Cara Daftar dan Kirim Link Postingan Blog ke Webmaster Tools Versi Terbaru

Cara Daftar dan Kirim Link Postingan Blog ke Webmaster Tools Versi Terbaru - Bagi seorang blogger dalam membangun blog pasti menginginkan banyak pengunjung yang datang ke blognya sebab percuma saja anda menulis di blog dengan susah payah lalu tidak ada yang membacanya sebab tak bisa dipungkiri setiap blogger pasti memiliki harapan utama yaitu blog yang ramai dengan visitor sehingga apapun tujuan anda untuk ngeblog akan tercapai dengan mudah.

Baca : Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Membuat sebuah blog itu mudah tapi dalam membangun blog agar mendatangkan banyak pengunjung dari mesin pencarian google tidak mudah, hal itulah yang sering dikenal dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) dalam dunia blogger. SOE merupakan sebuah teknik yang terapkan agar blog kita dapat bersaing atau tampil di halaman pertama google ketika orang-orang mencari postingan atau artikel yang berhubungan dengan apa yang kita tulis di blog. Itulah hal penting yang harus dilakukan agar blog kita ramai dikunjungi oleh netizen.

Salah satu teknik SEO yang sangat dasar yaitu mendaftarkan blog kita di webmaste tools milik google sekaligus mengirim URL atau LINK artikel postingan blog ke webmaster google agar google dapat merayapi dan mengindeks blog dan postingan kita dengan cepat sehingga postingan-postingan blog kita mampu juga bersaing dan jika beruntung akan ada beberapa artikel blog kita yang dapat berada di laman pertama (page one) google.

Apa itu Webmaster Tools atau Google Search Console ?

Bagi anda yang masih bingung tentang apa itu webmaster tools, ini merupakan tools online yang disediakan oleh google secara gratis dalam membantu para blogger untuk mengoptimasi atau meningkatkan kualitas blog mereka sehingga dapat cepat berkembang. Jadi, sayang jika kita tidak memanfaatkan tools ini.

Cara Daftar Blog ke Webmaster Tools


Perlu anda ketahui bahwa webmaster tools saat ini telah dibuat versi terbaru oleh google, saya sendiri sering mengirim URL postingan blog sejak dulu ketika webmaster tools masih dalam versi lama.



Untuk mendaftar ke webmaster tools kita menggunakan email gmail, buka situs webmaster tools lalu mulai sekarang dan masuk menggunakan email gmail yang sama untuk masuk ke blog anda.


Kemudian perhatikan di bagian kiri atas untuk menambahkan alamat blog anda, klik tambahkan properti lalu masukkan alamat blog


Selanjutnya verifikasi webmaster tools untuk blog anda, pilih metode verifikasi Tag HTML, copy kode verifikasi anda seperti yang saya beri tanda di gambar dan paste ke HTML blog anda, tepatnya di bawah head



Setelah kode verifikasi webmaster tools telah terpasang di bawah head HTML blog anda, kembali ke webmaster dan klik tombol verikasi


jika berhasil maka akan ada tanda centang dan selamat blog anda sudah terdaftar ke search console google atau webmaster tools.

Cara Kirim URL Postingan Blog Untuk Diindeks Google Webmaster Tools


Setelah blog kita telah terdaftar ke webmaster tools, sebenarnya masih banyak lagi langkah SEO yang harus kita lakukan dalam optimasi blog untuk menjadi lebih baik seperti menambahkan peta situs, Namun pembahasan itu nanti saya bahas di postingan yang lain. Pada postingan ini kita fokus tentang cara mengirim URL postingan blog agar cepat diindeks google dan berpeluang berada pada laman satu google.

Cara untuk mengirim URL postingan blog ke webmaster tools sangat mudah dilakukan yaitu buka webmaster tools, pilih inpeksi URL dan masukan URL postingan blog anda lalu klik Enter.


Saya sarankan agar tunggu sekitar 30 menit agar link postingan kita dikenali dulu oleh google sehingga pada saat mengirim URL untuk diindeks google langsung mengenal URL tersebut dan memberi tanda warna hijau. Pengalaman saya ketika langsung mengirim URL setelah beberapa menit artikel blog di publish maka masih terdapat tanda hitam yang artinya URL tadi belum terbaca oleh sistem google.


Jika sudah berwarna hijau tanda centang di atas maka silhkan klik MINTA PENGINDEKSAN sampai disini URL postingan blog kita sudah terindeks oleh google. 

Mengirim URL postingan ke webmaster tools seperti merupakan teknik dalam optimasi blog kita untuk dapat berada di laman satu google. Namun, perlu diketahui juga bahwa kualitas tulisan kita juga sangat mendukung dalam perkembangan blog. Google menyukai tulisan yang bermanfaat buat pembaca dan tulisan yang natural atau asli hasil menulis sendiri, bukan dari hasil copy paste artikel orang lain.

Baca : Berapa Lama Blog Dapat Menghasilkan Uang dari Google Adsense Sejak Pertama Dibuat ?

Jangan berharap blog kita mampu bersaing di mesin pencarian google jika tulisan kita terdapat plagiat atau copas dari blog lain. Mulailah menulis sendiri lalu melakukan optimasi pada blog anda. Ingat semua butuh proses, lakukan dengan baik maka yakinlah akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel