Cara Mengatasi Kesalahan Bahasa Indonesia Blog di Webmaster Tools

Pada tulisan ini saya akan mengawali dengan penjelasan apa itu webmaster tools agar bagi anda belum mengetahuinya dapat memahami sehingga dapat terus lanjut membaca tulisan saya ini tentang Cara Mengatasi Kesalahan Bahasa Indonesia di Webmaster Tools

Webmaster tools atau yang juga sering disebut Search console merupakan sistem indeks atau tools yang disediakan secara gratis oleh google bagi para blogger guna digunakan untuk mengirim link artikel blog/website ke google untuk dindeks atau dirayapi sehingga google dapat mengetahui setiap postingan atau tulisan yang kita publish di blog/website.

Melalui google webmaster tools inilah sehingga blog/website atau postingannya mampu berada di halaman pertama google. Dalam dunia blogger disebut ilmu SEO. Jika postingan blog kita sudah berada di halaman pertama pencarian google maka akan mampu mendatangkan banyak pengunjung atau visitor.

Baca : Cara Daftar dan Kirim Link Postingan Blog ke Webmaster Tools Versi Terbaru

Jika blog anda sudah terdaftar ke google webmaster tools dan mulai mengirim link postingan blog, ada salah satu item di webmaster yang menyediakan bahasa dan negara tujuan blog/website kita. Di situ kita akan memilih apa bahasa yang kita pakai dalam blog, apakah bahasa Indonesia ataukah bahasa asing.

Pada tulisan ini saya akan fokus pada bahasa Indonesia sesuai dengan bahasa blog Ato Menulis ini. Ada sebagian blog yang menggunakan lebih dari satu bahasa, misalnya bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahasa lainnya. Blog dengan lebih dari satu bahasa akan menggunakan kode script bahasa yang lebih dari satu sedangkan blog yang hanya menggunakan satu bahasa seperti bahasa Indonesia cukup menggunakan satu kode script bahasa yaitu x-default

Nah, biasanya Kesalahan Bahasa Indonesia di Webmaster Tools yang sering terjadi yaitu x-default tidak ada tag kembali sehingga kurva akan menanjak dan muncul angka tag hreflang dengan Kesalahan.


Tingkat kesalahan bahasa blog seperti ini juga dapat mempengaruhi kinerja blog terkait SEO atau kemampuan blog untuk mampu bersaing dengan blog lain di pencarian google sebab masih banyak kesalahan perayapan bahasa oleh google. Jadi kita harus Mengatasi Kesalahan Bahasa Indonesia di Webmaster Tools secepatnya jika terjadi sehingga tidak lagi ada lonjakan angka kesalahan bahasa blog.

Cara Mengatasi x-default tidak ada tag kembali


Cara mengatasi masalah tersebut yaitu silahkan copy dan paste kode scrip di bawah ini ke HTML dashboard blog anda. Tepatnya di bawah <head>

<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>



Simpan perubahan dan tunggu sampai minimal 1x24 jam untuk melihat perubahan berkurangnya kesalah bahasa blog terjadi. Blog ini juga telah membuktikan cara di atas dan berhasil.

Bagi blog yang hanya memakai satu bahasa, cukup dengan memasang script di atas untuk mengatasi kesalahan bahasa di blog. Jika blog menggunakan lebih dari satu bahasa barulah menggunakan lebih dari satu script.

Demikian Cara Mengatasi Kesalahan Bahasa Indonesia di Webmaster Tools yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel