5 Kesalahan Fatal Blogger Pemula yang Sering Dilakukan Saat Membangun Blog

Kesalahan Fatal Blogger Pemula yang Sering Dilakukan - Pada tulisan ini saya akan memaparkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula termasuk saya. Saya banyak belajar dari pengalaman kesalahan yang sering saya lakukan ketika mulai membuat dan membangun blog tanpa guru atau mentor dan hanya belajar sendiri dari google sampai sekarang.

Tips blogger yang saya tulis dalam postingan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan hasil pengamatan yang saya lihat dari teman-teman blogger lainnya baik secara langsung maupun melalui postingan mereka di blog dan di grup-grup media sosial khusus membahasa tentang blog dan google adsense.

Pada dasarnya sangat mudah kita membuat sebuah blog, saking mudahnya hanya memerlukan waktu beberapa menit dan blog siap digunakan. Namun, dalam membangun blog agar berkembang dengan baik sangat sulit. Bahkan banyak para blogger yang putus asa dan berhenti karena kesulitan-kesulitan yang tidak mampu mereka hadapi. Dulu saya bersama seorang teman blogger bersama-sama belajar dan mulai kembangkan blog masing-masing dengan harapan terbesar dapat mengasilkan uang dari blog.

Kami sangat bersemangat ketika awal memulai dan hampir setiap malam kami tidur larut malam sampai subuh hanya untuk beraktivitas di internet, inilah salah satu dampak belajar sendiri tanpa mentor yang ahli di dunia blogger.

Baca juga : Tips Membangun Blog Dari Awal Agar Cepat Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Setelah proses belajar berjalan beberapa bulan, teman saya mulai jenuh dan aktivitas ngeblog mulai dia kurangi. Seiring waktu berjalan dia makin malas dan tidak lagi sibuk mengurus perkembangan blognya sampai sekarang. Sedangkan saya masih bertahan dari beberapa tahun lalu hingga sekarang, meskipun jatuh bangun di dunia blogger, saya tetap konsisten untuk terus berusaha.

Hampir semua blogger sukses juga mengalami hal yang sama jika anda membaca pengalaman yang mereka tulis di blog atau website milik mereka. Untuk menjadi sukses di dunia blogger tidak semudah yang anda pikirkan. Butuh perjuangan kerasa tanpa henti dengan banyak tenaga dan waktu yang harus dipenuhi.

Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Dilakukan


Dari pengalaman asam manis di dunia blogger saat ngeblog inilah sehingga saya menulis tulisan tentang kesalahan blogger pemula yang sering dilakukan ini agar menjadi saran dan masukkan penting bagi para blogger pemula yang lainnya.

Mindset awal menjadi blogger hanya menghasilkan uang


Kebanyakan dari blogger pemula yang belum tahu banyak tentang blog dan teknik-teknik ngeblog hanya memikirkan keuntungan atau uang yang akan dihasilkan dari blog tanpa mendalami bagaimana cara yang tepat agar tujuan itu tercapai saat mengelola blog.

Ketika seseorang membaca artikel tentang blogger yang sukses dengan meraup keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah, dia mulai tergiur dan langsung ikutan membuat blog dengan hanya mengejar uang tanpa jika disimak dengan baik bagaimana proses blogger itu suskses.

Saya dan teman juga berpikiran hanya tentang meghasilkan uang saat pertama membuat blog dan dampak dari mindset yang keliru itu akhirnya teman saya berhenti menjadi blogger. Namun, berbeda dengan saya, prinsip dasar untuk selalu konsisten di dunia blogger membuat saya bertahan hingga saat ini dengan membuat blog baru yang anda kunjungi ini. Blog lama saya sudah dijual sebab menurut saya masih banyak kekurangan dan kesalahan yang dilkukan ketika awal membangun blog tersebut.

Mulai saat ini rubah pola pikir anda tentang membuat blog hanya untuk menghasilkan uang sebab hal itu butuh waktu berbulan-bulan sampai tahun. Ketika dalam waktu cukup lama dan blog belum meraup keuntungan maka dengan sendirinya anda akan malas dan meninggalkan dunia blogger. Ketika hal itu anda lakukan maka hilanglah tujuan anda untuk berpenghasilan dari blog.

Baca : Lihat 3 Ciri-Ciri Blog yang Pasti Diterima Google Adsense dan Perlu Ditiru

Mindset yang benar ketika pertama membuat blog yaitu membuat tulisan atau postingan yang bermanfaat untuk pengunjung. Dengan begitu kita akan lebih enjoy menjadi seorang blogger, sebab kita menikmatinya. Seiring waktu berjalan, ketika blog anda sudah ramai dikunjungi maka dengan sendirinya peluang untuk mendapatkan uang dari blog akan hadir dengan sendirinya melalui tawaran atau saran-saran dari blogger lain.

Sejak awal membuat blog, saya mulai mendapatkan pembayaran pertama dari google adsense melalui blog saya sekitar setahun lebih. Jangan pernah anda berpikir untuk menghasilkan uang dari blog dalam waktu singkat.

Malas belajar tutorial blog


Mengapa pertanyaan-pertanyaan blogger pemula di grup-grup medi sosial jarang dijawab oleh para blogger senior atau suhu ? Karena para blogger pemula membalas membaca tutorial atau cara-cara blog yang sudah bertebaran di internet baik di google maupun di youtube.

Saya banyak bergabung di grup-grup blogger media sosial seperti facebook, banyak sekali postingan pertanyaan-pertanyaan dari blogger pemula yang tidak dikomentari, termasuk saya sendiri kadang malas menjawab pertanyaan yang sangat mendasar. Padahal masalah blog yang banyak mereka tanyakan dapat ditemukan di google dan youtube.

Mulai dari awal ngeblog saya hanya belajar dari internet baik google maupun youtube. Sudah sangat banyak para blogger terdahulu yang membagikan tutorial, tips dan teknik-teknik membuat blog menjadi baik dan berkembang. Jika malas baca, sekarang anda cukup menonton di channel youtube yang membahas cara blog, mudahkan !

Malas belajar tutorial blog merupakan masalah yang harus dihindari. Perbanyaklah membaca dan bertanya ketika anda benar-benar tidak menemukan penjelsannya di internet. Ketika anda tidak bertanya tentang hal terkait dasar-dasar blog di grup maka saya percaya para suhu blogger pasti akan menanggapinya. Akan terlihat lucu ketika seorang blogger yang sehari-hari terhubung dengan internet malas membaca penjelasan blog yang sudah ada didepan mata.

Cepat menyerah dengan tantangan


Sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang blogger pemula jika ingin menghasilkan uang dari blog yaitu harus siap menghadapi tantangan apapun. Tantangan terbesar seorang blogger yang malas menulis karena kehabisan ide, padahal semua itu ada tips-tips yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasinya.

Baca : Tips Menulis Artikel di Blog Setiap Hari Dengan Bantuan Smartphone

Kembali saya katakan semua blogger sukses mengalami masalah kehabisan ide menulis, jika mereka dapat mengatasinya kenapa anda tidak !


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini seperti menulis di luar rumah, menulis di alam terbuka, berkunjung ke blog orang lain untuk mendapatkan ide menulis dan masih banyak lagi yang dapat anda lakukan sesuai karakter anda masing-masing.

Malu bertanya ke sesama blogger


Prinsip saya sebagai seorang blogger, saya akan bertanya ke sesiapa saja selama dia mengetahui solusi yang saya alami saat ngeblog. Memang sifat ini sedikit ditemukan oleh para blogger bahkan banyak blogger yang suka bertanya. Ada sebuah pepatah yang mengatakan malu bertanya sesat di jalan tapi banyak bertanya tak tahu malu.

Namun, masih ada sebagian kecil blogger pemula yang seperti ini, mereka seakan malu bertanya kepada teman sesama blogger pemula, takut dianggap pengetahuannya sangat sedikit tentang blog. Apalagi jika ada yang mengatakan dia sudah suhu padahal belum.

Bertanyalah, jangan takut dianggap tidak paham tapi ingat kesalahan ini berhubungan dengan kesalahan malas belajar. Bertanyalah ketika sudah buntu untuk memperoleh solusi, jika masih dapat ditemukan di internet maka carilah sendiri solusinya.

Copy paste postingan blog lain


Kesalahan fatal yang dilakukan oleh blogger pemula yaitu copy paste postingan dari blog lain untuk membuat tulisan di blognya. Kesalahan ini selalu saya tulis pada tips-tips blog yang lain sebab bagi saya ketika hal ini anda lakukan maka jangan pernah harap blog dapat berkembang dan bertahan dalam jangka waktu lama. Ketika hal itu terjadi maka harapan untuk menghasilkan uang dari blog akan hilang.

Tulislah sendiri postingan blog denganversi anda, hindari copy paste artikel blog lain meskipun hanya satu kalimat. Ingat ! google lebih pintar dari anda, pihak google pasti dapat mendeteksi hasil COPAS yang dilakukan. Anda dapat membaca postingan orang lain dan menulis ulang versi anda tanpa harus copy paste.

Itulah kesalahan-kesalahan seorang blogger pemula yang wajib dan harus dihindari jika anda menginginkan blog anda berkembang dengan baik hingga meraup keuntungan yang banyak dari blog tersebut dalam jangka waktu panjang bahkan selamanya. Salam Blogger Pemula !

2 Komentar untuk "5 Kesalahan Fatal Blogger Pemula yang Sering Dilakukan Saat Membangun Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel