Macam-Macam Organisasi Eksternal Mahasiswa di Luar Kampus

Organisasi Mahasiswa secara umum terkategori dua jenis yaitu organisasi internal mahasiswa dan organisasi eksternal mahasiswa, Adapun organisasi internal seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa (Senat) Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Lembaga Dakwah Kampus (LDK). 

Organisasi Eksternal Mahasiswa


Namun disini saya mencoba memperkenalkan beberapa organisasi eksternal mahasiswa yang patut kita ketahui bersama sebagaimana berikut :

1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

HMI merupakan salah satu organisasi yang cukup eksis begitu lama hingga sekarang. berdirinya tepat 5 Februari 1947 yang di pelopori oleh Lafran Pane, seorang mahasiswa di Sekolah Tinggi Islam Yogyakarta yang telah berubah nama menjadi UII Universitas Islam Indonesia Yogyakarta sekarang.

HMI didirikan bertepatan pula dengan agresi militer II oleh kolonial Belanda dan sejak dulu hingga sampai saat ini HMI telah memiliki jutaan kader yang tersebar ke seluruh kampus di Indonesia dari masa ke masa. Maka jika kalian yang senang diskusi demi memperkaya wawasan, melatih cara berbicara, belajar tentang kepemimpinan dan belajar memperdalam pemahaman agama Islam, organisasi HMI sangat cocok untuk kalian.

2. Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia ( PMKRI )

PMKRI adalah organisasi kepemudaan Katolik yang berfokus pada perkaderan, pembinaan dan organisasi perjuangan yang berasaskan Pancasila, menjiwai nilai-nilai katolikan dan disemangati semangat mahasiswa. Organisasi PMKRI didirikan di Yogyakarta 25 Mei 1947 hanya terpaut beberapa bulan dari organisasi pertama diatas. Maka untuk kalian yang beragama Kristen Katolik saya sarankan untuk bergabunglah dan mengikuti proses perkaderan dan pembinaan sekaligus mendapatkan semangat dari nilai nilai katolikan dan ilmu pengetahuan lainnya.

3. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia

Organisasi yang lahir pada 9 Februari 1950 ini sampai sekarang GMKI memiliki 103 Cabang yang tersebar di seluruh universitas di Indonesia. Organisasi yang memfokuskan dirinya menelaah agama Kristen dan tentunya pergerakan dalam ranah mahasiswa ini, memiliki keunggulan dan syarat akan pengalaman untuk dipilih sebagai wadah berproses terumata kalian mahasiswa yang beragama Kristen

4. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ( GMNI )

Merupakan salah satu organisasi ekstra kampus yang terbilang tua karena didirikan pada 23 Maret 1954 di Surabaya. Gerakan mahasiswa yang dikenali dengan Nasionalisme dan Soekarno nya ini, sangat cocok untuk kalian yang ingin memperdalam pengetahuan tentang kedua hal tersebut. Adapun tokoh-tokoh yang lahir dari organisasi ini ialah. Ibu Megawati Soekarnoputri (Mantan Presiden Republik Indonesia ke 5 dan Ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) dan Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo dan tokoh lain-lainnya.

5. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)

Organisasi yang berdiri pada tanggal 17 April 1960 ini memiliki kader banyak yang tersebar seantero kampus di Indonesia. Bagi kalian yang hidup dan besar dalam kalangan Nahdiyin 'sebutan bagi anggota NU' akan sangat cocok jika bergabung dengan organisasi PMII. Sebab garis ideologinya bersandarkan Ahlussunnah Walja'mah atau disingkat Aswaja namun demikian tidak menutup pintu bagi mahasiswa dari luar kalangan Nahdiyin, dibuktikan sebagian kader PMII cabang maupun Pusat ada yang tidak dari kalangan tersebut. Maka jangan ragu untuk bergabung.

6. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( IMM)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan organisasi yang memiliki Otonom dalam Muhammadiyah yang dirikan di Jogjakarta tepat 14 Maret 1964. Organisasi ini memfokuskan diri dalam ruang keagamaan, kemasyarakatan tentu kemahasiswaan dan tidak salah juga menjadi pilihan utama bagi kalian yang ingin memperdalam pemahaman tentang agama, mahasiswa dan masyarakat.

7. Liga Mahasiswa Nasional untuk Indonesia ( LMND )

Liga Mahasiswa Nasional untuk Indonesia adalah organisasi ekstra kampus yang berdiri pada tanggal 9-11 Juli 1990 di Bogor. Salah satu Organisasi yang gencar melakukan aksi massa menggulingkan rezim Soeharto dan gencar menyuarakan perjuangan kelas bawah lewat aksi aksi nyata yang mengkritisi ketidakberpihakan kepada rakyat kecil. Syarat sejarah pergerakan di masa reformasi menjadi daya tarik tersendiri. Ayo bergabung

8. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

Organisasi yang berdiri saat posisi negara sedang menerima guncangan akibat arus aksi massa yang terus berdatangan pada masa perjuangan reformasi. Tepat pada tanggal 29 Maret 1998, turut ikut merasakan langsung situasi pengalihan politik setelah perpindahan kekuasaan setelah runtuhnya rezim Soeharto kala itu. 

KAMMI sampai sekarang masih eksis dan berkembang di setiap universitas di Indonesia, dengan diskursus kritis tentang segala hal dan bersamaan gerakan masif. dengan begitu kalian dapat memiliki alasan untuk bergabung dan berproses didalamnya. 

Macam-Macam Organisasi Eksternal Mahasiswa di Luar Kampus

Demikianlah uraian organisasi eksternal mahasiswa yang perlu kita ketahui, apalagi anda yang berstatus mahasiswa baru (MABA) yang ingin memperdalam pemahaman dan memperbanyak pengalaman anda.

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel