Website Instansi dan Lembaga Tingkat Daerah Harus aktif

Pada kenyataannya polemik masih sering terjadi pada banyak kasus atau masalah-masalah yang terjadi di tingkat daerah. Masih banyak ragam masalah yang terjadi yang berhubungan dengan instansi pemerintah maupun lembaga pada tingkat daerah.

Berbeda dengan website instansi dan lembaga di tingkat pusat atau nasional, mereka sangat super aktif dan hampir setiap hari update postingan-postingan terkait aktivitas kelembagaan dan pemerintahan sehingga masyarakat dengan mudah mencari informasi-informasi yang akurat dan terpercaya karena langsung dari sumbernya.

Hal ini kadang berbeda di tingkat daerah terutama pada tingkat kabupaten. Website pemerintahan dan lembaga-lembaga yang ada pada tingkat daerah kadang tidak aktif bahkan lebih buruk lagi yaitu belum tersedianya website yang dibuat.

Masih banyak website pemerintahan yang jarang aktif sehingga masyarakat kesulitan untuk mengikuti perkembangan daerah itu sendiri, dampak terburuknya yaitu lahirlah ragam opini yang masing-masing menafsirkan perkembangan daerah tersebut, apa lagi ketika terjadi suatu masalah dalam pemerintahan yang pada hakekatnya berhubungan langsung dengan rakyat.

Baca juga : Perbedaan Kata Website dan Blog yang Masih Sering Salah Penempatan

Dengan aktifnya website daerah di tingkat kabupaten maka segala bentuk aktivitas program kerja dari semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat dipublikasikan kepada publik sehingga masyarakat juga dapat menikmati informasi perkembangan kinerja pemerintah secara langsung.

Begitu juga ketika terjadi masalah-masalah terkait kinerja pemerintahan, dengan aktifnya website daerah maka pemerintah dapat langsung menjelaskan pokok permasalahan yang terjadi sehingga tidak semakin gaduh di lingkup masyarakat dengan banyak opini yang berkembang.

Mengapa sangat ditekankan website daerah harus aktif ?

Saat ini semakin banyak media-media online dan aktif memuat berita-berita, semakin banyak media online yang menulis tentang permaslahan yang terjadi maka tidak menutup kemungkinan semakin banyak versi berita yang beredar dan hal itu otomatis membuat semakin banyak pertanyaan bagi rakyat yang membaca.

Sumber informasi yang lebih akurat yaitu berasal dari website pemerintah daerah tersebut, dengan begitu tersedia informasi yang terpercaya dan masyarakat lebih terarah dalam menanggapi berbagai problematika yang terjadi di daerah.

Website Instansi dan Lembaga Tingkat Daerah Harus aktif

Hal yang sama juga berlaku pada lembaga-lembaga negara seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) di kabupaten/kota. Tensi politik di Indonesia begitu kental, begitu juga di tingkat daerah mulai dari provinsi sampai kabupaten/kota.

Baca juga : Jasa Pembuatan Website Desa di Kepulauan Sula

Di tingkat kabupaten, website lembaga-lembaga tersebut harus sangat aktif terutama pada saat moment proses pemilihan yang sedang berlangsung. Hal ini akan mengurangi dampak-dampak dari masalah politik yang terjadi di daerah. Dengan aktifnya website lembaga-lembaga negara seperti KPU dan BAWASLU di kabupaten sehingga setiap masalah yang terjadi cepat direspon dengan penjelasan yang tepat melalui webiste, dengan begitu masyarakat semakin cerdas dalam menanggapi dinamika perpolitikan yang terjadi tanpa harus terjadi konflik atau kegaduhan.

Jadi bagi pemerintahan dan lembaga-lembaga negara di tingkat kabupaten agar mulailah mengaktifkan website demi menciptakan keharmoniasan dalam berbangsa dan bernegara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel