3 Cara Menulis Postingan Blog Untuk Dipublikasikan di Blogspot yang Benar

Cara Menulis Postingan Blog Untuk Dipublikasikan di Blogspot yang Benar - Membuat dan membangun sebuah blog itu gampang-gampang susah karena ketika kita rajin belajar tentang blog maka mengelola sebuah blog akan terasa mudah tapi sebaliknya jika kita malas untuk mencari tahu pengetahuan yang banyak di dunia blogger maka hasil akhirnya blog kita akan menjadi biasa-biasa saja, padahal di luar sana banyak sekali blogger yang berjuang untuk mendapatkan penghasilan melalui blog milik mereka.

Baca : Berapa Lama Blog Dapat Menghasilkan Uang dari Google Adsense Sejak Pertama Dibuat ?

Ada blogger sukses yang sejak pertama membuat blog sampai menghasilkan uang hanya dengan bermodal otodidak atau belajar sendiri, ada juga yang belajar dari teman sesama blogger yang telah meraih kesuksesaan. Namun, ada juga yang berharap sukses di dunia blogger tapi malas belajar, nah ini juga yang banyak saya temukan. Blogger yang malas baca, malas mencari informasi dan ngotot ingin memeproleh penghasilan dari blog. Akhirnya banyak cara-cara keliru yang dibuat, bukan berhasil malah gagal mencapai tujuan untuk mendapat keuntungan finansial dari blog.

Baca : 5 Kesalahan Fatal Blogger Pemula yang Sering Dilakukan Saat Membangun Blog

Tidak sedikit kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan terus menerus tanpa disadari, salah satunya yaitu kesalahan menulis postingan blog untuk dipublikasikan. Saya juga ketika baru berkecimpung di dunia blog sering melakukan hal ini, hingga mendapatkan pemahaman dari blogger-blogger senior yang saya kunjungi blog mereka, akhirnya kebiasaan ini saya rubah.

Kesalahan menulis postingan blog yang sering dilakukan terutama oleh blogger yang baru terjun di dunia blog antara lain yaitu :
  1. Menulis artikel di microsoft word lalu copy secara langsung ke dashboard postingan blog tanpa merubah struktur tulisan bawaan MS word tersebut sedangkan blogspot memiliki struktur tersendiri.
  2. Tidak menulis langsung di dashboard blog, padahal menulis langsung seperti itu akan lebih baik sebab semua tulisan yang kita buat telah sesui dengan sturuktur bawaan blogspot dan akan lebih mudah untuk dirayapi google.

Sampai sekarang saya masih sering menemukan blogger pemula yang menulis seperti di atas termasuk salah seorang teman saya yang baru membuat blog dan berniat untuk mendaftarkan blognya ke google adsense agar dapat menghasilkan uang.

Cara Benar Menulis Postingan Blog


Ada beberapa cara menulis artikel di blog yang baik, berdasarkan pengalaman saya selama ini yaitu :

1. Menulis langsung di dashboard blog


Menulis secara langsung di dashboard akan mendapatkan banyak manfaat misalnya kita hanya sekali melukan pengeditan selama menulis berlangsung, hal ini akan lebih menghemat waktu sebab begitu postingan selesai secara langsung kita dapat publikasikan.


Menu membuat postingan bawaan blogspot menurut saya sudah sangat lengkap seperti membuat huruf tebal (bold), huruf miring, garis bawah tulisan, ukuran huruf dan lain-lain. Bahkan kita juga dapat menulis di postingan blog menggunakan smartphone dengan menggunakan aplikasi blogger untuk HP. Jadi, blogspot semakin mempermudah kita para blogger untuk rajin membuat postingan blog dengan cara yang benar saat menulis.


Jadi bagi anda yang masih belum terbiasa menulis langsung di dashboard blogspot, mulailah membiasakan diri anda membuat postingan seperti itu mulai dari sekarang baik blogger pemula atau bukan agar hal ini menjadi kebiasan yang baik.

2. Menghilangkan Struktur Bawaan Tulisan


Cara menulis postingan blog yang kedua ini berlaku ketika anda menulis di aplikasi lain seperti MS word dan lain-lain. Sebelum memasukkan tulisan ke menu postingan blog maka normalkan terlebih dahulu struktur tulisan tersebut agar sesuai dengan bawaan blogspot.

Cara menormalkan format tulisan blog 

Ada 2 cara yang sering saya lakukan untuk menormalkan struktur tulisan untuk postingan blog yaitu melakukan langsung di menu postingan blogspot dan menggunakan aplikasi notepad bawaan windows.

Untuk bawaan blogspot, silahkan copy semua tulisan anda dari MS word dan salin ke menu postingan blogspot. Setelah semua tulisan masuk ke dashboard blog, blok semua atau tekan CTRL + A agar otomatis semua terblok selanjut klik menu remove formatting di bagian kanan atas.


Maka secara otomatis semua tulisan telah berubah format atau strukturnya menjadi bawaan blogspot dan dapat disesuikan dengan baik. Selanjut silahkan rapikan tulisan agar siap dipublikasikan.

Selain memperbaiki format tulisan di bawaan blogspot kita juga dapat menggunakan aplikasi notepad bawaan windows yang sudah tersedia di laptop atau komputer. 


Buka aplikasi notepad di laptop/komputer, lalu copy semua tulisan ke notepad. Denga begitu semua format tulisan akan menjadi normal dengan sendirinya. Selanjutnya copy tulisan tersebut dan salin ke dashbord menu postingan, jangan lupa untuk diedit atau dirapikan tulisan anda sebelum diposting.

3. Perhatikan ukuran dan model huruf (besar/kecil)


Perhatikan ukuran huruf tulisan anda sebab hal juga dapat berpengaruh pada kenyamanan pembaca/pengunjung. Sesuaikan ukuran huruf postingan blog, silahkan anda lihat sendiri untuk mengukur apakah sudah sesuai atau belum atau bisa juga tanyakan kepada teman anda, apakah dia nyaman membaca dengan ukuran seperti itu atau tidak.

Selain itu ukuran huruf hal yang sama juga berlaku untuk model huruf, model huruf yang sering digunakan untuk postingan blog seperti times new roman, arial, gergia, helvetica trebuchet dan verdana. Dapat anda pilih salah satunya, semua tipe huruf tersebut telah tersedia di menu postingan blogspot. Jangan menggunakan model huruf yang membuat pembaca blog anda kesulitan saat membaca.


Itu saja menurut saya perlakuan pentingan pada tulisan kita untuk mempublikasikannya di blog agar blog kita terlihat menarik di bagi pengunjung dan mampu meningkatkan perkembangan blog kita sebab tulisan postingan yang kita buat telah sesuai dengan format bawaan blogspot. Dengan demikian akan lebih mempermudah google untuk merayapi semua postingan blog kita.

Silahkan bagikan tulisan ini sebagai informasi buat teman-teman anda yang masih sering membuat kesalahan dalam menulis postingan blog agar mereka juga mengetahui bagaimana cara yang benar membuat postingan untuk perkembangan blog ke depan.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Menulis Postingan Blog Untuk Dipublikasikan di Blogspot yang Benar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel