Cerita Tentang Keberadaan Kopi

Perkembangan dunia dari segala aspek telah membuat dunia mengalami kemajuan yang begitu pesat, mulai dari kehadiran teknologi yang menggantikan, memudahkan pekerjaan manusia dan perubahan-perubahan dari bidang produksi yang dulunya bersifat tradisional menjadi modern, peningkatan mutu di bidang sosial budaya serta perkembangan dalam bidang kuliner 'citarasa' semakin banyak dihadirkan hingga menghiasi wajah dunia di era kontemporer sekarang.

Salah satu pemanfaatan di bidang produksi hasil alam yang menjadi tema pembahasan malam ini adalah tanaman kopi. Jika dilihat dari sejarah kopi, kopi telah dibudidaya dan di konsumsi oleh manusia sejak dahulu kala. Namun masih bersifat konsumsi rumahan biasa, artinya belum dijadikan sebagai suatu produk yang bernilai ekonomis.

Seiring berkembangnya zaman, kopi telah dimanfaatkan lebih dari sekedar konsumsi rumahan, yang dimana pada era modern sekarang, kopi telah menjadi hasil alam yang begitu menjanjikan untuk kebutuhan ekonomis. Sebab kopi telah memiliki konsumen yang hadir sebagai pengusaha kopi atau juga sebagai penikmat kopi.

Sekarang, dapat dilihat dengan jelas betapa kopi memiliki nilai jual yang tinggi sebab begitu di minati oleh banyak orang, dari semua itu, tak jarang kita temukan beribu kedai kopi dimana kaki berdiri dan sejauh mana mata memandang.

Salah satu bukti bahwa kopi memiliki nilai jual tinggi dan bisa menjadi pilihan yang menjanjikan dalam membangun usaha yaitu dengan membaca sejarah berdirinya Starbucks Corporation, yang telah hadir sebagai perusahaan kopi berskala global dan dinobatkan sebagai perusahaan kopi terbesar di dunia asal Amerika Serikat. 

Sebab Starbucks telah memiliki 20. 336 Kafe dari 61 negara dan total aset Starbucks yang tercatat di tahun 2018 mencapai US$80,15 Miliar. Dalam negara Indonesia sendiri, Starbucks telah memiliki cabang sebanyak 326 kafe yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Jika dilihat dari keuntungan yang dimiliki oleh Starbucks Corporation di atas, dapat dikatakan bahwa konsumen semakin bertambah sepanjang tahun dan tidak mengalami penurunan semenjak kopi mulai dikomersilkan. Dari alasan inilah beribu usaha tentang kopi berhamburan di kota-kota di dunia mulai dari kedai kopi yang sederhana hingga yang berkonsep mewah. 

lihat juga :


Cara Pengolahan Kopi Sula Asli Dari Kepulauan Sula

Di Indonesia sendiri telah ada begitu banyak kedai kopi selain Starbucks. Dari mulai yang berjualan dijalanan hingga di gedung-gedung pencakar langit. Indonesia juga telah banyak menghasilkan beragam cita rasa kopi yang disajikan oleh pengusaha kopi. 

Semisal, Kopi Robusta Temanggung, Kopi Arabica Gayo, Kopi Arabica Kintamani, Kopi Arabica Flores, Kopi Arabica Toraja dan Kopi Arabica Java Ijen Raung dan Indonesia juga telah memunculkan berbagai jenis biji kopi oleh petani kopi. Seperti, Kopi Gayo Aceh, Kopi Toraja, Kopi Papua Wamena, Kopi Kintamani Bali, Kopi Kothok, Kopi Luwak.

Jikalau anda yang berkeinginan mendalami pengetahuan tentang kopi dan citarasa kopi, khususnya di Indonesia dapat ditemukan di hampir semua kedai kopi yang tersedia di Indonesia.

Sesungguhnya di Indonesia masih banyak citarasa kopi dan jenis-jenis kopi, namun sayangnya sebagian besar dari itu belum begitu terekspos. 

Cerita Tentang Keberadaan Kopi

Maka dari semua gambaran tentang kopi diatas, dapat disimpulkan bahwa kopi telah menjadi salah satu hasil alam yang paling banyak di minati di dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel