6 Faktor Penting Pembentukan Karakter Manusia yang Sering Dilupakan

Kali ini saya mencoba menggali faktor-faktor pembentukan karakter karena perihal demikian perlu untuk diketahui. 

Sebab faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan Kepribadian atau Pola-pikir setiap dari kita inilah yang menggambarkan kita pada hari ini. 

Faktor - Faktor Pembentukan Karakter Manusia


Adapun beberapa faktor yang berperan aktif dalam pembentukan karakter yang dimaksud antara lain sebagai berikut :

1. Faktor Keluarga

Keluarga merupakan kelompok terkecil dalam struktur sosial masyarakat. Keluarga Memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan kepribadian kita sejak dari masa kanak-kanak. 

Orang tua menjadi penanggungjawab bagi masa depan anak-anaknya, dengan demikian satiap orang tua harus menjalankan fungsi edukasi, dan pengawasan. Menjadi panutan dan mengenalkan berbagai perihal yang baik dan bermanfaat agar anak mereka sehingga membentuk karakter yang nantinya bertransformasi menjadi sikap dalam sosialnya.

2. Faktor Negara

Peran negara dalam hal ini, dimaksudkan ialah Pendidikan dan pengawasan. Negara harus mampu membangun sistem Pendidikan yang berkualitas dan menjamin semua masyarakat bisa bersekolah atau terdidik. 

Salah satu cara menghasilkan karakter yang terdidik ialah menyusun kurikulum nasional dari sisi Sains, Teknologi, Agama maupun Seni dan melakukan penerapan seleksi yang ketat dan teliti bagi calon pendidik masa akan datang. Sebab keberhasilan dalam pendidikan dalam suatu negara sejalan dengan kualitas pendidiknya

3. Faktor Lingkungan Sosial

Lingkungan masyarakat sudah semestinya memiliki peran yang begitu serius dalam pembentukan pola pikir dan karakter kita. Sebab didalam masyarakat kita hidup bersosial, ditengah masyarakat pula kita menghabiskan hari-hari kita. 

Maka tidak jarang kita temukan di sekeliling.. Jika di suatu kelompok masyarakat mayoritasnya agamis pasti akan melahirkan pula individu-individu yang berkarakter-karakter agamis.

4. Faktor Agama

Agama dan sosial masyarakat adalah dua hal yang tidaklah dapat dipisahkan. Agama yang di dalamnya terdapat banyak ajaran-ajaran dan ritual-ritual. Tentu pasti mempengaruhi sebagian dari kita secara langsung sekaligus membentuk pola pikir sebagian dari kita.

5. Faktor Media Massa

Kemajuan dalam bidang teknologi yang begitu pesat. Sejauh yang terlihat teknologi memberikan kita dua pilihan yaitu dipakai kearah positif atau kearah Negatif. Teknologi dapat merubah kepribadian maupun pola pikir kita sebab terbukanya keran informasi mempengaruhi kepribadian seseorang secara masif. 

Sebuah catatan kepada semua dari kita yang memakai teknologi dampak apapun yang hadir semuanya kembali kepada pribadi kita masing-masing.

6. Faktor Pengalaman Hidup

Pengalaman hidup tentu pasti akan membentuk karakter dan bahkan merubah pola pikir setiap dari kita, sadar atau tidaknya kita mengadopsi beberapa kebiasan-kebiasan dari pengalaman yang pernah kita dapati. 

Faktor Penting Pembentukan Karakter Manusia yang Kadang Dilupakan

Demikian beberapa Faktor-faktor yang dapat kita uraikan terkait pembentukan karakter dalam keperibadian kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel