Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang - Tips membangun blog dari awal agar cepat dan mudah menghasilkan uang ini merupakan tulisan perdana saya di blog ini yang dikhususkan bagi pemula. Menurut saya tips blog ini harus pertama saya tulis sebab saya sedang melakukannya sekrang.

Mendapatkan penghasilan rupiah dari dunia online pada saat ini tidak lagi menjadi rahasia, dengan perkembangan teknologi sekarang, semua orang telah mengetahui jika melalui blog, website atau youtube kita dapat memperoleh keuntungan finansial. Namun, perlu anda ketahui bahwa untuk memperoleh penghasilan melalui dunia online tidak semudah membalikkan telapak tangan seperti yang anda pikirkan saat ini sebab hal itu butuh kerja keras, cerdas dan konsisten serta siap untuk jatuh bangun dalam berusaha.

Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Saya sendiri telah mengalami hal itu, blog pertama yang saya buat dengan belajar sendiri terkait pengetahuan blog. Saya mulai merasakan penghasilan dari blog pertama saya sekitar 1 tahunan, itupun masih sangat kecil. Awalnya ada teman saya yang saat itu bersama membuat blog miliknya, akibat saking lamanya menghasilkan uang sehingga dia meninggalkan dunia blogging dan tidak pernah merasakan uang dari blog. Itulah kenapa sempat saya singgung di atas tentang konsisten dalam mengelola sebuah blog untuk menghasilkan uang.

Tips Membangun Blog Dari Awal


Bagi anda yang mulai tertarik atau membuat blog untuk dapat memperoleh keuntungan finansial maka saya akan membagikan beberapa tips untuk pengetahuan anda dalam mulai membuat serta membangun blog.

1. Membuat Blog


Agar dapat berpenghasilan dari sebuah blog sudah pasti harus membuat blog atau website. Anda dapat membuat blog secara gratis di blogspot atau wordpress sebelum menggunakan Top Level Domain (TLD).

Mengapa harus menggunakan TLD ?

Agar blog anda terlihat profesional oleh pengunjung. Dapat anda bayangkan apa yang pengunjung pikirkan ketika melihat blog gratisan dan blog yang berbayar atau yang telah memakai TLD.

Blog yang telah memakai TLD dapat anda lihat apa alamat blog seperti .com, .co.id, .net dan lain-lain sedangkan blog gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com.

Jadi sejak awal membuat blog sebaiknya langsung membeli Top Level Domain, ibarat membangun sebuah rumah maka fondasi harus diperkuat. Begitu juga dengan sebuah blog, ketika sejak pertama kita telah menggunakan domain maka dapat meningkatkan penilaian google pada blog kita selain itu semua postingan kita sudah memiliki alamat URL top level domain.

Sebuah blog yang telah memakai TLD akan mampu bersaing dengan blog lain pencarian google dengan syarat kita rajin membuat postingan-postingan original tanpa copy paste postingan orang lain.

Apakah blog gratisan tidak mampu bersaing di pencarian google ?

Jawabannya bisa ! tapi berdasarkan pengalaman saya tidak banyak dan admin blog-blog tersebut juga telah berpengalaman dalam dunia blogging.

2. Desain Blog


Setelah blog kita telah menggunakan TLD maka langkah selanjutnya yaitu mengatur atau mendesain blog kita agar terlihat menarik bagi pengunjung yang berkunjung ke blog.

Ciri-ciri blog yang menarik antara lain :

Memasang Widget Blog yang Perlu

Teringat pada awal membuat blog beberapa tahun lalu, saya memasang banyak sekali widget blog dan ternyata bagi saya sebagai pemula di dunia blog, hal menarik tapi bagi seorang blogger yang telah berpengalaman hal itu buruk bahkan akan berdampak pada penilaian pengunjung.

Baca : Cara Membuat Daftar Isi Blog Per Label yang Ringan dan Simple

Selain itu, dengan memasang banyak widget blog dapat membuat blog kita lambat dan hal itu akan berpengaruh pada persaiangan dengan blog lain untuk muncul di laman pertama google. Sebab untuk saat ini google sangat menganjurkan agar sebuah blog harus memiliki kecepat loading yang cepat alias ringan. Widget blog yang penting untuk dipasang seperti postingan terbaru, postingan populer dan label atau kategori postingan.

Mengatur Warna Blog

Selain mengatur widget blog sesuai kebutuhan, hal yang dapat mempengaruhi menarik atau tidaknya sebuah blog yaitu warna. Intinya, warna blog jangan terlalu mencolok sebab menurut saya akan membuat pengunjung tidak nyaman.

Jika anda mengamati blog-blog terkenal telah mengahsilakan puluhan atau ratusan juta perbulan, warna blog desain mereka kebanyak tidak mencolok dan saya sendiri ketika berkunjung pada sebuah blog yang berwarna mencolok akan membuat ketidak nyamanan pada mata saya.

3. Rajin Membuat Postingan Blog


Seperti yang saya singgung di atas bahwa untuk dapat menghasilkan uang dari blog maka kita harus konsisten menulis atau membuat postingan di blog. Sesuaikan target anda setiap hari berapa postingan dan yang terpenting adalah membuat postingan setiap hari. Ada juga blog-blog yang tidak setiap hari update postingan blog mereka tapi blog-blog tersebut rata-rata telah memiliki penghasilan rutin setiap bulan dalam jumlah yang lumayan.

Bagi sebuah blog yang baru dibuat maka setiap hari harus mampu membuat postingan, minimal satu postingan. Itulah mengapa harus kerja keras, ketika blog sudah mulai menghasilkan anda akan mulai bahagia dan semakin rajin membuat tulisan setiap hari.

Blog-blog yang sudah memiliki banyak penghasilan semua seperti itu ketika awal membangun blog bahkan setelah banyak uang, mereka sudah mulai memiliki karyawan untuk menulis, jadi setiap hari beberapa postingan selalu ada di blog mereka dan semakin hari penghasilan mereka semakin meningkat.

Catatan penting : Jangan pernah copy paste tulisan dari blog lain jika anda mengharapkan dapat sukses dengan blog yang dibuat. Google sangat tidak menyukai postingan-postingan hasil plagiat tapi sangat menyukai postingan blog yang unik alias original.

4. Mulai Menghasilkan Uang dari Blog


Jika tiga tips di atas telah diterapkan dengan baik maka mulailah untuk menjadikan blog anda sebagai mesin uang yang dapat dinikmati. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet, misalnya :

Google Adsense

Hampir semua orang saat ini mengetahui apa itu google adsense, jika anda belum mengetahuinya saya akan menjelaskan secara singkat apa itu google adsense ?

Google adsense merupakan program google untuk bermitra dengan para blogger atau youtuber. Pihak google memasang iklan di blog kita dan kita akan dibayar setiap bulan jika memenuhi batas uang yang telah disepakati. Sehingga jangan heran ketika anda berkunjung ke blog/website sering melihat iklan oleh google.

Langkah awal bekerja sama dengan google adsense yaitu kita mendaftarkan blog kita untuk ditinjau oleh pihak google apakah layak atau tidak menjadi mitra kerja sama. Oleh karena itu, tips-tips blog di atas merupakan pengalaman saya ketika mendaftarkan blog dan diterima oleh google adsense sebab tidak semua blog diterima dan rencananya blog ini juga akan saya daftarkan ketika sudah layak menurut saya.

Syarat utama untuk mendapatkan bayaran dari google adsense jika sudah diterima blog kita untuk menampilkan iklan yaitu blog harus memiliki banyak pengunjung. Syarat penting blog memiliki banyak pengunjung adalah tampilan blog menarik dan rutin membuat postingan setiap hari tanpa copy paste artikel orang lain.

Content Placement

Jika setiap hari pengunjung blog banyak hingga puluhan sampai ratusan ribu, anda dapat membuka jasa Content Placement yaitu dengan membuat postingan terkait blog,website atau prosuk seseorang dan anda dibayar sesuai tarif harga yang disepakati bersama. Ini juga disebut backlink karena artikel yang anda tulis akan dipasang link menuju blog/website mereka. Saya sendiri sudah pernah merasakan hal itu melalui sebuah perusahaan domain, saya menulis tentang produk mereka memasang link yang mengarah ke website mereka dan saya dibayar, cukuplah buat jajan sehari.

Memasang Iklan Selain Google Adsense 

Selain google adsense masih banyak perusahaan lain yang dapat diajak kerja sama untuk menampilkan iklan di blog kita dan kita mendapatkan pembayaran setiap bulan, seperti Chitika, Bidvertiser, RevenueHits dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat membuat blog anda dengan jasa memasang iklan dari semua pihak. Seperti kita ketahui saat ini, iklan-iklan produk atau perusahaan bahkan perorangan bukan hanya dipajang di tempat umum tapi juga pada media online. Nah, anda juga dapat membangun kerja sama untuk memasang iklan mereka di blog anda.

Itulah tips-tips dalam membuat blog baru agar dapat menghasilkan uang sesuai dengan harapan yang kita inginkan. Syarat utama agar mudah menghasilkan uang yaitu blog memiliki banyak pengunjung setiap hari. Selamat berusaha dan semoga kita sukses bersama-sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel