5 Tips Awal Membangun Blog di Blogspot yang Baik dan Benar Hingga Jangka Panjang

Tips Awal Membangun Blog di Blogspot yang Baik dan Benar - Pada tulisan ini saya akan membagikan tips-tips membangun blog baru dari awal pertama anda membuat blog, tips blog ini bukan hanya kepada blogger pemula tapi siapa saja yang membutuhkan. Tips membangun blog yang saya tulis ini merupakan pengalaman saya menjadi blogger selama kurang lebih 5 tahun lamanya sampai mulai menghasilkan uang dari blog.

Namun, blog yang saya maksud bukan blog Ato Menulis ini melainkan blog saya sebelumnya yang telah saya jual karena alasan tertentu sedang blog ini masih berumur sekitar satu bulan sejak saya membuat postingan ini dan blog ini juga baru sekitar satu minggu diterima oleh google adsense jadi belum saya belum merasakan gajian adsense.

Menurut saya awal membuat blog merupakan dasar yang paling penting sebab langkah awal ini akan menentukan perkembangan blog di masa yang akan datang. Ibarat rumah, fondasi merupakan bagian penting yang harus dibangun dengan baik karena di situlah bangunan rumah akan berdiri.

Tips Awal Membangun Blog di Blogspot yang Baik dan Benar Hingga Jangka Panjang

Sama halnya dengan perencanaan blog dan pengaturan awal yang baik akan mampu membuat blog mampu berkembang dengan baik pula, ketika blog kita sudah besar dengan pengunjung yang sangat banyak maka secara otomatis blog tersebut mulai dapat kita jadikan sebagai sumber penghasilan.

Awal Membuat Blog


Saya pertama membuat blog yang telah saya jual pada tahun 2015, hal yang membuat saya tertarik saat itu adalah karena google adsense. Suatu hari saya membaca postingan di internet yang membahas tentang penghasilan seorang blogger yang mencapai 100 jutaan lebih. Bahkan ada seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan puluhan juta dari google adsense lewat blog yang dia kelola.

Hanya bermodal otodidak atau belajar sendiri, saya memacu semangat untuk mulai membuat blog. Beberapa blog saya ditolak oleh google adsense karena tidak memenuhi syarat kebijakan mereka. Wajar saja dengan modal belajar sendiri pasti mengalami hal-hal seperti itu. Ditolak google adsense tidak membuat saya putus asa tapi lebih semangat lagi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan blog sampai akhirnya di tahun 2016 saya diterima oleh google adsense dan mulai mendapatkan penghasilan.

Baca : Berapa Lama Blog Dapat Menghasilkan Uang dari Google Adsense Sejak Pertama Dibuat ?

Dari pengalaman ngeblog itulah menjadi pengalaman, pelajaran dan ilmu yang berharga sampai saya kembali membuat blog yang anda kunjungi ini. Meskipun belum blog ini belum menghasilkan karena masih berumur satu bulan namun sudah diterima adsense. berbeda dengan pengalaman saya sebelumnya yang diterima adsense dalam hitungan tahun.

Membuat Blog di Blogspot


Pada umumnya ada dua platform yang banyak digunakan untuk membuat blog yaitu blogspot dan wordpress karena saya memakai platform blogspot jadi saya hanya akan membahas tentang blogspot. Jika anda belum memiliki blog di blogspot, dapat membuatnya dengan mudah.

Baca : Cara Membuat Blog Baru Secara Gratis dan Cepat di Blogspot

Tips Membangun Blog yang Baik dan Benar


1. Menggunakan domain TLD


Saat selesai membuat blog di blogspot, belilah domain TLD (Top Level Domain) sebelum anda mulai membuat postingan blog agar awal google mengindeks blog serta artikel anda sudah secara langsung terbaca domain blog anda sehingga blog akan semakin baik dirayapi google untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Bagaimana jika masih memakai domain gratis blogspot ? karena ketika anda menggunakan domain gratis dan postingan blog anda sudah banyak, akan mengalami penurunan pengunjung ketika anda mengganti TLD dikemudian hari sebab google akan merayapi ulang blog anda dengan domain yang baru.

Memang ada blogger yang sukses dengan domain gratis saya sering melihat blog seperti itu, namun selama bertahun-tahun saya lihat pemiliknya tidak mengganti TDL. Ada juga blog yang sudah besar hanya dengan memakai domain blogspot, namun ketika dia mengganti TLD peringkat blognya menurun saat diukur dengan menggunakan alexa rank dan itu menjadi indikator bahwa pengunjungnnya berkurang.

2. Beli Template Premium


Ada banyak template atau tampilan blog yang dapat anda download tapi semua orang pasti mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang gratis dan premium. Pastilah yang gratis akan banyak kekurangan. Menggunakan template premium sejak awal membuat blog maka membantu perkembangan blog agar cepat dan bertahan dalam jangka waktu lama.

3. Menentukan Tema Blog


Untuk tema blog terserah anda mau fokus pada satu tema atau macam-macam tema sebab semua blogger sukses kebanyakan juga menjadi blog mereka banyak tema yang dibahas. Termasuk saya sendiri membahas banyak tema di semua blog saya yang pernah saya buat.

4. Konsisten membuat postingan di awal


Harus rajin membuat postingan minimal satu tulisan per hari ketika awal membuat blog, semakin banyak postingan setiap hari makin baik. Hal ini agar mempercepat google untuk mengenal blog anda karena aktif mengupdate artikel setiap hari.

Baca juga : Melatih Konsentrasi Menulis di Keramaian

Semua langkah ini dilakukan oleh para blogger yang telah sukses, ketika blog sudah berkembang dan pengunjung sudah stabil maka interval postingan dapat anda kurang misalnya seminggu tiga postingan asal jangan sampai hitungan bulan sebab itu juga akan perpengaruh pada pengunjung blog yang dapat menurun.

5. Jangan Pernah KOPAS Postingan Blog


Jangan pernah copy paste postingan dari blog lain sebab tindakan ini sama saja anda memasukkan virus di blog yang semakin lama akan menjadi penyakit buat blog dan itu membuat blog sulit atau tidak dapat berkembang untuk di masa yang akan datang.

Bukan hanya tulisan blog lain, gambar juga jangan sembarang mengambil dari blog orang sebab hal itu dapat menjadi hak cipta milik pemiliknya dan tindakan itu juga tidak disukai google. Banyak gambar-gambar gratis bebas hak cipta yang berhamburan di internet.

Baca : 2 Cara Mendapatkan Gambar Bebas Hak Cipta Secara Gratis di Internet Untuk Blogger

Itulah 5 tips yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi selama kurang lebih 5 tahun bergelut di dunia blogger. Lakukan tips-tips di atas dengan konsiten dan selamanya maka Insya Allah blog kita akan makin berkembang hingga mampu mendapatkan banyak penghasilan di blog yang kita kelola.

Apabila ada yang kurang dari tips blog saya ini silahkan di komentari, termasuk juga bagi anda pengunjung yang masih belum paham, silahkan bertanya dan akan saya jawab sesuai dengan kemampuan dan pengalaman saya selama menjadi blogger.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Awal Membangun Blog di Blogspot yang Baik dan Benar Hingga Jangka Panjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel