6 Cara Menjaga Konsisten Menulis di Blog Untuk Blogger

Konsisten merupakan prinsip paling mendasar untuk apa pun yang kita lakukan dalam segala bentuk aktivitas, baik usaha atau bisnis hingga menulis postingan di blog sebagai seorang blogger. Konsisten dan usaha keras yang cerdas menurut saya menjadi sebuah bentuk tindakan untuk mencapai tujuan sebuah keberhasilan atau kesuksesan menjadi seorang blogger sebab hampir semua blogger sukses di Indonesia melakukan prinsip konsisten.

Namun, salah satu prinsip hidup yang masih banyak orang terutama blogger terapkan yaitu konsisten itu sendiri. Semangat ngeblognya hanya diawal dan seiring waktu berjalan mereka mulai malas dan jarang bahkan tidak membuat postingan blog dalam jangka waktu yang sangat lama. Kebanyak dari blogger yang tidak konsisten berawal dari semangat mereka untuk mendapatkan bayaran dari google lewat blog, ketika lama-lama ngeblog dan belum menghasilkan kemudian mulai putus asa dan malas menulis di blog.

Lihat saja para blogger sukses seperti Mas Timon, Maxmanroe dan Adhy Suryadi yang selalu update postingan blog mereka sampai saat ini. Semua prinsip konsisten banyak disarankan oleh blogger sukses seperti mereka namun kita saja yang sebagai blogger pemula belum mampu menjalankannya.

Pada tulisan ini saya akan membagikan cara agar seorang blogger mampu konsisten menulis. Cara konsisten membuat postingan blog ini sudah saya jalankan selama beberapa tahun ngeblog, meski sering jatuh bangun menjadi seorang blogger namun saya tetap berusaha untuk konsisten membangun blog dan menulis postingan blog.

Cara Menjaga Konsisten Menulis di Blog


Agar mampu konsisten menulis setiap hari di blog, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Niat Menulis yang serius


Sebelum membahas lebih jauh, kita harus menyatakan dulu dalam hati kita bahwa kita benar-benar ingin meraih kesuksesan dengan menjadi seorang blogger yang bersungguh-sungguh membangun blog untuk mendapatkan penghasilan seperti blogger-blogger yang telah sukses.

2. Mencari Ide Menulis


Salah satu faktor penyebab seorang blogger tidak mampu menulis setiap hari di blog yaitu karena kehabisan ide menulis. Padahal banyak sekali tips-tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ide menulis seperti :

Berkunjung ke blog-blog lain 

Ketika kehabisan ide, jangan kemudian malas untuk mencari ide menulis. anda dapat berkunjung ke blog-blog lain dan melihat artikel yang mereka tulis. Dari situ berpotensi untuk mendatangkan ide menulis. Tidak masalah kita menulis topik yang sama dengan postingan blog lain asalkan bukan copy paste melainkan menulis dengan cara kita sendiri.

Mencari ide di alam terbuka

Ketika anda kehabisan ide karena kebanyak di rumah atau dalam ruangan, coba pergilah keluar di alam terbuka. Jalan-jalan sebentar di tempat keramaian sesuai selera anda karena banyak sekali inspirasi di alam terbuka yang mampu membantu kita mendapatkan ide menulis

3. Segara Menulis Saat Mendapatkan Topik


Saat mendapatkan ide atau inspirasi untuk menulis, maka segeralah menulis dan jangan menundanya sebab bisa saja anda akan lupa dengan topik tersebut dan hilanglah kesempatan untuk membuat postingan di blog.


Anda tidak harus menulis di laptop atau komputer sebab ada handphone yang dapat digunakan untuk menulis ketika anda berada di mana saja.

Baca : Tips Menulis Artikel di Blog Setiap Hari Dengan Bantuan Smartphone

4. Mengatur Waktu Menulis yang Baik


Agar dapat konsisten menulis, kita harus mengatur dan menetapkan waktu menulis dan konsisten juga dengan waktu yang sudah diatur tersebut. Carilah waktu dimana anda tidak sedang sibuk atau waktu lowong. Misalnya ada pekerjaan atau aktivitas yang rutin dijalankan, maka carilah waktu dimana anda tidak sedang sibuk karena menulis membutuhkan konsentrasi dan ketenangan pikiran yang hanya fokus pada apa yang kita tulis

5. Memikirkan Apa yang akan Ditulis Esok Hari


Saya terbiasa menulis postingan blog pada siang atau sore hari. Setelah mempublikasikan tulisan saya di blog kemudian saya memikirkan lagi apa tema tulisan untuk besok hari. Anda tidak harus berpikir keras tentang itu. Lakukan aktivitas seperti biasa tapi disela-sela kesibukkan, ingatlah bahwa anda akan menulis lagi untuk besok dan selalu mencari ide dalam akivitas.

Setelah mendapatkan ide menulis, jangan langsung ditulis tapi tulis saja judulnya pada dashboard blog sebagai draft. Kumpulkan beberapa judul untuk dijadikan darft postingan agar pada keesokan harinya anda dapat langsung menulis isi postingan dari judul-judul yang telah ada di draft. lakukan kebiasaan seperti itu setiap hari agar anda dapat konsisten menulis di blog sebagai seorang blogger.

6. Menulis Opini


Setiap hari kita selalu berpikir dan memikirkan segala sesuatu sebab otak akan tetap bekerja selama manusia masih hidup. Nah, perhatikan apa saja masalah yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal atau daerah anda. Anda dapat menulis opini atau mendapat yang bersifat postif terhadap masalah-masalah sosial yang anda lihat atau terpikirkan.

Jadi, dengan 6 cara di atas mampu membuat kita untuk dapat menjaga sikap konsisten menulis di blog tanpa harus mengeluh. Semua blogger menginginkan kesuksesan dan kesuksesaan sedang menunggu kita untuk menjemputnya. Ayo semangat untuk konsisten menulis 💪

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel