5 Tahapan Cermat Memahami Dunia Kampus

Penerimaan Mahasiswa-mahasiswi tahun ajaran baru sementara lagi marak-maraknya di buka, dan telah banyak lulusan-lulusan terbaik di semua sekolah ternama di tanah air yang telah mendaftar dan dinyatakan lulus menjadi seorang mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Pastinya, Dunia Kampus akan menjadi lingkungan baru bagi para Mahasiswa-mahasiswi yang telah di nyatakan lulus. Nah berikut adalah beberapa tahapan yang setidaknya dilakukan oleh seorang mahasiswa baru agar dapat dengan cepat memahami dunia kampus itu sendiri.

1. Biasakan Mengidentifikasi


Mengidentifikasi adalah kegiatan mencari, menemukan atau meneliti sesuatu untuk mendapatkan informasi. Dalam hal ini mengidentifikasi segala sesuatu yang kalian temukan di wilayah kampus, termasuk dengan materi kuliah yang kalian terima. Sebab dengan adanya proses mengidentifikasi, kalian bisa memperoleh banyak informasi sehingga dapat mempermudah kalian memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia kampus secara keseluruhan.

2. Membuat Catatan Kecil


Sebagian besar manusia memiliki kecenderungan untuk cepat lupa, agar kalian tidak mudah lupa, maka cobalah membuat catatan-catatan kecil terhadap suatu yang ditemukan atau materi perkuliahan yang diterima, sehingga pada saat-saat tertentu kalian bisa membuka kembali untuk membaca materi yang telah di berikan oleh Dosen kalian.

Atau disaat ketika kalian menerima materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen. Namun masih ada materi yang belum kalian pahami, maka dengan adanya catatan kecil itu, kalian bisa mereview kembali sehingga di pertemuan selanjutnya kalian dapat tanyakan langsung ke dosen yang bersangkutan.

3. Perbanyak Membaca


Pada dasarnya jika kalian telah melalui tahapan diatas, maka kalian telah mempraktekkan setengah dari tahapan ini. Sebab kedua tahapan diatas pastinya melewati proses membaca.

Memang harus diakui jika terkait aktivitas membaca, yang terpatri dalam kepala sebagian besar orang adalah pergi ke perpustakaan dan membaca buku-buku yang tebal. dimana hal itu bagi sebagian orang terasa membosankan.

Nah sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi karena aktivitas membaca telah mengalami kemajuan secara prakteknya, dimana telah adanya teknologi yang telah membuka keran informasi dengan bentuk yang beragam dan menarik, jadi sekarang membaca tidak hanya melulu lewat buku, karena sekarang kalian dapat membaca dimana saja dan kapan saja lewat gadget yang kalian miliki.

4. Perbanyak Diskusi


Memang secara umum tahapan ini adalah tahapan yang sering kali dianggap sepele oleh sebagian mahasiswa, karena mahasiswa di masa sekarang cenderung untuk individualis.

Sebagai informasi awal. Diskusi adalah kegiatan perundingan, analisis atau pertukaran pemikiran untuk memperoleh pemahaman atau upaya untuk mendapatkan solusi terkait persoalan yang dihadapi, termasuk juga persoalan perkuliahan.

Lihat Juga :

Macam-Macam Organisasi Eksternal Mahasiswa di Luar Kampus

7 Cara Belajar Buat Mahasiswa yang Baru Masuk Kuliah Agar Lulus Tepat Waktu

Kegiatan diskusi secara tampilan selalu dilakukan oleh beberapa orang "kelompok" dengan mekanisme bertukar pikiran atau bertukar informasi di dalam ruang perkuliahan yang di pandu langsung oleh Dosen. Namun ada baiknya kalian perbanyak kelompok diskusi, misalnya sesama mahasiswa ataupun mahasiswa dengan Dosen. Sebab dengan banyaknya diskusi dapat mempertajam daya analisis, sehingga bisa mendukung kalian untuk cepat memahami materi kuliah yang disampaikan oleh Dosen.

5. Perbanyak Bersosialisasi


Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu terikat dengan namanya sosial, karena pada dasarnya manusia yang dapat bertahan adalah manusia yang bisa bersosial dengan baik. Maka sebagai seorang mahasiswa kalian sangat memerlukan yang namanya berteman, berkawan atau memperluas lingkaran pergaulan, dalam konteks pergaulan yang baik. Sebab dengan memperluas ruang lingkup pergaulan, maka dengan sendirinya kalian telah memperluas jaringan informasi pribadi yang nantinya sewaktu-waktu pasti dibutuhkan oleh setiap mahasiswa.

Memahami Dunia Kampus

Itulah tahapan-tahapan yang harus diperhatikan oleh kalian jika ingin cepat memahami dunia kampus, terkhusus materi kuliah yang anda terima. Sebelum mengucapkan salam terakhir. Seyogyanya agar dapat terealisasi semua tahapan-tahapan diatas, maka harus ditunjang dengan tugas pokok seorang mahasiswa yakni, membuat tugas, kehadiran dan ettitude yang baik selama menjadi mahasiswa. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel