Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak Pas di Lidah Versi Ato Menulis

Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak Versi Ato Menulis - Jika dulu kopi lebih banyak dinikmati oleh para orang tua, berbeda dengan zaman sekarang yang banyak dinikmati oleh para anak muda. Kopi menjadi populer dan seakan menjadi salah satu style atau gaya hidup masyarakat moderen saat ini. Banyak puisi, lagu, syair yang tulis bertema tentang kopi. Cara orang-orang menuangkan imajinasi mereka dalam kata-kata filosofi kopi.

Semakin banyak penikmat kopi bukan hanya karena perubahan zaman melainkan karena semakin banyak cita rasa kopi yang dapat dibuat oleh para barista (peracik kopi). Menurut saya, mungkin dulu belum banyak pengetahuan tentang cara meracik kopi sehingga membuat kopi belum populer. Namun, dapat dilihat sekarang makin bertambah peracik kopi dan semakin banyak orang-orang yang mulai terjun ke dunia barista sehingga ragam cita rasa kopi banyak dinikmati oleh orang-orang.

Mulai dari pelosok sampai perkotaan semakin banyak pengusaha-pengusaha yang melirik bisnis atau usaha kedai kopi dengan melihat peluang yang ada saat ini. Dapat anda lihat sendiri di daerah tempat tinggal atau kota anda, saat ini kedai kopi banyak didominasi oleh anak-anak muda dan semakin bertambah kedai-kedai yang dibuka.

Saya juga penikmat kopi sejak dulu, kebiasaan berdiskusi hingga tengah malam bersama kelompok belajar membuat kami dengan sendirinya menjadi sering ngopi bareng sambil bertukar pikiran dan kopi juga mampu menghilangkan ngantuk. Padahal sejak masih di bangku sekolah, saya tidak suka meminum kopi dan mulai menyukai kopi saat menjadi mahasiswa.

Baca juga : Jual Bubuk Kopi Sula Asli Kepulauan Sula Dengan Harga Murah dan Terjangkau

Sejak mulai menjadi penikmat kopi, saya juga suka mengetahui berbagai rasa kopi yang tersedia pada menu-menu kedai kopi dan sekaligus memesan untuk mencicipinya sebab rasanya kurang pas jika seorang yang suka ngopi tapi kurang pengetahuannya tentang kopi ­čśâ

Kopi Hitam yang Enak Versi Ato Menulis


Saya bukan peracik kopi atau barista dan belum pernah mengikuti kursus atau pelatihan tentang membuat kopi yang enak dan nikmat. Namun, sebagai penikmat kopi saya punya cara membuat kopi hitam tersendiri agar enak dan nikmat hanya berdasarkan pengalaman sejak menyukai kopi sebab salah satu kopi andalan saya yaitu kopi hitam.


Kopi hitam yang enak yaitu perbandingan 2 : 1 (dua banding satu ) artinya 2 sendok kopi dan 1 sendok gula, takarannya tetap dengan standar tersebut. Jika 4 sendok kopi maka 2 sendok gula dan seterusnya, disesuaikan dengan besarnya wadah atau cangkir/gelas yang dipakai. Sendok yang digunakan yaitu sendok teh.

Bagi saya dengan perbandingan racikan 2:1 maka rasa kopi akan sangat terasa dari manisnya gula sehingga rasa pahit kopinya dapat dan manisnya juga dapat dan bagi saya rasa itu pas di lidah.

Baca juga : Menulis di Blog Sambil Ngopi, Menambah Banyak Inspirasi

Cara Membuat Kopi Hitam 


Cara membuat kopi hitam masih versi Ato Menulis yaitu :

1. Masak air hingga mendidih


Kopi hitam yang nikmat menurut saya yaitu kopi yang airnya dimasak hingga mendidih bukan air yang berasal dari alat pemanas karena tingkat derajat panasnya berbeda. Air yang dimasak langsung akan lebih panas dan maksimal untuk membuat serbuk atau biji kopi masak sehingga rasa kopi benar-benar terasa.

2. Masukkan bubuk kopi


Jika air telah mendidih, silahkan masukkan bubuk kopi dan biarkan kurang lebih 5 menit agar bubuk kopi benar-benar masak dengan air yang baru mendidih.

Untuk bubuk kopi bersifat umum, jadi meskipun saya membeli kopi hitam di toko tapi saya akan masak lagi ketika di rumah dan saya juga membeli bubuk kopi yang langsung diolah atau diproduksi oleh masyarakat lokal.

3. Tuangkan kopi kedalam gelas/cangkir


Kopi hitam akan semakin terasa kenikmatannya jika diminum menggunakan gelas kaca atau cangkir, jangan menggunakan bahan plastik karena dapat mengurangi cita rasa kopi hitam. Plastik ketika terkena panasnya kopi akan sedikit mengeluarkan bau khas plastik dan itu dapat mengganggu sedikit enaknya kopi yang kita sajikan.

4. Siapkan gula sesuai takaran


Ketika kopi dimasukkan kedalam air mendidih tadi, jangan lupa untuk mengukur berapa sendok kopi yang dimasukkan sehingga disiapkan berapa sendok gula yang akan digunakan sesuai takaran 2 : 1.

Kopi hitam enak dan nikmat siap dinikmati bersama teman, keluarga, kerabat atau hanya sendiri. Itulah cara membuat kopi hitan yang enak versi Ato Menulis. Anda dapat mencobanya di rumah untuk membuktikan sendiri apakah cocok dengan lidah anda atau tidak untuk rasa kopi hitam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak Pas di Lidah Versi Ato Menulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel