5 Cara Atasi Malas Belajar Buat Tes CPNS

Seleksi CPNS tahun 2019 berlangsung hingga memasuki tahun 2020, sejak awal tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dari pengumuman penerimaan pendaftaran pada tahun 2019 dan pengumuman kelulusan administrasi hingga saat ini memasuki tahun 2020 masuk pada tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang jadwal pelaksanaannya di mulai pada tanggal 27 Januari hingga bulan Februari 2020. Dimulai dengan Pembukaan SKD CPNS 2019/2020 Oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara)

Saat semua peserta yang telah lulus pada seleksi berkas akan menghadapi tahapan selanjutnya yaitu seleksi SKD. Untuk lolos menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2020 ini para peserta seleksi harus mampu lulus tes SKD dan SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang. Setelah itu kemudian pada tahapan berikutnya mendapat Nomor Induk Pegawai (NIP) dan mulai bertugas pada instansi penempatan masing-masing.

Namun, untuk menjadi CPNS tidak semudah itu, dengan banyaknya peserta yang mendaftar saat ini membuat persaingan semakin tinggi agar mampu lolos menjadi CPNS tahun ini. Agar mampu lolos pada semua tahapan seleksi CPNS maka perlu untuk mempersiapkan diri baik mental, fisik dan sudah pasti pengetahuan untuk menjawab semua soal tes yang diberikan.

Baca juga : Tips, Cara dan Trik Berpeluang Besar Lulus Tes CPNS 2019

Cara Atasi Malas Belajar Buat Tes CPNS 


Selain mempersiapkan diri secara mental, kesehatan, finansial maka yang paling penting yaitu mengasah pengetahuan dengan cara belajar. Pada seleksi CPNS terdapat 3 kategori soal yang akan diuji yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kabar baiknya, semua kategori tes tersebut sudah terdapat kisi-kisi yang diberikan sebagai acuan para peserta seleksi untuk belajar.

Baca : Kisi-Kisi Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun 2019 Terbaru

Mendengar kata belajar memang mudah namun pada kenyataannya kita sering malas dan sulit mengatur waktu, apa lagi bagi orang yang banyak kesibukkan sebab biasanya para peserta yang ikut dalam seleksi CPNS sudah memiliki pekerjaan sebelumnya yang sedang dijalani sehingga kesibukkan tersebut membuat sulit mencari waktu untuk belajar.

Ada beberapa tips mengatasi malas belajar untuk tes CPNS yaitu :


1. Beli buku CPNS

Banyak sekali buku-buku yang terdapat di toko-toko buku tentang CPNS. Dalam buku tersebut banyak membahas tentang contoh-contoh soal CPNS dan pembahasannya. Dengan membeli buku dengan sendirinya menjadi motivasi awal bagi kita untuk semangat belajar.

2. Atur waktu belajar

Kesibukkan lain membuat kita kadang menjadi malas belajar karena sudah kecapean lebih dulu dan mulai malas untuk membaca buku yang telah dibeli.

Solusinya yaitu dengan menentukan waktu yang tepat untuk belajar. Misalnya pekerjaan anda saat ini dilakukan dari pagi sampai sore hari, maka waktu yang tepat untuk belajar yaitu pada tengah malam atau diwaktu subuh.


Ketika pulang kerja sudah pasti anda akan capek, maka silahkan istirahat untuk menyegarkan badan dan pikiran dan mulai bagun tengah malam untuk belajar, semua orang tahu belajar di jam seperti itu sangat memberikan manfaat yang baik.

Atau anda bisa memilih alternatif lain yaitu, belajar setelah selesai shalat Subuh sampai pagi memasuki waktu anda berangkat kerja. Namun menurut saya lebih efektif waktu belajar yaitu bagun tengah malam.

3. konsisten dengan waktu 

Jika anda sudah menentukan waktu yang tepat untuk mulai belajar, maka harus konsisten dengan waktu tersebut. Lakukan secara rutin selama menunggu waktu tes yang ditentukan oleh Panitia Seleksi CPNS. Dengan melakukan setiap hari maka anda akan mulai terbiasa dan mampu mengatasi rasa malas anda.

4. Fokus pada tujuan

Apa tujuan utama anda mengikuti seleksi CPNS ?

Fokus pada tujuan yang ingin anda capai, misalnya memperbaiki ekonomi rumah tangga, biaya untuk menikah atau membahagiakan orang tua. Fokus, fokus, fokus demi tercapainya apa yang anda rencanakan di masa yang akan datang.

5. Jangan lupa berdoa

Semua usaha sudah dilakukan secara maksimal, selanjutnya serahkan semua kehendak pada sang Pencipta dengan bentuk permohonan dalam doa-doa. Usaha dan doa merupakan paket yang tak bisa dipisahkan.

Semoga tahun ini anda lulus menjadi CPNS dan mencapai semua harapan yang diinginkan untuk menjalani kehidupan.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Atasi Malas Belajar Buat Tes CPNS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel