5 Dampak Buruk Mengganti Judul Blog yang Sudah Lama Dibuat

Dampak Buruk Mengganti Judul Blog - Saya pernah ditanya oleh seorang teman yang baru membuat blog pribadinya untuk menulis artikel dan dipublikasi, apakah kita dapat menganti judul blog ? dan saya menjelaskan bahwa jika blognya masih seumuran jagung (belum genap sebulan) dan artikelnya belum banyak, bisa saja diganti tapi jika blognya sudah lama dan banyak isi postingan maka jangan diganti karena akan berdampak buruk pada perkemebangan blog kedepan.

Kebetulan dia juga suka menulis dan berniat membuat buku dari hasil-hasil tulisannya. Saya menyarankan untuk membuat blog pribadi agar semua tulisan dapat disimpan pada blog dan lebih aman dan akan mudah diambil ketika akan membuat naskah buku.

Baca juga : Cara Membuat Blog Baru Secara Gratis dan Cepat di Blogspot

Masih banyak menurut saya blogger pemula yang belum mengerti dampak buruk yang akan terjadi pada blog ketika mereka mengganti judul atau nama blog. Bagi saya hal terburuk yang dilakukan oleh seorang blogger dalam mengelola blognya adalah mengganti nama blog. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memikirkan baik-baik nama yang blog sebelum mulai membuat blog.

Baca juga : Tips Menentukan Tema Blog Untuk Seorang Blogger Pemula

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, mengganti nama blog tidak akan berdampak buruk jika blog tersebut baru saja dibuat dan masih berumur kurang dari seminggu karena jika blog sudah berumur satu bulan atau lebih maka jangan lagi mengganti nama blog tersebut. Jika anda memaksakan untuk menggantinya berarti anda telah siap menerima resikonya.

Dampak Buruk Mengganti Judul Blog


Ada beberapa dampak buruk yang akan terjadi pada perkembangan blog dan saya akan mulai dari dampak yang paling buruk :

1. Pengunjung blog akan menurun drastis


Mengapa pengunjung blog menurun drastis saat mengganti nama blog ? karena google dan mesin pencarian lainnya seperti bing dan yandex sudah merayapi dan mengenal blog anda dengan nama tersebut. Ketika anda mengganti nama maka hasil perayapan dari google akan hilang dan google akan melakukan perayapan ulang, hal itu membutuhkan waktu beberapa bulan.

Dampak Buruk Mengganti Judul Blog yang Sudah Lama Dibuat

Banyak pengunjung blog dikarenakan google telah mengenal blog anda sehingga ketika orang-orang berselancar di internet dapat menemukan blog anda ketika mereka mencari informasi terkait apa yang anda tulis di blog. Ketika nama blog diganti maka orang akan sulit menemukan blog anda dalam jangka waktu lama sehingga dengan sendirinya blog anda akan sunyi seperti di kuburan 😂

2. Mengirim ulang link blog ke google webmaster tools


Webmaster tools merupakan sebuah tools gratis yang disediakn oleh google untuk para blogger mengirim link postingan sehingga cepat diindex atau dirayapi oleh mesin pencarian google.

Mengganti nama blog otomatis semua link postingan anda akan berubah dan anda perlu mengirim ulang semua link postingan anda ke webmaster tools untuk dikenali kembali bagi anda yang sudah mendaftarkan blog ke google webmaster.

Baca : Cara Daftar dan Kirim Link Postingan Blog ke Webmaster Tools Versi Terbaru

Bisa anda bayangkan jika postingan blog anda sudah ratusan sampai ribuan, akan butuh kerja ekstra untuk mengirim ulang link postingan ke google webmaster tools. Selain itu, anda juga perlu mendaftar ulang blog anda ke webmaster.

3. Promosi ulang blog anda


Salah satu cara agar blog kita diketahui oleh orang banyak yaitu dengan cara melakukan promosi blog. Biasanya tindakan promosi blog ini dilakukan saat kita baru membuat blog. Nah, perlu melakukan promosi ulang karena nama blog telah berubah.

Baca : 8 Cara Promosi Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung Dengan Mudah

4. Bekerja keras mendatangkan kembali pengunjung


Awalnya pengunjung sudah banyak atau mulai banyak dan tiba-tiba turun drastis karena mengganti nama blog. Untuk mendapatkan kembali pengunjung yang banyak maka anda perlu kerja keras, rajin menulis setiap hari, bahkan harus lebih dari satu artikel. Perlu diingat, untuk membuat blog kembali stabil membutuhkan waktu yang tidak cepat.

5. Penghasilan blog menurun 


Bagi blogger yang telah memperoleh penghasilan dari blog seperti google adsense, iklan mandiri atau atau yang lainnya akan mengalami penurunan sebab penghasilan blog ditentukan oleh seberapa banyak pengunjung blog.

Jadi, pikirkan baik-baik jika anda mau mengganti nama blog yang sudah lama dibuat. Demikian dampak buruk mengganti judul blog yang sudah lama dibuat.

Belum ada Komentar untuk "5 Dampak Buruk Mengganti Judul Blog yang Sudah Lama Dibuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel