Belajar Tentang Virus Corona dari Drh. Indro Cahyono (Pakar Virus)

Virus corona atau COVID-19 menjadi wabah yang melanda seluruh negara termasuk Indonesia. Menjadi ketakutan seluruh orang-orang yang di bumi, hal ini disebabkan oleh banyaknya korban meninggal di berbagai negara.

Rasa panik dan ketakutan menjadi sifat alami manusia. Namun, janganlah sampai berlebihan atau paranoid sebab kepanikan yang berlebihan hanya akan membuat kesehatan kita terganggu, bukan karena virus corona itu sendiri tapi sakit karena sebab lain.

Saya menulis ini karena bosan membaca berbagai berita-berita hoax yang sering beredar di media sosial dan banyak dibagikan oleh para netizen. Masalahnya informasi yang mereka sebar terkadang berbeda dengan penjelasan dari pakar atau ahli tentang virus, dalam hal ini virus corona itu sendiri.

Saya juga amaw tentang virus corona, namun dengan situasi dan kondisi wabah seperti ini maka kita harus mempelajari tentang virus corona tersebut agar mampu mencegah penyebarannya serta mampu menghindar supaya tidak terinfeksi oleh virus.

Oleh karena itu, untuk benar-benar mengenal dan paham tentang virus corona ini maka kita perlu belajar dari pakar virus sehingga tidak terjebak dalam pengetahuan yang salah tentang virus.

Saya banyak belajar tentang virus corona pada pakar virus Drh. Indro Cahyono. Beliau pertama muncul di media sosial yang menjelaskan tentang virus. Selanjutnya saya mulai menonton penjelasan beliau pada acara-acara siaran TV nasional yang menjelaskan tentang virus corona ini. Sampai pada saat ini beliau telah membuat channel youtube bernama Pakdhe Indro Channel Asli

Penjelasan Drh Indro Cahyono tentang virus corona


Jadi tulisan saya ini mengacu pada penjelasan pak Drh Indro Cahyono dari berbagai video penjelasan beliau yang saya nonton sehingga pembaca Ato Menulis tidak menjadi paranoid dalam menghadapi situasi virus corona ini, apa lagi kesalahan dalam memahaminya.

Virus Corona

Virus pada umumnya dapat hidup di tempat yang dingin, gelap dan basah. Virus corona secara umum dapat hidup di 2 tempat yaitu di luar tubuh manusia dan di dalam tubuh manusia. Virus corona hanya akan dapat memperbanyak diri ketika berada dalam tubuh manusia sedangkan di luar tubuh manusia, virus corona tidak dapat bertahan lama karena dapat dibersihkan dengan disinfektan.

Penyebaran virus corona berasal dari orang yang terinfeksi kemudian bersin atau batuk lalu mengeluarkan lendir atau droplet. Pada droplet inilah virus berada dan akan terinfeksi kepada orang lain ketika cairan tersebut masuk ke mulut atau hidung. Jadi virus corona hanya akan masuk ke tubuh manusi melalui mulut dan hidung atau saluran pernapasan.Virus corona hanya dapat menyebar dari orang ke orang karena virus ini tidak melayang-melayang di udara dalam waktu lama.

Ketika lendir berada di luar tubuh manusia tidak akan bertahan lama karena lendir dapat menguap atau dibersihkan dan virus akan mati. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk memakai masker demi mencegah masuknya virus melalui saluran pernapasan jika berada dekat dengan orang yang terinfeksi.

Terinfeksi virus corona

Pada dasarnya manusia merupakan ciptaan Tuhan yang sempurna, hal ini membuktikan bahwa manusia memiliki anti bodi yang telah ada untuk melawan virus. Jadi yang dapat mematikan virus corona ini hanyalah anti bodi. Efek dari terinfeksi virus di dalam tubuh yaitu sakit seperti flu dan batuk, dari situlah kita diberi obat untuk menyembuhkan sakit tersebut.

Bagi orang yang belum pernah terinfeksi virus corona, anti bodi belum memiliki data tentang virus tersebut sehingga ketika terinfeksi tubuh akan mengalami sakit selama 7 hari. Setelah 7 hari kemudian maka anti bodi mulai bekerja untuk melawan virus corona ini sebab telah mendapatkan data virus tersebut dan perlahan mulai sembuh pada hari ke 14 atau lebih.

Bagi orang yang sudah pernah terinfeksi virus corona dan sembuh, maka anti bodi sudah memiliki data virus sehingga ketika terkena lagi anti bodi akan langsung melawan virus selama 1-2 hari dan dapat sembuh. Hal ini membuktikan bahwa orang yang sudah pernah terkena virus tetap berpeluang untuk kena lagi tapi proses penyembuhan tubuh lebih cepat dari orang yang belum pernah terinfeksi virus corona.

Pencegahan virus corona

Untuk mencegah agar terhindar dari infeksi virus corona yaitu ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan :

1. Menggunakan masker 

Masuknya virus corona ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan sehingga dengan memakai masker kita akan mencegah masuknya virus ke dalam tubuh ketika berada di lokasi yang sudah terinfeksi virus corona.

2. Membersihkan pakaian ketika pulang ke rumah

Ketika kita berada di luar rumah atau dari tempat dimana ada indikasi orang yang sudah terinfeksi maka perlu menjaga kebersihan pakaian. Hal ini menjaga agar jangan sampai ada lendir atau droplet menempel pada pakaian tersebut.

Caranya yaitu ketika sampai di rumah cuci tangan terlebih dahulu, kemudian membuka pakaian dan langsung di taruh pada tempat cucian, selanjut membuak masker. Ingat jangan sampai tangan menyentuh hidung dan mulut ketika membuka masker.

3. Menjaga kebersihan tempat tinggal

Virus dapat hidup di lingkungan yang basah, gelap dan dingin. Nah, maka mulailah menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal baik di dalam rumah dan luar rumah. Misalnya membersihkan lantai menggunakan pembersih lantai, meja, kursi lemari dan lain-lain untuk membunuh virus jika ada di tempat tersebut. Membiarkan ada cahaya yang masuk ke dalam ruangan (tidak gelap) pada siang hari serta menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan.

Belajar Tentang Virus Corona dari Drh. Indro Cahyono (Pakar Virus)

Sekian dulu pembahasan tentang Virus Corona dari Drh. Indro Cahyono (Pakar Virus) yang dapat saya bagikan. Selengkapnya tentang informasi serta penjelasan lebih lanjut dan detail anda dapat langsung menonton di channel youtube Pakdhe Indro Channel Asli.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang virus corona, untuk melawan virus corona maka kita harus paham tentang virus itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel