Tips Mengatasi Jenuh Untuk Menulis di Blog Bagi Seorang Blogger

Tips Mengatasi Jenuh Untuk Menulis di Blog Bagi Seorang Blogger - Sebaik-baiknya sebuah blog yaitu rutin dan rajin membuat postingan dengan cara menulis. Tidak sedikit blog-blog yang telah dibuat menjadi tidak aktif karena admin atau pemiliknya jarang menulis di blog mereka. Hal inilah yang menyebabkan banyak blog-blog yang sulit berkembang, jika hal itu terjadi maka harapan untuk mendapatkan penghasilan dari blog sulit tercapai.

Baca : Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Menurut saya masalah terbesar semua para blogger yaitu kejenuhan menulis. Biasanya blog yang baru saja dibuat sangat aktif dengan selalu membuat postingan-postingan di blog, namun lambat laun intensitas postingan blog mulai menurun dengan sifat jenuh dan mulai kehabisan ide-ide untuk menulis.

Jadi, sebagai seorang blogger, tantangan terbesar yaitu kita harus mampu melawan rasa jenuh ini dan mampu melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengatasi rasa jenuh menulis sehingga rutinitas menulis di blog selalu berjalan dengan cukup baik.

Tips Mengatasi Jenuh Untuk Menulis di Blog


Ada banyak cara yang dapat kita lakukan agar mampu mengatasi rasa jenuh menulis di blog. Bahkan cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa biaya yang mahal. Saya sendiri sering melakukannya untuk mengatasi rasa jenuh ketika mulai malas update postingan blog.

1. Menulis di Tempat Lain


Jika rutinitas ngeblog anda hanya selalu dilakukan di rumah, maka mulailah menulis di luar rumah untuk mengatasi rasa jenuh dalam membuat postingan di blog. Saya sering mengalami hal itu, rutinitas ngeblog saya hanya di rumah, rumah dan rumah. Suatu ketika rasa jenuh saya memuncak hingga beberapa hari saya tidak menulis di blog padahal sebelum menjadi seorang blogger, saya memang sejak awal senang menulis.


Akhirnya saya mulai melakukan aktivitas ngeblog ke luar rumah, misalnya menulis di tempat kopi. Kebetulan saya suka ngopi sehingga tempat kopi menjadi solusi terbaik bagi saya dengan menulis di blog sambil ngopi.

Baca : Tips Menulis Artikel di Blog Setiap Hari Dengan Bantuan Smartphone

Bagi anda, tinggal disesuaikan dengan hal-hal yang anda sukai, dengan memilih tempat menulis sesuai dengan keinginan yang anda sukai.

2. Butuh Inspirasi Menulis


Hal utama yang membuat kita menjadi malas menulis yaitu karena kehabisan ide dan gagasan tema tema apa yang akan ditulis. Hal ini sering saya temui pada teman-teman sesama blogger yang mengeluhkan bingung apa yang mau tulis. Penyebabnya sudah pasti kita butuh inspirasi untuk mendapatkan ide menulis.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghadirkan inspirasi-inspirasi seperti melakukan rekreasi bersama keluarga, jalan-jalan ke taman, berkumpul dengan teman-teman (nongkrong) bahkan ada seorang teman saya yang senang duduk di tepi pantai menikmati ketenangan alam untuk mendapatkan inspirasi atau anda juga dapat bermalam di alam (camping) sehari.

Ketika saya kehabisan ide menulis, banyak hal yang saya lakukan dan semuanya berhasil. Hal ini mungkin disebabkan karena memang menulis menjadi hobi saya dari dulu. Saya sering nongkrong dan ngopi bersama teman-teman, jalan-jalan sendirian di taman kota dan bahkan sering mendaki gunung.

Kesimpulan : Lakukan hal-hal yang dapat membuat hati anda senang dan bahagia, dengan begitu saya yakin inspirasi menulis pasti akan hadir dan anda dapat segera menulis lagi secara rutin di blog.

3. Melihat Blog-Blog Sukses


Tips mengatasi jenuh menulis di blog yang ketiga dari saya yaitu berkunjung ke blog-blog yang telah sukses menurut kita atau blog-blog milik blogger yang telah sukses. Lihat-lihat isi postingan mereka dengan begitu dapat memacu ide kita untuk menulis. Hal ini dapat anda lakukan jika anda tidak memiliki kesempatan untuk menulis atau jalan-jalan keluar rumah.

4. Berkunjung ke Blog yang Sama Pembahasan


Selain tiga tips di atas, tips mengatasi kehabisan ide menulis di blog yang terakhir dari saya yaitu berkunjung ke blog-blog yang isi pembahasan atau tema sama dengan blog kita. Misalnya blog anda membahas tentang tutorial blog maka anda dapat melihat postingan-postingan blog lain juga membahas tentang blog begitu juga jika blog anda membahasa tema yang lain, tinggal disesuaikan.

Saya juga selalu melaukan hal ini untuk mengatasi rasa malas untuk membuat postingan blog dan hasilnya selalu berhasil. Anda juga dapat mencobanya untuk menghadirkan ide-ide menulis di blog anda ketika mulai jenuh untuk membuat psotingan di blog.

Sekian 4 tips mengatasi rasa malas untuk menulis di blog yang dapat saya bagikan, semoga dapat mermanfaat bagi anda. Silahkan mencoba dan rasakan cara mana yang sangat sesuai dengan karakter anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel