Jangan Asal Upload Video Lagu Orang Lain di Channel YouTube Tanpa Izin Pemiliknya

Pada tulisan kali ini saya ingin mengingatkan kepada semua teman-teman youtubers khususnya para youtubers pemula seperti saya yang masih baru membangun channel youtube yang mungkin masih seumuran jagung. Janganlah asal upload video musik milik orang lain karena akan memiliki dampak buruk terhadap channel youtube anda, bukan itu saja bahkan akan berakibat pada jalur hukum tentang hak cipta atau hak kepemilikan konten.

Saya akan memberikan sebuah contoh kasus yang mungkin dapat menjadi pengingat bagi para youtubers pemula seperti saya.

Ada sebuah channel youtube yang baru saja dibuat dan belum dimonetisasi oleh google. Channel youtube tersebut mengupload video lagu-lagu penyanyi lokal dengan dalih membantu mempromosikan lagu karya mereka. Lagu-lagu tersebut merupakan hasil karya penyanyi lokal yang tergabung dalam satu grup musik.

Semua video lagu-lagu mereka pun kemudian mulai diupload dan berada pada channel youtube tersebut. Seiring waktu berjalan, video musik mereka mengalami kenaikan jumlah penonton yang luar biasa, beberapa lagu mereka mencapai ratusan ribu jumlah penayangan dan jumlah subscribe channel tersebut semakin bertambah sampai ribuan.

Dalam persyaratan google adsense, channel tersebut sudah layak karena telah memiliki 4000 jam tayang dan lebih dari 1000 subscribe. Google adsense menerima channel tersebut saat didaftarkan dan mulai menampilkan iklan dan mungkin telah mendapatkan pembayaran dari google adsense.

Waktu terus berjalan hingga selang beberapa tahun, grup musik tersebut mulai mengalami masalah internal. Bongkar pasang anggota mulai terjadi, sementara itu karya mereka mulai populer dan channel youtube orang lain menikmati hasilnya.

Akhirnya ada anggota grup musik tersebut yang telah dikeluarkan tadi mulai melirik channel tersebut dengan dalil tidak terlibat dalam kesepakatan terkait karya mereka yang diupload sehingga mulai mempermasalahkan hal itu, dari situ bisa saja akan mengarah pada jalur hukum.

Hikmah dari contoh kasus di atas bagi seorang youtuber pemula yaitu :

Jangan pernah upload karya musik orang lain ke channel youtube anda sebab cepat atau lambat jika video tersebut mendapatkan banyak tayang dan penghasilan maka besar peluang akan diambil kembali atau meminta komisi dari hasil google adsense dan hal itu akan berdampak buruk bagi perkembangan channel youtube anda jika anda menolak untuk membagi hasil dan kembalikan karya mereka.

Jam tayang akan hilang dalam hitungan akumulasi channel anda, selain itu pundi-pundi rupiah dari video musik milik mereka juga sudah tidak dapat anda nikmati lagi.


Lebih berisiko lagi jika anda mengupload video musik orang lain tanpa sepengetahuan mereka, ketika mereka mengklaim hak cipta ke youtube maka anda akan mendapatkan teguran dari pihak youtube selain itu juga sama halnya jika pemiliknya melaporkan tentang pelanggaran hak cipta kepada pihak berwajib.

Jadi berhati-hatilah sebagai seorang youtubers, kejadian seperti ini mungkin lebih sering dialami oleh youtubers pemula yang bersemangat agar channel youtube mereka cepat besar dan menghasilkan uang. Sekali lagi, sesama youtubers pemula kita perlu untuk saling mengingatkan untuk dapat sukses di dunia youtube tanpa masalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel