Tips Menentukan Tema Blog Untuk Seorang Blogger Pemula

Tips Menentukan Tema Blog Untuk Seorang Blogger - Dunia blogging saat ini semakin ramai dan banyak peminatnya, hal ini dipicu oleh perkembangan teknologi saat ini. Dimana semua orang semakin memahami akan peluang memiliki penghasilan di dunia online. Bermacam-macam usaha dunia online kini telah dilakukan oleh banyak orang mulai dari kota hingga di desa-desa, ada yang berjualan online, menjadi konten creator atau lebih dikenal youtuber dan blogger. Selama masih terhubung dengan jaringan internet maka semua aktivitas online dapat dijalankan. Inillah yang ramai disebut era digital, masa dimana orang-orang semakin cerdas memanfaatkan teknologi untuk meningkat kesejahteraan hidup.

Baca : Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Pada tulisan ini saya akan fokus membahas tentang dunia blog yang juga merupakan salah satu peluang besar untuk memiliki penghasilan di dunia online bagi seorang blogger atau orang yang aktif mengelola blognya sebab yang sangat terkenal dikalangan masyarakat yaitu youtuber dan blogger dalam meraup rupiah di internet.

Untuk menjadikan blog sebagai lahan penghasilan maka diperlukan tindakan yang benar mulai dari awal kita membuat blog sampai mengembangkannya hingga mulai menikmati hasil. Ketika langkah awal salah atau keliru maka harapan untuk mendapatkan keuntungan melalui blog sulit atau tidak akan tercapai.

Tips Menentukan Tema Blog

Jika berbicara tentang sebuah blog maka secara otomatis berhubungan dengan tulisan yang akan kita posting agar dapat dibaca oleh orang lain. 

Tulisan apa yang akan diposting ?

Inilah salah satu pertanyaan yang harus kita jawab, apa yang akan kita pulish ke blog berkaitan dengan tema (nice) blog itu sendiri. Misalnya ada blog yang membahas tentang teknologi, kesehatan, otomotif, keagamaan dan lain sebagainya.

Bagi anda blogger pemula seperti saya, pasti akan kebingungan memilih tema saat mulai membuat blog. Hal juga saya rasakan sendiri waktu pertama kali terjun ke dunia blog, namun jangan khawatir, ada beberapa tips memilih tema yang dapat membantu anda dalam menentukan topik blog, sehingga blog yang anda bangun akan dapat menjadi sebuah blog sesuai harapan anda di masa yang akan datang. 

1. Jangan Ikuti Tema Orang Blogger Lain


Jangan pernah asal-asalan mengikuti tema dari blog orang lain sebab setiap manusia pasti berbeda, apa yang anda pikirkan belum tentu sama dengan yang orang lain pikirkan, apa yang anda pahami juga akan berbeda dengan orang lain pahami.

Saya sering melihat para blogger pemula yang mengikuti topik-topik blogger yang sudah terkenal dan sukses di dunia blogger, mungkin saking terinspirasinya mereka terhadap blogger tersebut sehingga mereka akan ikuti apa yang blogger tersebut lakukan. Menurut saya hal itu kurang baik dilakukan, kembali lagi setiap orang tidak akan pernah sama.

2. Pilih Tema Blog Sesuai Kemampuan atau Hobi


Pilihlah tema blog sesuai dengan kemampuan dan pemahan anda. Misalnya anda hobi mempelajari tentang komputer berarti secara otomatis anda sangat paham tentang hal-hal terkait komputer maka dapat dijadikan tema pembahasan komputer di blog. Bisa juga anda hobi tentang motor atau mobil maka jadikan blog bertema otomotif yang membahas apa saja tentang motor dan mobil.

Misalnya anda pintar dalam pelajaran tertentu, maka anda dapat menulis semua isi pengetahuan anda ke dalam blog dan menjadikan tema blog sesuai dengan pelajar atau pengetahuan tersebut.

Tips menentukan tema blog

Intinya adalah pilih tema blog sesuai kemampuan dan pemahaman anda, dengan begitu perkembangan blog akan baik sebab anda menikmati apa yang anda tulis di blog dan tidak akan pernah habis bahan postingan anda seiring perkembangan hobi anda akan berbanding lurus dengan update pengetahuan anda sehingga blog menjadi aktif dan seiring berjalan waktu pasti dapat dijadikan sumber penghasilan.

3. Tidak memiliki Pengetahuan atau Hobi yang Khusus ?

Apabila anda tidak memiliki hobi atau pengetahuan khusus tentang suatu bidang tertentu ? jangan khawatir sebab anda dapat membuat tema blog gado-gado atau sebuah blog yang membahas banyak tema. 

Apakah blog dengan banyak tema dapat sukses ?

Jawabnya pasti bisa ! saya juga pernah membangun blog bertema campuran alias gado-gado dan menghasilkan uang dari google adsense. Selain itu, banyak blogger sukses yang memiliki blog bertema gado-gado.

Namun, jika dibuat perbandingan berdasarkan pengalaman saya, blog dengan tema khusus akan lebih cepat berkembang dari pada blog dengan tema campuran. Alasanya, blog dengan tema khusus akan cepat memiliki banyak pelanggan sebab dia fokus membahas topik tertentu. 

Misalnya di blog tersebut hanya membahas tentang komputer maka setiap pengunjung yang senang dan hobi tentang komputer akan sering berkunjung terus-menerus ke blog itu untuk mendapatkan update postingan-postingan terbaru seputar komputer. Bagiru juga dengan tema-tema blog yang mambahas tema tertentu lainnya.

Namun, bukan berarti tema blog gado-gado tidak bisa sukses, buktinya banyak yang sukses ! selama seorang blogger bekerja keras untuk membangun blognya, saya yakin dan percaya pasti akan mendapatkan hasil yang baik sesuai harapan.

Itulah 3 tips memilih tema blog bagi seorang blogger pemula yang baru membuat blog, semoga tulisan di atas dapat menjadi tambahan pengetahuan dan pertimbangan anda dalam menentukan apa tema blog yang akan anda pilih. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel