Berhenti Menulis Postingan Tutorial di Blog

Sejak semakin populernya youtube saya mulai berpikir untuk berhenti menulis postingan tutorial di blog ini meskipun sudah sangat banyak tutorial yang telah saya tulis sebelumnya. Ini hanya pendapat dan analisa saya sebagai blogger. Mungkin akan berbeda dengan pendapat blogger lain.

Dulu ketika youtube belum ramai seperti saat ini, ditambah lagi semakin banyak youtubers yang bermunculan. Jika dulu masih banyak orang-orang mencari-cari berbagai macam tutorial di blog atau website karena mereka masih kadang menemukannya di youtube. Berbeda dengan sekarang, semua tutorial sudah tersedia di youtube.

Faktor lainnya yaitu, orang-orang atau netizen saat ini sudah mulai malas membaca dan lebih suka menonton sehingga kecendurangan mereka lebih suka mencari tutorial apapun di youtube dari pada membaca di blog atau website.

Menurut saya sebagai blogger, kita harus rubah strategi ngeblog yaitu dengan mengurangi menulis tentang tutorial karena semakin hari akan semakin sedikit pengunjung atau orang yang mencari postingan tersebut di blog. Hal ini juga terlihat di blog Ato menulis ini, jumlah visitor di postingan-postingan tutorial yang telah saya tulis semakin berkurang.

Jadi apa postingan yang sebaiknya ditulis ?

Saya sarankan kita lebih fokus untuk menulis tentang tips dan trik serta pengetahuan lain yang kebanyakan belum tersedia di youtube. Intinya kita menulis postingan yang masih jarang ada di youtube karena ketika orang-orang mencarinya di youtube dan tidak ketemu maka sudah pasti mereka akan mencarinya di blog atau website.

Anda dapat melihat langsung di blog saya ini, sudah jarang sekali menulis tentang tutorial, saya lebih banyak menulis tentang tips, trik, informasi terbaru, lowongan kerja, pengetahuan umum, puisi, contoh surat dan lainya.


Ini hanya pendapat dan pengalaman saya pribadi, jika anda para blogger lain yang masih melihat potensi pengunjung pada tulisan-tulisan tentang tutorial maka silahkan dilanjutkan. bagi saya pribadi sudah mulai mengurangi atau tidak lagi menulis tutorial di blog dengan alasan yang telah saya katakan di atas.

Baca juga : 6 Tips Mengatasi Malas Menulis Postingan Blog Untuk Blogger

Semoga eksistensi blogger di Indonesia tetap mampu bersaing dengan maraknya youtube dan website-website besar yang mulai banyak menulis semua kategori artikel dan selalu berada di halaman pertama google.

Point pentingnya, jangan pernah patah semangat dan terus aktif menulis di blog anda masing-masing sebab semakin banyak postingan maka dengan sendirinya blog akan semakin berkembang asalkan konsisten menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel