Talaga Kabau Penuh Cerita Rakyat di Kepulauan Sula

Talaga Kabau merupakan sebuah Talaga yang cukup terkenal di Kepulauan Sula, Maluku Utara. Selain Talaga terluas di Kepulauan Sula, Talaga Kabau juga memiliki banyak cerita rakyat yang menjadi turun temurun di kedua desa ini yaitu Desa Kabau Pantai dan Kabau Darat.

Menurut cerita masyarakat setempat, talaga ini dulunya adalah sebuah desa dan ada suatu kejadian kemudian desa tersebut berubah menjadi talaga yang sangat besar. Pada talaga Kabau banyak terdapat buaya yang dipercayai buaya-buaya tersebut merupakan masyarakat desa yang telah yang berubah menjadi talaga.

Talaga Kabau berada di antara dua desa yaitu desa Kabau Pantai dan Kabau Darat. Dulu kedua desa ini menjadi satu yaitu desa Kabau namun kemudian menjadi dua desa.

Ada juga satu adat istiadat yang dilakukan oleh masyarakat desa Kabau yaitu SAS Tahaga yang artinya Sumpah Talaga. Ini merupakan satu bentuk kearifan lokal yang bersifat konservasi sumber daya alam. Dimana ketika sedang berlangsung sumpah talaga, masyarakat kedua desa tersebut dilarang mengambil segala bentuk sumber daya alam yang ada di talaga seperti ikan dan tumbuhan sekitar.

Sumpah Talaga dijalankan selama jangka waktu tertentu, ketika sudah dicabut sumpah Talaga barulah semua sumber daya alam dapat dimanfaatkan kembali.

Banyak cerita rakyat dan sejarah yang dapat ditelusuri di desa Kabau, jadi bagi anda yang penasaran dapat langsung berkunjung.

Talaga Kabau Cerita Rakyat Kepulauan Sula

Desa Kabau dapat diakses melalui jalan laut dan darat. Tepatnya berada di kecamatan Sulabesi Barat.

TALAGA KABAU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel