6 Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blog

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengetahuan bagamaina caranya seorang blogger atau penulis di blog dapat menghasilkan uang dari internet atau dari blognya. Pertanyaan seperti ini sangat banyak ditanyakan oleh orang-orang yang belum mengetahui bagaimana caranya menghasilkan uang dari google dan terutama orang memang masih awam dengan dunia blogger.

Baik, sebelum saya membahasnya lebih jauh maka saya akan menjelaskan sedikit terlebih dahulu apa itu blogger dan blog bagi pembaca yang belum mengetahuinya. Blog adalah halaman web atau platform yang dapat kita gunakan untuk menulis dan mempublikasikan tulis, gambar dan video sedangkan blogger yaitu orang yang aktif menulis di blog.

Baca juga : Perbedaan Kata Website dan Blog yang Masih Sering Salah Penempatan

Ada banyak cara untuk dapat menghasilkan uang dari blog, hal ini yang perlu disampaikan kepada banyak orang atau para blogger pemula karena saat banyak yang hanya mengira seorang blogger menghasilkan uang hanya dari google adsense. Padahal banyak cara untuk menghasilkan uang selama menjadi blogger.

Selanjutnya saya akan menjelaskan satu persatu secara detail, dari mana saja sumber penghasilan blogger yang dapat dijadikan sebagai lahan finansial.

Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blog


1. Google Adsense

Saya akan memulainya dari google adsense sebagai program google yang sangat populer di dunia blogger. Google adsense merupakan sebuah program google yang bekerja sama dengan seorang blogger untuk memasang iklan di blognya. Blogger akan dibayar sesuai dengan jumlah tayang dan klik iklan oleh pengunjung.

Besarnya penghasilan setiap hari ditentukan oleh jumlah klik iklan, jumlah tayangan iklan dan pembayaran per klik iklan setiap hari.

Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan dari Google Adsense yang Cukup Tinggi

Untuk dapat terlibat dalam program google adsense maka seorang blogger harus membuat blog, menulis dan mempublikasikan tulisan atau postingan-postingannya. Setelah banyak tulisan dan pengunjung maka blognya dapat di daftarkan ke google adsense untuk dinilai apakah layak menjadi publisher google adsense atau tidak.

2. Endorse

Dari blog, kita juga dapat menghasilakan uang dengan endorse artinya kita membantu mempromosikan produk orang lain kemudian kita dibayar oleh orang atau perusahaan tersebut. Semakin tinggi pembayaran tergantung dari banyaknya jumlah pengunjung blog setiap hari.

Untuk, blog yang sudah mencapai ratusan ribu pengunjung setiap hari maka sangat tinggi pembayaran blogger untuk mempromosikan sebuah iklan.

Jadi, untuk menghasilkan uang dari blog, hal paling penting dan utama yang harus dilakukan yaitu mendatangkan banyak pengunjung atau visitor blog.

3. Menawarkan Jasa

Dengan menjadi seorang blogger yang aktif mengelola blog, anda juga dapat menawarkan jasa kepada orang lain dengan standar harga yang disepakati. Misalnya selain blogger anda juga memiliki kemampuan menulis artikel. Anda dapat menawarkan jasa menulis atau artikel kepada blog lain.

Misalnya selain menjadi seorang blogger, anda juga memiliki keahlian lain maka anda dapat menawarkan jasa melalui postingan di blog sehingga ketika orang mencari jasa serupa di internet maka anda berpeluang untuk menghasilkan uang.

4. Menghasilkan Uang Melalui Afiliasi

Afiliasi merupakan sebuah model kerja sama antara kedua pihak dan saling menguntungkan dengan pembagian hasil kerja yang telah disepakati.

Misalnya ada tetangga anda yang berprofesi sebagai tukang service AC, anda dapat menulis tentang jasa service AC di blog dan menawarkan ke orang lain. Ketika ada yang membutuhkan maka yang bekerja adalah tetangga anda dan anda akan mendapatkan bayaran sekian persen dari hasil kerjanya sebab anda yang mendatangkan pelanggan kepada dia.

Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blog

Misalnya lagi tetangga anda menjual produk makanan. Anda juga dapat menawarkannya melalui postingan blog, dengan begitu setiap pembelian yang berasal dari anda akan dihitung dan anda mendapatkan sedikit bayaran dari situ.

5. Iklan Mandiri

Selain google adsense ada juga iklan mandiri yang dipasang pada halaman blog. Iklan seperti itu akan dibayar setiap bulan. Misalnya iklan ucapan hari besar, iklan biografi seseorang atau iklan kandidat saat PILKADA. Dengan memasang iklan di blog anda, maka anda akan dibayar setiap bulan dengan harga yang telah disepekati bersama.

6. Iklan Sejenis dengan Adsense

Mungkin anda pernah melihat iklan yang mirip dengan google adsense di blog atau website yang anda kunjugi. Ya, itu bukan iklan google adsense melainkan program pengiklanan lain yang mirip dengan adsense. Blogger juga dapat memasang iklan tersebut dan dibayar berdasarkan jumlah tayang dan klik.

Biasanya para blogger akan mendaftarkan blog mereka ke program-program pengiklanan lain setelah ditolak terus-menerus oleh google adsense karena blog mereka belum memenuhi syarat untuk dipasangkan iklan google adsense.

Demikian Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blog yang dapat saya bagikan pada tulisan ini, masih banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog sebagai seorang blogger seiring berjalannya waktu. Good luck !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel