Persyaratan Lengkap Membuka Rekening Organisasi di Bank BRI

Persyaratan Membuka Rekening Organisasi di Bank BRI - Sebagai ketua di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang didirikan oleh saya bersama seorang teman, saya kemudian membuka rekening khusus untuk lembaga atau organisasi agar semua yang terkait dengan keuangan lembaga akan disimpan pada rekening tersebut. Demi menjaga kepercayaan dan transparansi dalam lembaga swadaya masyarakat yang kami kelola.

Satu hari sebelum pengurusan rekenening LSM, saya pergi ke bank BRI tempat saya tinggal untuk berkonsultasi apa saja persyaratan yang perlu dilakukan untuk membuka rekening organisasi atau LSM dan ada beberapa persyaratan yang perlu saya siapkan untuk kelancaran proses membuka rekening lembaga di bank BRI pada keesokan harinya.

Dalam pengurusan membuka rekening organisasi di bank BRI, dibutuhkan ketua dan bendahara, jadi jangan lupa membawa bendahara organisasi anda ketika akan mengurus rekening baru untuk organisasi.

Rekening organisasi termasuk dalam kategori rekening Giro, artinya anda tidak memiliki buku tabungan dan ATM. Anda hanya diberikan rekening koran yang tercantuk nomor rekening dan nama nasabah (organisasi).

Syarat membuka rekening organisasi di bank BRI


Jadi bagi anda yang berencana membuka rekening organisasi, dapat menyipakan berkas-berkas seperti :

1. Surat Permohonan Pembukaan Rekening


Surat permohonan ditujukan kepada pimpinan bank BRI yang akan anda tuju untuk membuka rekening organisasi, misalnya pimpinan cabang atau unit. Surat permohonan tersebut ditandatangani oleh ketua dan bendahara sebagai orang yang akan mengurus pembukaan rekening. Untuk contoh surat permohonan lihat : Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening LSM di Bank

2. Surat Keputusan Pengurus Organisasi (SK Pengurus)


SK atau surat keputusan pengurus organisasi termasuk dalam persyaratan agar pihak bank yakin bahwa anda dan bendahara benar merupakan pengurus organisasi tersebut.

3. Akta Notaris


Akta notaris atau akta pendiri juga jangan lupa untuk dibawa ke bank (asli dan foto copy), akta notaris lembaga sebagai bukti bahwa benar lembaga yang anda urus legal secara hukum. Akta notaris juga untuk membuktikan nama organisasi, pendiri, pengurus dan nomor yang akan dimasukkan dalam formulir pihak bank BRI.

4. KTP Ketua dan Bendahara


Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengetahui alamat dan NIK untuk dimasukkan dalam persyaratan biodata pembuat rekening serta melihat tanda tangan anda.

5. NPWP Organisasi/Lembaga


Foto Copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) lembaga swadaya masyarakat

6. Meterai 6000


Persiapkan juga meterai 6000 sebanyak 2 lembar untuk nantinya ditandatangani pada surat penting yang disiapkan oleh pihak bank.

Contoh Rekening GIRO Organisasi


Rekening giro organisa yang telah jadi akan terlihat seperti ini :

Persyaratan Lengkap Membuka Rekening Organisasi di Bank BRI

Baca juga : Cara Menghubungi BNI Call Center Secara Online Untuk Mengatasi Masalah Nasabah

Semoga informasi tentang syarat-syarat membuka rekening organisasi di bank BRI ini dapat membantu. Persiapkan semua persyaratan sebelum anda pergi ke bank BRI untuk membuka rekening organisasi agar semua proses berjalan lancar dan mudah.

Belum ada Komentar untuk "Persyaratan Lengkap Membuka Rekening Organisasi di Bank BRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel