Kajian Perkembangan Gerakan Feminisme di Dunia (Bagian Pertama)

Feminisme merupakan serangkaian gerakan sosial, gerakan politik dan ideologi yang memperjuangan kesetaraan perempuan dalam lingkup politik, ekonomi, hukum dan sosial. Gerakan feminisme pada masa awal tahun 1550-1700 sebenarnya telah ada namun masih pada usaha-usaha melawan hegemoni patriarki yang memandang posisi perempuan sebagai Subordinat karena diaggap mahluk yang lemah, lebih emosional dan tidak rasional di Inggris kalah itu.

Setelah itu feminisme berkembang pesat sejak abad ke 17 dimulai, dimana hegemoni kekuasaan gereja runtuh. Peradaban barat menjadi penguasa dunia, mereka mendominasi segala bidang dalam kehidupan, hal ini sekaligus menjadikan barat sebagai pilihan rujukan dalam membicaraan peradaban manusia. Ajaran yang disebarkan menjadi acuan salah satu ajaran yang diadopsi Negara-Negara lain adalah Femenisme.

Femenisme adalah gerakan dari sisi perempuan yang memperjuangkan kesetaraan atau hak-hak asasi kaum perempuan. kemunculan gerakan ini di pengaruhi oleh pemikiran Mary Wolls-tonecraft yang tertuang dalam bukunya yang berjudul “Vindication of the Rights of Women” . Buku yang di publikasikan di Inggris pada tahun 1792 ini. Menjadi bahan bacaan yang mempengaruhi kemunculan pertama kali gerakan femenisme pada tahun 1848 sampai 1918.

1. Gerakan Feminisme Pertama

Mary Wolls-tonecraft dengan bukunya di tandai sebagai langkah awal feminisme modern berkembang karena pengaruh dalam bukunya yang menekan beberapa pilar bagi kaum perempuan. Yang pertama menyerukan peningkatan dari sisi rasiona dan meminta anak perempuan dapat belajar di sekolah pemerintah dan setara didalamnya. Kedua, pendidikan yang didapatkan diatas di tujukan sebagai langkah pengembangkan intelektualitas perempuan sehingga mampu bersaing menjadi individu yang mandiri.

Pada masa ini juga muncul kedua pasangan John Stuart Mill dan Harriet yang dianggap meneruskan dan memperluas ruang lingkup perjuangan kesetaraan dengan memperjuangkan kesempatan yang luas bagi perempuan dan hak-hak legal dalam penikahan ataupun perceraian. 

Salah satu perempuan yang telah menikah dan menonjol memperjuangkan hak asuh atas anak-anak ialah Caroline Norton yang juga lewat perjuangannya ini merangsang pemahaman bahwa perempuan begitu tertindas dan mendorong muncul organisasi yang membela kaum perempuan.

Tahun 1848 perjuangan kaum perempuan bergaung dari Inggris ke Amerika yang mencapai peristiwa penting Seneca Falls Convention dengan tuntutan dihapuskannya semua diskriminasi berdasarkan jenis kelamin.

Setelah itu makin meningkat gelombang massa yang berjuang menuntut disediakan sekolah yang dapat mempersiapkan perempuan sebagai tenaga kerja profesional di Inggris, meskipun sektor kerja masih bersifat domestik namun tidak menyurutkan semangat perempuan kalah itu. 

Sampai pada masa perempuan telah banyak bergelut dalam dunia pendidikan yang memicu dicetuskan ide bahwa perempuan berhak mendapatkan hak pilih. Isu demikian memuncak pada 1895 saat itu juga kata “Feminist” digunakan untuk pertama kalinya dalam Athenaeum. Hak pilih untuk perempuan dicapai pada 1918. 

Baca juga :


Kajian Perkembangan Gerakan Feminisme (Bagian Akhir)

Dalam perjalanannya gerakan feminisme pertama sangat berhati-hati agar tidak terlibat kehifupan yang konvensional. Di samping itu, gerakan dimasa ini sebagian besar yang berjuang atau memperjuangkan hanya pada tataran perempuan lajang di kelas menengah saja, terutama yang memiliki intelektualitas tinggi atau bisa dikatakan hanya sebatas kepada perempuan-perempuan kaya yang bisa berkarir, karena mereka masih bisa memberi gaji pelayan untuk membantu mengurus kehidupan sehari-hari mereka. Dan disisi gerakan, gerakan yang di lancarkan hanya pada isu-isu tertentu belum masuk pada kesadaran gerakan feminisme yang lebih luas. 

Kajian Perkembangan Gerakan Feminisme di Dunia

Tulisan ini terangkat di permukaan karena didiskusikan diatas meja paling kanan yang mecoba memahami lebih jauh tentang feminisme namun sayangnya tulisan ini saya batasi sampai disini dulu.

Demikianlah Kajian Perkembangan Gerakan Feminisme Bagian Pertama

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel