Cara Mengetahui Rangking Nilai Passing Grade Seleksi CPNS Sebelum Pengumuman Resmi

Cara Mengetahui Ranking Nilai Passing Grade Seleksi CPNS - proses seleksi CPNS tahun 2019 saat telah memasuki tahapan tes kompetisi dasar atau TKD dan masih sementara berlanjut karena jadwal masing-masing instansi pusat dan daerah berbeda-beda.

Peraturan seleksi CPNS tahun 2019 ini menggunakan sistem perengkingan bagi peserta yang telah lolos atau mencapai nilai passing grade. Sistem peringkingan dilakukan dengan cara jumlah kuota jabatan yang dibutuhkan di kali tiga, misalnya pada satu jabatan dibutuhkan 3 orang maka peluang yang akan lolos dan melanjutkan ke tahapan tes berikut atau SKB yaitu 9 orang, jika kuota 1 berarti 3 orang yang akan maju ke tahap TKB.

Cara Mengetahui Ranking Nilai Passing Grade Sebelum Pengumuman Resmi dari Panitia Seleksi Nasional (PANSELNAS) ini hanya dapat dilakukan pada tingkat daerah provinsi dan kabupaten/kota sebab jumlah pelamar dan formasi jabatan yang dipilih dapat kita ketahui dan terkumpul pada lokasi tes yang sama secara keseluruhan.

Sedangkan pada intansi pusat, kita akan sulit mengetahui posisi ranking yang lulus passing grade karena peserta seleksi CPNS terpisah atau berada di seluruh wilayah Indonesia. Jadi cara ini hanya berlaku bagi yang mengikuti seleksi CPNS di tingkat daerah.

Cara Mengetahui Ranking Nilai Passing Grade


1. Ketahui nama jumlah peserta yang satu jabatan

Anda harus mengetahui nama-nama dan jumlah pelamar yang mengambil formasi sama dengan anda terlebih dahulu sebagai data awal untuk mengetahui peringkingan nantinya.

Dengan mengetahui nama-nama tersebut akan sangat mempermudah kita untuk menganalisa peringkat masing-masing orang dalam jabatan tersebut yang lulus dalam passing grade.

2. Ketahui waktu tes 

Selanjutnya anda perlu menetahui waktu tes SKD pada para peserta yang sama pilihan jabatan dengan anda. Pada jadwal pelaksanaan tes SKD biasanya formasi jabatan yang sama akan berada dalam waktu yang sama meski berbeda sesi tes. Biasanya dalam satu sesi tes terdapat gabungan beberapa peserta dengan perbedaan jabatan yang dipilih.

3. Dapatkan hasil tes SKD 

Setelah selesai tes SKD jangan dulu berbegas pulang tapi foto hasil SKD yang akan ditempel pada papan pengumuman. Fotolah hasil pada sesi tes anda dan sesi yang terdapat para peserta yang sama jabatannya dengan anda.

Jika anda tidak sempat foto hasilnya saat itu, tunggu saja dari Badan Kepegawaian Daerah mempublikasikan hasil SKD pada situs website dan media sosial resmi mereka. Hasil tersebut dapat anda download sebagai bahan mengetahui perengkingan.

4. Mulai membuat perengkinan sendiri

Dengan hasil kelulusan tes SKD yang sudah anda miliki, silahkan lihat peringkat nilai tertinggi di sesi anda dan sesi lain yang terdapat peserta sejabatan dengan anda.

Lihat nilai tertinggi di atas anda, kemudian cari tahu apakah mereka termasuk peserta yang sejabatan dengan anda atau tidak. Pisahkan orang-orang yang berbeda jabatan tersebut dan urutkan nama-nama peserta yang sejabatan dengan anda sampai pada batas nilai anda.


Kini, anda sudah dapat mengetahui anda berada di peringkat atau ranking berapa di urutan nilai passing grade !

Baca juga : 7 Tips dan Trik Mencapai Nilai Passing Grade Tes SKD CPNS

Jadi sebelum pengumuman resmi dari Badan kepegawaian Negara, anda sudah dapat mengetahui apakah anda akan masuk ke tahapan tes SKB atau tidak berdasarkan jumlah kuota yang dibutuhkan pada jabatan anda.

Silahkan ducoba Cara Mengetahui Ranking Nilai Passing Grade Seleksi CPNS ini dan semoga bermanfaat.

Cara Menghitung Nilai SKD dan SKB Agar Berpeluang Lulus CPNS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel