Etika Bertanya Sesama Blogger yang Baik di Messenger Facebook

Secara pribadi saya mungkin belum pantas untuk membahas tentang etika karena saya sendiri masih banyak kekurangan, apa lagi etika sesama blogger. Sama seperti tulisan opini saya sebelumnya tentang Tingkah Blogger Pemula di Grup Facebook yang Bikin Ngakak

Semua alasan saya sering menulis opini karena menyangkut hal-hal yang kurang tepat menurut saya dan selalu dilakukan berulang kali. Salah satunya kebiasaan sesama blogger yang mengirim pesan berupa pertanyaan-pertanyaan tentang blog dan adsense melalui messenger facebook.

Cukup menjengkelkan karena sudah sering terjadi seperti ini. Sopan dan santunlah ketika bertanya, apa lagi anda membutuhkan penjelasan yang merupakan ilmu sekaligus pengalaman dari orang-orang yang anda tanyakan. Ketika yang ditanya merasa terganggu maka anda tidak akan mendapatkan jawaban yang dinginkan.

Sebaiknya-baiknya orang yang bertanya diawali dengan kata salam, kemudian permisi lalu bertanya sehingga orang yang ditanya juga akan senang untuk menjawab karena etika yang dijaga dan dilakukan dengan baik sesama blogger.

Tindakan menjengkelkan seorang blogger ketika bertanya melalui messenger


1. Mengirim pesan tanpa minta pertemanan

Lakukanlah proses etika dengan baik, sebelum mengirim pesan sebaiknya minta pertemanan terlebih dahulu dengan orang yang akan ditanyai sehingga ketika anda mengirim pesan, dia sudah mengetahui anda adalah teman di facebook.

Saya sering jengkel karena sudah sering muncul pemberitahuan permintaan pesan di messenger dan hal itu sudah terjadi berulang kali.


Apa susahnya meminta pertemanan lebih dulu sebelumnya bertanya, mau ilmu dan pengetahuan ngeblog kok etika bertanyanya tidak dijaga 😄

2. Akun facebook palsu

Terkait akun palsu juga sudah saya tulis opini dalam postingan Banyak Blogger Indonesia yang Tidak Percaya Diri karena memakai akun facebook palsu dengan menyembunyikan identitas asli mereka.

Tidak meminta pertemanan ditambah lagi menggunakan akun facebook palsu, anda sehat ? 😂 Mau sukses di dunia blogger kok otaknya kebalik dalam berpikir. 

Etika yang baik seorang blogger saat bertanya di messenger


1. Minta pertemanan di facebook lebih dulu

2. Gunakan kata yang sopan dengan diawali salam

3. Jangan gunakan akun palsu agar orang yang ditanya lebih senang untuk menjawab

4. Jangan kebanyakan bertanya karena yang ditanya akan bosan

5. Jangan tanya  pengetahuan dasar blogger karena itu ratusan jawaban tersedia di google, tinggal baca

6. Bertanyalah ketika sudah mencoba dan sering gagal

7. Jangan bertanya hal yang bersifat pribadi seperti penghasilan dan jumlah pengunjung

8. Jangan bertanya nama blog jika dia tipe blogger yang merahasiakan blognya

Masih kurang ? atau mau ditambahkan ? silahkan berkomentar di bawah 

2 Komentar untuk "Etika Bertanya Sesama Blogger yang Baik di Messenger Facebook"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel