Melatih Konsentrasi Menulis di Keramaian

Melatih Konsentrasi Menulis di Keramaian - Melatih konsentrasi menulis sangat perlu dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya orang yang suka menulis tapi hal ini berlaku bagi semua orang yang akan menulis sesuatu, baik menulis di blog atau seorang yang berencana membuat buku.

Mungkin bagi orang awam yang tidak terbiasa menulis, mereka akan berpikir menulis itu mudah karena sekilas terlihat hanya mengetik di laptop atau tulis di kertas. Namun, bagi orang-orang yang terbiasa atau suka menulis, untuk mendapatkan satu artikel butuh banyak referensi bacaan hal ini mengingat selain tata bahasa tulisan yang baik, muatan dalam isi tulisan tersebut juga harus baik sehingga benar-benar pesan atau makna tulisan yang kita tulis mampu sampai pada orang yang membaca.

Baca : Cara Menjadi Penulis Buku Bagi Orang yang Suka Menulis

Menulis artinya menyampaikan apa yang kita pikirkan kepada orang lain melalui rangkaian kata. Jadi apa yang kita tulis mencerminkan apa yang kita pikirkan sekaligus sampai sejauh mana pemahaman kita tentang tema tulisan itu sendiri sehingga ada sebuah peribahasa tulisan anda mencerminkan kemampuan berpikir anda. Salah satu faktor mendasar untuk menghasilkan tulisan yang baik adalah konsentrasi saat sedang menulis sebab pikiran yang tidak fokus akan membuat kita gagal dalam menghasilkan tulisan yang berbobot.

Pernah seorang teman bertanya kepada saya tentang bagaimana caranya menghasilkan tulisan yang bagus ? saya menjawab : anda dapat menulis apa saja sesuai dengan pemahaman anda, namun salah satu faktor yang sangat berpengaruh yaitu kemampuan anda untuk konsentrasi ketika menulis. Dengan konstrasi yang baik maka akan membuat kita mampu menggali semua pengetahuan kita dalam tulisan tersebut.

Mulai Melatih Menulis di Keramaian


Saya akan berbagi salah satu tips untuk melatih konsentrasi menulis kita yaitu dengan cara menulis di tempat keramaian. Menurut saya Ketika kita mampu konsentrasi untuk mampu menulis di keramaian maka kita akan lebih bagus lagi saat menulis di tempat yang tenang.


Tidak sedikit orang yang mengatakan konsentrasi yang baik dan fokus ketika menulis di tempat yang tenang. Hal itu sangat benar, namun bagi saya, kita harus mencoba tantangan baru untuk menulis yaitu di tempat yang tidak tenang.

Saya sering melatih konsentrasi menulis di kedai kopi. Tidak semua kedai kopi itu tenang, ada juga yang ramai seperti suara berisik pengunjung yang banyak dan tambah lagi suara musik yang ramai. Bagi anda yang suka menulis, baik seorang blogger atau anda berniat membuat buku dengan mulai membuat naskah, dapat mencoba hal ini. Terkadang kita akan jenuh selalu menulis di rumah.

Baca : Tips Mengatasi Jenuh Untuk Menulis di Blog Bagi Seorang Blogger

Jika anda tertarik untuk mencoba tips menulis ini maka mulailah tentukan tempat yang ramai untuk dituju atau dapat juga jadikan tempat yang biasanya anda jadikan tempat nongkrong. Atur waktu untuk pergi ketempat tersebut hal ini dilakukan agar bertepatan dengan saat ramai.

Saya biasanya menulis di kedai kopi ketika malam hari, kala itu saya masih bekerja di salah satu lembaga pemerintah. Jadi, saat pulang kantor, saya meluangkan waktu duduk di kedai kopi yang ramai pengunjung dan mulai menulis. Hal ini sering saya lakukan dan Alhamdulillah ketika saya menulis di tempat yang sunyi maka konsentrasi saya lebih baik lagi.

Sebenarnya banyak cara untuk melatih konsentrasi kita terutama saat sedang menulis. Namun, ini merupakan cara melatih konstrasi menulis yang sering saya lakukan dan tidak ada salahnya jika anda mencobanya juga. Ada dua kemungkinan yaitu anda akan berhasil menulis di tempat ramai dan ribut atau tidak. Selamat mencoba tips menulis ini !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel