Cara Menghadapi Ujian Seminar Hasil Penelitian Bagi Mahasiswa Agar Lulus

Ujian seminar hasil penelitian merupakan salah satu prosesi bagi mahasiswa semester akhir di perguruan tinggi untuk melanjutkan tahapan berikutnya yaitu skripsi demi lulus dan meraih gelar sarjana. Ujian hasil penelitian berawal dari ujian proposal judul penelitian yang diajukan untuk diterima oleh kampus atau penguji, ketika judul penelitian mahasiswa diterima maka boleh melakukan penelitian tersebut kemudian kampus akan menguji hasil penelitian yang diperoleh.

Dalam melakukan penelitian sebagai langkah untuk mendapatkan gelar sarjana, mahasiswa diberikan hak mendapatkan dosen pembimbing yang mengarahkan untuk mampu melakukan penelitian secara baik dan benar. Dosen pembimbing berfungsi untuk mengawal serta memberikan penjelasan terkait mekanisme pelaksanaan penelitian di lapangan sesuai dengan metodologi yang diajukan ketika melakukan ujian proposal penelitian.

Baca juga : Tips Menghadapi Ujian Proposal Penelitian Untuk Mahasiswa Agar Lulus Dengan Mudah

Ujian proposol atau usulan penelitian memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda sebab ujian hasil penelitian lebih terasa sulit dibandingkan dengan ketika ujian proposal karena ujian hasil penelitian merupakan pertanggungjawaban dari hasil dan prosedur yang kita lakukan di lapangan. Ketika kita gagal atau tidak mampu menjelaskan secara detail hasil penelitian yang kita peroleh kepada penguji maka dapat mengakibatkan kita harus melakukan penelitian ulang demi melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu penyusunan skripsi serta ujian skripsi.

Cara Menghadapi ujian hasil penelitian mahasiswa agar lulus


Untuk lulus saat melaksanakan ujian hasil penelitian maka kita perlu menerapkan beberapa tips penting sebelum menghadapi hari H pelaksanaan ujian tersebut.

1. Kesehatan prima


Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu menjaga kesehatan kita dengan baik atau dalam kondisi tubuh yang prima sebab ketika kita sakit atau kurang sehat maka mengganggu konsentrasi kita saat belajar dan menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan oleh para dosen penguji.

2. Lakukan penelitian sesuai metodologi


Segala bentuk pertanyaan akan dapat anda jawab ketika anda benar-benar melakukan penelitian sesuai dengan metologi yang disepakati saat ujian proposal. Berdasarkan pengalaman saya ketika ujian hasil penelitian, kita akan dapat menjawab dengan baik tetantang prosedur pelaksanaan penelitian ketika bersungguh-sungguh menerapkannya di lapangan.

Begitu juga dengan metode yang digunakan untuk proses pengambilan data di lapangan sekaligus cara analisis data yang dipakai.

3. Rutin konsultasi ke dosen pembimbing


Sebaiknya-baiknya sebuah hasil penelitian mahasiswa yaitu ketika semua dosen pembimbing telah menilai, mengevaluasi dan memberikan saran serta masukkan untuk apa saja yang perlu diperbaiki. Oleh sebab itu, lakukan konsultasi kepada dosen-dosen pembimbing anda secara maksimal hingga mendapatkan hasil penelitian yang baik untuk diuji pada ujian hasil penelitian mahasiswa.

4. Lengkapi persyaratan ujian secepatnya


Biasanya untuk waktu ujian hasil penelitian akan ditentukan oleh pihak kampus berdasarkan persetujuan semua dosen pembimbing dan penguji berdasarkan kesempatan yang mereka miliki. Selain itu, ada administrasi yang perlu dipenuhi demi kelancaran pelaksanaan ujian hasil penelitian.


Sambil menunggu penentuan waktu untuk dilaksanakan ujian hasil penelitian maka sebaiknya anda segera menyelesaikan semua persyaratan administasi, ada contoh kasus mahasiswa yang tertunda waktu ujiannya hanya karena masalah administrasi padahal waktu ujian sudah ditentukan oleh pihak kampus.

5. Belajar dan diskusi bersama senior


Belajar merupakan tugas pokok bagi mahasiswa apa lagi ketika akan melakukan ujian seperti ini, namun ujian penelitian bukan saja tentang belajar, melainkan butuh diskusi dengan teman atau senior anda di kampus yang juga sangat paham tentang apa yang diteliti oleh anda sehingga ada masukkan dan penjelasan tambahan yang dapat anda terima selain dari dosen pembimbing.

6. Fokuskan pada hasil penelitian


Namanya juga ujian hasil penelitian berarti yang menjadi pokok utama yang akan diuji yaitu hasil penelitian jadi belajar dan pahami secara baik apa hasil penelitian anda, mengapa sehingga memperoleh hasil tersebut dan kesimpulan serta saran.

7. Datang lebih awal


Datang lebih awal sebelum waktu ujian, ini merupakan pengalaman saya terkait ujian yang akan saya lakukan dalam psikologi. Ketika datang lebih awal kita dapat melihat-lihat ruangan ujian memahami dengan baik suasana saat itu karena menurut saya ketika datang lebih awal psikologi kita akan sangat menyatu dengan ruangan dan dapat lebih cepat beradaptasi untuk mengatasi gugup yang akan dialami ketika ujian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel