Contoh Proposal Penelitian Analisis Implementasi Kebijakan dan Perubahan Organisasi Pegawai

Bangsa Indonesia menghadapi masalah nasional khususnya terkait dengan sumber daya manusia yaitu rendahnya kualitas sumber daya manusia. Kuantitas sumber daya manusia Indonesia yang besar apabila dapat dimanfaatkan secara optimal, maksimal, efektif dan efisien bermanfaat untuk menopang pertumbuhan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Melimpahnya sumber daya manusia di Indonesiamembuat para akademisi di Indonesia perlu berpikir dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan dan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya manusia di Indonesia. 

Agar di masyarakat tersedia sumber daya manusia yang handal diperlukan pendidikan yang berkualitas, penyediaan berbagai fasilitas sosial, lapangan pekerjaan yang memadai.

Jumlah penduduk yang tinggi bisa menjadi keuntungan dan kelebihan di suatu negara. Pertumbuhan penduduk yangtinggi bisa menjadi sumber tenaga kerja yang besar dalam negara namun jika tidak dibarengi dengan penciptaan lapangan pekerjaan yang memadai maka yang terjadi adalah tingginyapengangguran, urbanisasi maupun struktur usia muda yang sangat tinggi (Junaidi dan Hardiani, 2009). 

Krusialnya faktor tenaga kerja inidalam menunjang pembangunan ekonomi suatu negara menyebabkan negara ASEAN perlu membenahi aspek ketenagakerjaan di negara mereka. Uniknya tiap-tiap negara ASEAN menghadapi permasalahan ketenagakerjaan yang berbeda-beda.

Persoalan yang dihadapiyaitu bagaimana dapat menciptakan sumber daya manusia yang dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi serta optimal agar tujuan suatu organisasi atau suatuinstitusi dapat tercapai. Produktivitas kerja merupakan tuntutan utama bagi organisasi agar kelangsungan hidup atau operasionalnya dapat terjamin. 

Produktivitas suatu organisasi dapat berdampak pada masyarakat secara langsung ataupun tidak langsung, serta berdampak pada konsumen atau pengguna dari layanan ataupun produk yang disediakan oleh suatu organisasi.

Indonesia sebagai salah satu anggota ASEAN juga menghadapi permasalahan ketenagakerjaan. Masalah ini berupa lonjakan jumlah penduduk. Hal ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia dalam peningkatan daya saing jika diimbangi dengan pemberian latihan, pendidikan dan keterampilan yang memadai. 

Contoh Proposal Penelitian Analisis Implementasi kebijakan dan Perubahan Organisasi Pegawai

Badan Pusat Statisk/BPS (2008) menyatakan permasalahan ketenagakerjaan Indonesia memiliki karakteristik tersendiri karena jumlah angkatan kerja yang besar dan cenderung terus meningkat menyebabkan komposisi penduduk usia produktif meningkat lebih cepat dari pada pertumbuhan penduduk secara keseluruhan. 

Ditambah dengan tidak mampunya menciptakan lapangan kerja menjadikan permasalahan ketenagakerjaan menjadi semakin kompleks.

Download Contoh Proposal Penelitian Analisis Implementasi kebijakan dan Perubahan Organisasi Pegawai ( Di Sini )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel