Mengenal 6 Negara Monarki Absolut di Dunia

Monarki adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Monos, artinya Satu dan Archein yang berarti Pemerintahan. Dan maksud Negara Monarki adalah negara yang dikepalai oleh seorang Raja, Ratu atau Kaisar sebagai kepala negaranya.

Sekarang, pada dasarnya didalam konsep Negara Monarki terdapat 2 jenis sistem pemerintahan monarki yang masih banyak dipakai yakni, Monarki Konstitusional dan Monarki Absolut. Namun pada kesempatan ini saya akan lebih dulu membahas Negara Monarki Absolut yang sudah saya pilih.

Nah berikut adalah nama-nama dari beberapa negara monarki absolut yang sampai sekarang masih eksis dalam peradaban dunia modern:

1. Kerajaan Arab Saudi


Arab Saudi atau Kerajaan Saudi adalah salah satu negara monarki absolut yang berada di jazirah Arab atau lebih tepatnya di Asia Barat dengan luas wilayah sebesar 830.000 mil persegi dengan populasi 34.218.169 jiwa. Negara yang beribukota di Riyadh ini, di pimpin oleh seorang penguasa yang bernama Raja Salman bin Abd al-Aziz Al Saud.

2. Negara Qatar


Negara Qatar atau Daulah Qatar adalah sebuah negara emirat di timur tengah, dimana negara Qatar terletak pada sebuah semenanjung kecil Jazirah Arab di Asia Barat dan berbatasan langsung dengan Arab Saudi di arah selatan dan sisanya terpisah dari negara Bahrain oleh teluk Persia.

Negara yang beribukota di Kota Doha ini, memiliki sistem negara yang dapat disebut Monarki Konstitusional atau Monarki Absolut dan negara Qatar memiliki penguasa yang disebut Emir yang bernama Tamim bin Hamad al-Tsani.

3. Kesultanan Brunei Darussalam


Brunei Darussalam adalah negara berdaulat di Asia tenggara yang terletak di Pantai Utara pulau Kalimantan, Indonesia. Kesultanan Brunei Darussalam sendiri memiliki luas wilayah seluas 5.765 km persegi dan memiliki jumlah populasi sebesar 442,400 jiwa.

Selebihnya Kesultanan Brunei Darussalam merupakan negara yang memiliki corak pemerintahan monarki absolut dengan Penguasa yang bernama Sultan Hassanal Bolkiah. Dimana Sultan menjabat sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan serta merangkap Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan dengan dibantu oleh Dewan Penasehat Kesultanan dan beberapa menteri.

4. Kesultanan Oman


Kesultanan Oman adalah sebuah negara Arab di Asia Barat daya atau pesisir tenggara jazirah Arab. Negara ini berbatasan langsung dengan Uni Emirat Arab (UEA) di barat-laut, Arab Saudi di arah Barat dan Yaman di barat daya. Kesultanan Oman memiliki luas wilayah sebesar 309501 km persegi dan memiliki populasi sebanyak 4.185.440 jiwa.

Kesultanan Oman dikenal sebagai negara bersistem Monarki Absolut, dimana Sultan yang bernama Haitham bin Tariq Al Said menjalankan kewenangan secara paripurna, meskipun terdapat perlemen yang memiliki kekuasaan legislatif dan pengawasan.

5. Kerajaan Swaziland


Kerajaan Swaziland atau yang sekarang dikenal Kerajaan Eswatini adalah sebuah negara kecil di selatan Afrika yang sama sekali tidak memiliki pantai karena terletak di antara Afrika Selatan di sebelah barat dan Mozambik di sebelah Timur.

Kerajaan Eswatini memiliki ibu kota negara yang bernama Mbabane dan memiliki populasi sebanyak 1.136,281 jiwa, Kerajaan Eswatini sendiri di kepalai oleh seorang Raja yang bernama Mswati III.

6. Negara Vatikan


Vatikan adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh tembok dalam kota Roma di Italia. Dengan luas area sekitar 44 hektar dan populasi sebanyak 842 jiwa. Dari jumlah tersebut, Negara atau Kota Vatikan di akui dunia sebagai negara independen terkecil di dunia saat ini.

Negara Vatikan sendiri merupakan negara monarki yang di pimpin oleh seorang Uskup Roma yakni Paus yang di pilih oleh Dewan Kardinal atau Para Kardinal.

Negara Monarki

Tentu tidak banyak yang menyadari bahwa masih adanya negara Monarki Absolut, dimana hal ini pastinya menarik karena secara periodik dunia berputar dan berganti tampilannya, termasuk dari sistem pemerintahan di suatu negara maupun ideologi di suatu negara. akan tetapi hal itu tidak berlaku pada ke enam negara di atas, yang masih eksis menganut sistem Monarki Absolut hingga sekarang. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel