7 Tips dan Trik Mencapai Nilai Passing Grade Tes SKD CPNS

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi Tips dan Trik Mencapai Nilai Passing Grade Tes SKD CPNS sehingga berpeluang untuk lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan juga memiliki peluang untuk melanjutkan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan nantinya dapat lulus menjadi CPNS/PNS.

Ada seorang teman yang baru saja selesai mengikuti tes Seleksi Kompotensi Dasar (SKD) sebagai bagian dari proses seleksi CPNS. Pada tes SKD menggunakan sistem CAT atau computer assisted test dengan standar nilai minimum atau passing grade yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat pada musim penerimaan CPNS.

Dalam menghadapi tes SKD agar berhasil mencapai nilai ambang batas atau passing grade, bukan saja tentang kepintaran melainkan strategi dan teknik yang harus digunakan dalam mengerjakan semua soal yang disediakan oleh panitia. Jumlah soal SKD terdiri dari 3 kategori yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Masing-masing kategori memiliki nilai ambang batas yang berbeda-beda pada tahun ini diberikan pasing grade yaitu TWK sebesar 65, TIU sebesar 80 dan TKP sebesar 126 dengan jumlah total 271.


Masing-masing orang memiliki tips, trik dan strategi yang berbeda-beda dan kali ini saya akan membagikan tips dan trik yang saya lakukan ketika mengikuti seleksi CPNS pada tahapan Tes Kompetensi Dasar (SKD) dan saya berhasil melewati nilai ambang batas atau passing grade.

Tips dan trik menghadapi tes SKD CPNS agar lulus passing grade


Perlu diketahui bahwa trik ini berlaku ketika anda akan mulai menghadapi tes SKD mulai dari registrasi peserta tes sampai masuk ke dalam ruangan tes SKD. Namun sebelum sampai ketahapan ini, hal yang perlu dan harus dilakukan yaitu rajin belajar.



Minta restu orang tua

Doa restu orang sudah pasti akan diberikan kepada kita yang akan menghadapi tes CPNS, namun lebih afdol bagi saya yaitu dengan meminta langsung kepada mereka. Dengan begitu hati terasa lebih lega dan semakin bersemangat dalam menghadapi tes.

Datang lebih awal

Percaya atau tidak, datang lebih awal ke lokasi tes dapat membantu mengurangi ketegangan dan mengendalikan psikologi dari rasa gugup ketika akan menghadapi tes SKD. Dengan datang lebih awal, kita dapat mengenal lebih baik lokasi dan suasana tes dan mulai melakukan registrasi pada panitia seleksi CPNS.

Saya sendiri selain datang lebih awal, satu hari sebelumnya tes SKD, saya sudah pergi melihat-lihat lokasi tes dan menikmati suasana serta melihat orang-orang yang sudah tes lebih dulu.

Duduk tenang dan jangan sibuk ketika menunggu saat tes

Biasanya sebelum masuk keruangan tes, para peserta akan dikumpulkan pada satu ruangan registrasi dan diberikan sedikit pengarahan dari panitia. 

Jangan sibuk dan kurangi berbicara dengan orang lain, konsentrasi untuk tenangkan pikiran dan fokus saja untuk mengerjakan soal tes nanti.

Biasanya anda akan bertemu dengan orang-orang yang dikenal saat berkumpul dan biasanya akan sibuk berbicara banyak karena baru ketemu lagi. Bicara saja sewajarnya dan tetap konsentrasi dengan tes yang akan dijalani.

Cari posisi duduk ternyaman

Nah, tips ini ketika anda sudah masuk ke ruangan tes yang diperhadapkan dengan komputer untuk mengerjakan soal SKD. Cari posisi duduk senyaman mungkin tapi tetap sopan.


" Posisi duduk yang nyaman menentukan posisi aman anda di nilai hasil tes "

Bagi yang memakai kameja lengan panjang, anda dapat menggulung lengan menjadi pendek agar lebih rilex untuk menjawab.

Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan soal SKD

Tarik napas panjang dan berjuang

Sehabis berdoa, posisi duduk telah nyaman, lengan baju sudah dinaikan dan terakhir tarik nafas panjang untuk hilangkan semua ketegangan dan mulai percaya diri menjawab soal yang ada di depan anda.

Jangan kelamaan baca soal

Ingat ! jumlah soal sebanyak 100 nomor dengan lama waktu 90 menit sehingga 1 soal membutuhkan sekitar 56 detik untuk diselesaikan. 

Jangan kelamaan baca soal yang panjang, berusahalah membaca cepat dan pahami kemudian menjawab. Ingat 56 detik.

Jika menghadapi soal yang sulit untuk dijawab sebaiknya dilewatkan saja, selesaikan yang dianggap mudah terlebih dahulu sebab soal yang terlewat dapat dikerjakan belakangan ketika semua soal yang mampu dijawab telah selesai demi waktu yang efisien.

Mungkin itu saja Tips dan Trik Mencapai Nilai Passing Grade Tes SKD CPNS yang saya lakukan dan berhasil. Mungkin bagi pembaca sekalian memiliki tips yang lain, dapat berbagi di kolom komentar di bawah. Semoga sukses !

Belum ada Komentar untuk "7 Tips dan Trik Mencapai Nilai Passing Grade Tes SKD CPNS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel