6 Cara Ampuh Agar Blog Muncul di Halaman Satu Google Saat Dicari Orang Lain

Cara Ampuh Agar Blog Muncul di Halaman Satu Google Saat Dicari Orang Lain - Semua blogger atau orang yang memiliki blog pasti sangat menginginkan blog mereka akan dengan mudah ada di halaman pertama google ketika dicari oleh orang lain. Misalnya ketika anda sementara bertemu dengan teman dan berbicara mengenai blog atau ada orang yang bertanya apa nama blog anda.

Jika ada yang bertanya seperti itu anda cukup jawab cari saja di google dengan menyebutkan nama blog dan ketika teman anda mencarinya, maka dapat ditemukan di pencarian google. Maka suatu kebanggaan tersendiri buat anda dan pastinya anda akan senang.

Namun pada kenyataannya banyak blog yang tidak muncul ketika orang mencari di pencarian google sebab untuk blog dapat muncul di halaman satu google perlu tindakan atau teknik-teknik tertentu, dalam dunia blogger disebut SEO ( Search Engine Optimization ) yaitu cara optimasi blog agar mampu tampil di pencarian google dan mampu bersaing dengan blog-blog lain.

Banyak tindakan yang perlu dilakukan untuk blog menjadi SEO mulai dari pemilihan nama blog, penggunaan template, panjang tulisan sampai pada pengaturan dasboard blog dan mendaftarkan blog ke google webmaster tools. Semua hal itu menjadi satu komponen utuh dalam menerapkan SEO blog.

Saya akan membahasnya satu persatu sehingga anda juga dapat menerapkannya ke blog milik anda sehingga dapat muncul dipencarian google saat dicari oleh teman atau orang lain.

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google


Ada 6 cara yang harus anda lakukan secara benar agar harapan blog anda tampil di halaman satu google dapat tercapai.

1. Memilih Nama Blog


Hal pertama agar blog menjadi SEO yaitu dari pemilihan nama blog. Sebelum anda membuat blog harap pikirkan secara matang apa nama blog yang akan anda pakai.

Nama blog yang baik yaitu mudah dan unik artinya gampang diingat orang dan unik berarti tidak banyak atau hanya milik anda sendiri. Makanya banyak yang membuat nama blog memakai nama mereka sendiri.

Nama blog Ato Menulis ini saya pakai bukan karena tidak sengaja melainkan sudah saya analisis terlebih dahulu kalau unik atau tidak karena sebelumnya saya pernah membuat blog memakai nama Ato Basahona, itu nama saya sendiri dan blog tersebut telah saya jual. Setelah berpikir panjang dan menganalisis maka nama Ato Menulis menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan nama blog.

Jangan memakai nama yang sulit atau susah untuk diingat sebab dapat membuat orang lupa nama blog anda ketika akan mencarinya. Nama blog yang unik bukan berarti harus ribet diucapkan, apalagi diingat. Keuntungan memiliki nama blog yang unik itulah akan mudah tampil di laman pertama google saat orang mencarinya.

Selain nama blog perhatikan juga link blog agar tidak berbeda dengan nama blog anda sebab nama dan link blog saling memiliki hubungan untuk diindeks oleh google. Nama blog saya Ato Menulis sedangkan nama link atau URL atomenulis.com.


Penentuan nama dan URL blog dibuat ketika anda mulai membuat blog, pikirkan baik-baik sebab mengganti nama blog dikemudian hari akan berpengaruh pada peryapan google dan berdampak pada jumlah pengunjung blog anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Baru Secara Gratis dan Cepat di Blogspot

2. Memilih Template


Template blog yang baik yaitu template yang ringan dan responsef hal ini akan perpengaruh pada kecepatan akses blog di google oleh pengunjung dan tampilan blog pada semua perangkat. Banyak sekali template yang responsif dan ringan yang dapat ditemukan di internet baik secara gratis atau premium dengan membelinya pada situs penyedia template.

Baca : Tips Memilih Template yang Baik Untuk Perkembangan Blog Jangka Panjang

3. Daftar Blog ke Google


Setelah blog anda sudah jadi dan menggunakan template yang responsif dan ringan, selanjutnya daftar blog anda ke google webmmaster tools dan verifikasi agar blog anda lebih mudah dikenali google. Dengan begitu google akan cepat mengindeks atau merayapi blog anda. Dengan nama blog yang unik dan mudah tadi maka berpeluang besar akan muncul di halaman pertama google ketika dicari oleh orang lain.

Baca : Cara Daftar dan Kirim Link Postingan Blog ke Webmaster Tools Versi Terbaru

4. Panjang Tulisan Postingan Blog


Panjang tulisan postingan blog anda juga sangat mempengaruhi blog anda mampu bersaing dengan blog-blog lain. Prinsipnya semakin panjang postingan blog semakin baik. Pertanyaannya berapa minimal panjang tulisan ?

Saya biasanya membuat minimal panjang postingan blog yaitu 500 kata. Angka itu berdasarkan pengalaman saya, dulu saya pernah menggunakan standar minimil 300 kata dan hasilnya kurang memuaskan. Setelah blog ini saya terapkan semua postingan minimal 500 kata maka hasilnya bagi saya sangat memuaskan dan mampu bersaing dengan blog-blog yang sudah lama di pencarian google.

Baca juga : 3 Cara Menulis Postingan Blog Untuk Dipublikasikan di Blogspot yang Benar

5. Rajin Membuat Postingan


Prinsipnya SEO blog selanjutnya yaitu blog yang selalu update. Semakin rajin anda membuat postingan blog maka semakin baik blog anda di mata google dengan begitu akan lebih memudahkan untuk persaingan untuk dapat berada di halaman satu google.

Blog yang jarang sekali membuat postingan akan mengalami penurunan peringkat dan dapat dilewati oleh blog lain. Peringkat blog dapat anda lihat melalui alexa rank.

Baca : Cara Pasang Alexa Rank di Google Chrome Untuk Melihat Peringkat Blog/Website

Saya sering melakukan pengamatan terhadap blog-blog yang rajin membuat postingan dan tidak melalui alexa rank. Hasil pengamatan saya, blog yang rutin membuat postingan peringkatnya semakin baik sedangkan yang jarang atau lama sekali diupdate peringkatnya semakin buruk. Nilai alexa yang semakin kecil menandakan blog semakin baik begitu sebaliknya nilai alexa yang makin tinggi menandakan blog semakin kurang baik.

6. Katakan Tidak Pada COPAS


Hampir semua tulisan saya tentang tips blog pasti saya masukkan tips ke 6 ini karena copy paste postingan blog lain hanya akan memperburuk blog kita. Jangan pernah lakukan hal itu jika menginginkan blog anda akan berada di halaman satu google.

Saya sudah pernah merasakan dampak buruk copy paste ketika awal belajar blog jadi saya selalu mengingatkan hal ini ke blogger lain. Melakukan copy paste postingan orang lain sama saja memberi virus penyakit pada blog kita.

Baca : Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Demikian cara-cara agar blog muncul di pencarian google saat dicari oleh orang lain yang saya terapkan pada semua blog yang saya bangun dan blog saya mampu berada di halaman satu google. Silahkan anda terapkan dengan benar agar blog anda juga dapat bersaing dengan blog lain dan muncul di halaman pertama google.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Ampuh Agar Blog Muncul di Halaman Satu Google Saat Dicari Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel