Jumlah Subscribe Youtube Bukan Penentu Berapa Penghasilan Youtubers

Ada seorang teman yang bertanya kepada saya karena kebetulan saya juga mulai aktif membuat konten video di youtube dengan berbagai macam tema video yang dipublikasikan. Pertanyaannya yaitu berapa jumlah penghasilan youtubers yang telah mendapatkan ribuan, ratusan bahkan jutaan subscribe di channel youtube mereka ?

Saya mulai memikirkan untuk menjawab serasional mungkin karena kebetulan saya juga merupakan pendatang baru di dunia peryoutuban. Takutnya saya memberikan informasi yang keliru terkait pertanyaan teman saya tersebut.

Penghasilan dari youtube pada dasarnya tidak bergantung pada berapa jumlah subscribe yang dimiliki tapi pada dari jumlah penayangan video, jumlah klik iklan dan biaya per klik (BPK) iklan per harinya sebab harga klik iklan setiap hari dapat berubah-ubah.

Untuk saat ini yang paling penting dibutuhkan oleh seorang youtubers yaitu 4000 jam tayang dan 1000 subscribe agar channel youtube dapat dimonetisasi oleh youtube dengan menampilkan iklan google sebab itulah persyaratan youtube yang berlaku saat ini dan sebagai langkah awal seorang youtubers mendapatkan bayaran dari google.

Ada sebagian channel youtube yang memilik ribuan subscribe tapi memiliki jumlah tayangan video hingga jutaan dan ada juga channel youtube yang memiliki ratusan ribu subscribe tapi memiliki sedikit jumlah tayangan maka channel dengan sedikit subscribe perpeluang untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan dari pada channel dengan ratusan ribu subscribe tersebut.

Perlu diketahui kalau tidak semua subscribe mengaktifkan lonceng notifikasi sehingga setiap video yang baru diupload tidak langsung mendapatkan pemberitahuan pada subscriber. Ada juga sebagian subscribe yang mungkin tidak memiliki paket data atau tidak terhubung dengan wifi sehingga tidak dapat menonton segera video yang baru diupload. 


Jadi indikator besarnya penghasilan youtubers bukan dilihat dari banyaknya jumlah subscribe melainkan akumulasi jumlah jam tayang seluruh video setiap hari. Selain itu dilihat juga jumlah klik iklan, jumlah klik iklan dapat berbeda setiap hari. Semakin banyak jumlah klik iklan maka semakin besar penghasilan youtubers. Ada juga biaya per klik iklan yang berbeda setiap hari, jika biaya klik iklan besar maka semakin besar penghasilan bila mendapatkan banyak klik dari penonton.

Jumlah Subscribe Youtube Bukan Penentu Penghasilan Youtubers

Jadi dapat disimpulkan, besarnya penghasilan seorang youtubers tergantung dari jumlah penayangan seluruh video setiap hari, jumlah klik dan Biaya Per Klik iklan atau BPK/CPC dan semuanya itu hanya diketahui oleh youtubers itu sendiri dengan melihat laporan harian penghasilan di akun channel youtube.

Jumlah subscribe bukan penentuan seorang youtubers mendapatkan penghasilan yang banyak atau tidak. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel