6 Tips Mengatasi Malas Menulis Postingan Blog Untuk Blogger

Tips Mengatasi Malas Menulis Postingan Blog Untuk Blogger  - Biasanya saya menulis tips mengatasi jenuh menulis ini untuk penulis buku pemula seperti saya. Namun kali ini saya lebih mengarah pada para blogger yang terkadang kehilangan semangat untuk menulis artikel unutk postingan di blog.

Banyak sekali teman-teman blogger yang merasa kehabisan ide menulis sehingga jarang membuat postingan di blog, padahal untuk dasar berkembangnya sebuah blog adalah seberapa sebanyak dan rutin kita membuat postingan blog. Apalagi bagi blogger yang berencana menjadikan blog sebagai ladang meraup keuntungan rupiah dari google adsense.

Baca : 5 Kesalahan Blogger Pemula yang Menyebabkan Blog Ditolak Google Adsense

Jenuh untuk menulis dapat terjadi ke semua orang-orang yang terbiasa menulis, baik blogger, penulis buku, artikel dan lain-lain. Sindrom malas menulis menurut saya adalah sebuah hal yang manusiawi sebab sebagai manusia kadang dilanda banyak masalah kehidupan yang mampu menganggu konsentrasi untuk menulis.

Sebagai seorang blogger atau orang yang aktif menulis di blog, saya juga sering mengalami hal ini, terkadang saya kehabisan ide untuk menulis, selain kadang jenuh atau malas menulis postingan blog karena mengalami banyak masalah pribadi. Oleh karena, saya akan membagikan tips-tips mengatasi malas menulis berdasarkan pengalaman saya selama menjadi blogger.

Tips Mengatasi Malas Menulis Postingan Blog Dengan Mudah


Pada dasarnya banyak faktor yang membuat kita menjadi malas untuk membuat postingan di blog seperti kehabisan ide menulis, kecapean dengan aktivitas lain atau sedang galau tentang suatu masalah. Padahal kita memiliki keinginan yang besar agar blog kita semakin baik. Apa lagi blog yang baru dibuat, perlu banyak postingan blog dan harus menulis setiap hari agar blog yang dikelola cepat terindeks google.

Baca : Cara Input Peta Situs Blog ke Webmaster Tools Untuk Indeks Google

Ada 5 tips yang akan yang bahas untuk mengatasi kemalasan kita sebagai blogger untuk membuat postingan blog

1. Jalan-Jalan


Mengatasi malas menulis yang paling sering saya lakukan yaitu jalan-jalan, terutama ketika kehabisan ide untuk membuat postingan blog. Dalam ilmu pariwisata menyebutkan bahwa rekreasi atau melakukan perjalanan keluar rumah merupakan kebutuhan dasar manusia untuk menyegarkan kembali pikiran dan raga selama menggeluti kesibukkan sehari-sehari.

Hal ini juga berlaku untuk mengatasi kehabisan ide menulis, lakukanlah perjalanan seperti ke tempat rekreasi atau ke suatu tempat yang anda senangi untuk menyegarkan pikiran anda. Ketika berada di luar rumah anda mampu memikirkan ide-ide baru untuk membuat postingan blog.

2. Menulis di Tempat Lain


Menulis di tempat lain yang saya maksudkan yaitu mencari tempat menulis dengan suasana baru. Misalnya ketika anda sering menulis postingan blog di rumah. Ketika jenuh atau malas menulis karena bingung, anda dapat mencari tempat lain untuk menulis, terutama tempat favorit anda.

Baca juga : Cara Membuat Postingan Blog Menggunakan Smartphone Dengan Mudah dan Kapan Saja

Saya sering menulis di kedai kopi jika mulai jenuh menulis di rumah, selain dapat mengatasi jenuh menulis, kita juga akan mendapatkan ide-ide baru untuk menulis. Ketika sedang ngopi terkadang di hampiri teman yang pas berada di tempat yang sama. Sambil ngobrol sebentar membahas sesuatu topik maka bisa saja dari pembicaraan tadi dapat melahirka topik untuk dijadikan bahan postingan blog.

3. Berkunjung ke Blog Lain


Selain berjalan-jalan dan menulis di luar rumah, untuk memperoleh ide menulis maka kita dapat berkunjung ke blog lain yang membahas topik yang sama dengan blog kita. Misalnya blog anda membahas tentang tumbuhan maka anda dapat berkunjung ke blog atau website yang juga memiliki topik tumbuhan. Nah, dari situ anda dapat melihat-lihat dan memperoleh ide baru untuk mulai membuat postingan blog.


Saya juga sering berkunjung ke banyak blog untuk mendapatkan ide menulis. Hal ini lebih mudah bagi saya karena blog saya membahas banyak topik. Jadi, dapat berkunjung ke blog-blog berdasarkan beberapa topik pembahasan blog saya.

4. Beribadah


Salah satu penyebab kita menjadi malas menulis yaitu pikiran kita yang sedang kacau akibat berbagai masalah yang dihadapi. Beribadah menurut ajaran dan kepercayaan kita masing-masing menjadi solusi untuk menenangkan pkiran. Sebagai muslim ketika saya menghadapi banyak masalah atau masalah yang berat, maka solusinya utamanya Shalat.

Ketika Shalat, pikiran hati menjadi tenang sehingga saya mempu berkonsentrasi untuk memikirkan apa yang akan saya tulis untuk update postingan terbaru di blog.

5. Cari Teman Tukar Pikiran Topik Tertentu


Misalnya blog anda membahas tentang komputer, ketika anda malas menulis karena banyak faktor penyebab seperti di atas maka dapat berkunjung atau bertemu dengan teman anda yang ahli komputer. Jadikan topik perbincangan yang membahas tentang komputer, dari situ anda pasti akan mendapatkan ide untuk kembali menulis di blog. Bukanya satu ide bahkan bisa banyak ide karena anda sedang berbicara dengan ahli.

6. Menulis Ulang Postingan Blog Lain


Menulis ulang postingan blog lain tidak sama dengan melakukan copy paste atau rewriter (menggunakan tools) tapi menulis menggunakan kata dan kalimat versi sendiri setelah membaca dan memahami postingan yang ada di blog lain. Tidak ada yang salah menulis ulang postingan blogger lain selama menggunakan bahasa kita sendiri.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa malas menulis di blog, tips-tips mengatasi rasa malas membuat postingan blog di atas merupakan solusi yang sering saya lakukan dan selama ini sangat berhasil. Maka anda juga dapat mencoba untuk mengatasi rasa malas menulis di blog.

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Mengatasi Malas Menulis Postingan Blog Untuk Blogger "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel