Faktor Penghambat dan Pendorong Perubahan Sosial

Pada tulisan ini saya akan membahas tentang faktor yang menjadi penyebab terhambat dan atau faktor pendorong perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.Mari kita mulai.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial


Faktor pendorong dalam perubahan sosial terbagi atas dua yang paling berdampak bagi lingkungan sosial sebagai berikut:

1. Difusi/Kontak dengan Budaya Baru

Difusi adalah kontak dengan budaya lain atau adanya persebaran budaya lain yang terjadi dengan dua cara yaitu, Penetration Pacifique adalah persebaran dengan cara damai dan Penetration Violence adalah persebaran dengan cara paksaan atau kekerasan.

Difusi sendiri memiliki proses sebagai berikut : 

Pertama, ketika berdifusi berarti kita harus melakukan kontak langsung dengan budaya lain. 

Kedua, ialah kemampuan dalam mendemonstrasikan penemuan budaya baru tersebut. 

Ketiga, mengerti kegunaan dari penemuan budaya itu bagi masyarakat, kemudian yang keempat adalah adanya proses dengan melakukan persaingan dengan budaya lain. Kelima yang terakhir adalah adanya peran dari masyarakat terkait penemuan budaya baru tersebut.

Dengan demikian dapat dipahami jikalau terjadi persentuhan dengan budaya lain, maka akan terjadi penemuan budaya baru dalam kehidupan bersosial.

2. Peran Pendidikan

Pendidikan disini adalah adanya sistem pendidikan yang maju, dengan kemajuan dalam sistem pendidikan akan mengakibatkan peningkatan kualitas seperti kreatif, berpikiran kritis, berilmu pengetahuan bagi siswa atau mahasiswa, baik di lingkungan formal atau lingkungan nonformal.

Maka dapat disimpulkan bahwa jika seorang individu memiliki pola pikir maju, akan diikuti dengan proses berpikir jangka panjang untuk dirinya maupun bagi lingkungan masyarakat.

Lihat juga :

10 Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sosial

Sosiologi serta Pemikiran Tokoh-Tokoh Sosiologi Bagian I
 
Disisi pemikir kritisnya juga terdapat kepekaan terhadap lingkungan sekitar, kepekaan terhadap lingkungan sekitar yang dimiliki akan dapat mendorong perubahan sosial, yang diikuti juga dengan peran masyarakat dalam perubahan yang ditemukan oleh individu tersebut. Biasanya individu seperti ini disebut Agen of Change yang lahir dari sistem pendidikan yang maju.

Faktor Penghambat Perubahan Sosial


Faktor penghambat perubahan sosial terbagi juga atas beberapa faktor sebagai berikut

1. Kurang Interaksi

Akibat dari kurangnya interaksi antar sesama individu atau masyarakat lain, maka akan menghambat masuknya informasi mengenai peradaban atau tentang perubahan- perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar kita, sehingga akan menghambat perubahan social.

2. Adat Istiadat

Adat istiadat disini adalah adat yang telah tertanam lama dan kuat (vested interest). kelompok masyarakat seperti ini adalah kelompok yang masih berpegang teguh pada keperluan yang telah ada di dalam lingkungan masyarakat tersebut. misalkan, adanya kelompok masyarakat yang melarang adanya orang baru atau pemikiran baru masuk kedalam lingkungan masyarakatnya.

Maka dapat dikatakan bahwa masyarakat seperti ini adalah masyarakat yang tertutup, masyarakat yang memiliki pemikiran yang statis dan juga kekurangan informasi. Jika selamanya kebiasaan seperti ini dilakukan, pastinya akan menjadi penghambat perubahan sosial.

3. Tertinggal Ilmu Pengetahuan

Faktor tertinggal di bidang Ilmu Pengetahuan disini dapat terjadi disebabkan karena beberapa faktor seperti, adanya isolasi wilayah oleh suatu kelompok masyarakat atau adanya penjajahan dan juga perbudakan. Maka secara otomatis mempengaruhi ketidakadanya pendidikan dan sekaligus keterlambatan dalam ilmu pengetahuan bagi masyarakat. 

Faktor Penghambat dan Pendorong Perubahan Sosial

Demikianlah penjelasan singkat tentang faktor penghambat dan pendorong perubahan sosial. Pembahasan ini dituliskan ketika di angkat menjadi materi dalam diskusi meja paling kanan pada akhir 2020 kemarin. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel