widget juga memiliki pengaruh pada kecepatan blog.

Biasanya template premium yang dijual, telah diberikan deskripsi kecepatannya dan rsponsive serta kelebihan-kelebihannya. Teliti sebelum menggunakan template blog demi perkembangan blog anda kedepan yang baik dan sesuai harapan yang diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel