Tips Lulus Passing Grade Tes SKD CPNS (Pengalaman Pribadi)

Tips Tes SKD CPNS - Pada bulan Februari tahun 2020 ini merupakan bulan memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Dasar atau tes SKD CPNS tahun anggaran 2019. Sebelumnya para peserta seleksi CPNS telah melewati tahap seleksi administrasi. Nah, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara lulus passing grade CPNS dengan cara mengatur waktu yang baik saat menjawab soal-soal SKD sehingga anda tidak kehabisan waktu.

Soal tes SKD berjumlah sebanyak 100 soal dengan lama waktu untuk mengerjakannya sebesar 90 menit. Artinya 1 soal hanya diberikan waktu menjawab selama 56 detik. Dengan waktu seperti itu maka kita perlu menerapkan trik dan strategi tertentu agar lebih efektif dan efisien sehingga nantinya berpeluang lulus. Ingat, ketika waktu menjawab telah habis maka komputer/laptop akan mati dengan sendirinya, bagaimana jika banyak soal yang belum terjawab !

Oleh karena itu, kita perlu membuat strategi atau trik agar mensiasati dalam menjawab soal-soal SKD yang akan dikerjakan.

Baca juga : Tips, Cara dan Trik Berpeluang Besar Lulus Tes CPNS 2019

Tips mengatur waktu dalam menjawab soal yang saya tulis ini telah saya buktikan sendiri karena tahun ini saya juga mengikuti seleksi CPNS dan telah selesai mengikuti tes SKD dengan nilai  TWK 80, TIU 120 dan TKP 138 dengan total 338 atau berhasil melewati ambang batas nilai atau passing grade karena nilai ambang batas untuk seleksi CPNS tahun 2019 yaitu TWK 65, TIU 80 dan TKP 126.

Tips Tes SKD CPNS agar Melewati Nilai Ambang Batas


Ada beberapa tips yang akan saya bagikan, cara ini telah berhasil saya terapkan dan semoga juga dapat berhasil bagi anda yang ingin mencobanya :

1. Fokus Belajar Satu Minggu


Mungkin ada sebagian orang akan belajar jauh hari sebelum memasuki tes SKD tapi bagi saya, hanya fokus belajar di satu minggu menjelang jadwal tes SKD.

Selama seminggu saya benar-benar fokus belajar, hanya di rumah tidak jalan kemana-mana kecuali ke Masjid dan ke kios. Aktifitas saya hanya makan, tidur dan belajar.

Melalui panitia pelaksana CPNS tingkat nasional juga telah memberikan kisi-kisi soal SKD melalui regulasi pemerintah dan itu cukup mudah bagi kita untuk mendapatkan gambaran materi pembelajaran.

Selain itu, jadwal pelaksanaan tes SKD juga berbeda-beda sehingga ada sebagian orang-orang yang membagikan kisi-kisi soal SKD yang baru saja dikerjakan melalui youtube. Nah dari situ kita dapat lebih fokus belajar lagi materi-materi yang lebih spesifik.

Selain menggunakan buku-buku, banyak sekali materi di youtube yang dapat kita nonton sebagai bahan pembelajaran seperti Pancasila, UUD 1945, Figural, Silogisme, Deret Angka, Cara Menghitung Cepat, Padanan kata, integras, nasionalisme dan masih banyak lagi.

2. Baca cepat dan pahami soal


Soal-soal untuk SKD tahun ini terbilang cukup panjang dan kita harus mampu membaca cepat sekaligus dapat langsung dipahami. Perbiasakan membaca soal panjang sebelum menghadapi tes SKD. Ingat waktu menjawab satu soal hanya 56 detik, jika anda membacanya berulang kali maka anda akan kehabisan waktu.

Ada trik untuk menjawab soal panjang yaitu jangan lagi membaca wacana soal dari awal hingga akhir tapi langsung baca pertanyaannya. Pahami apa kata kunci dari pertanyaan tersebut dan cari di dalam wacana yang ada, nah itulah jawabannya, tinggal disesuaikan dengan pilihan jawaban.

Trik menjawab soal bacaan juga dapat anda lihat di youtube yang banyak tersedia lengkap dengan pembahasannya.

3. Trik lewati soal sulit


Saya pasti akan melewati soal yang bagi saya sangat sulit sebab jangan membuang banyak waktu di soal tersebut, silahkan dilewati dan fokus pada soal-soal yang dapat dijawab dengan penuh percaya diri. Jika semua soal yang mampu anda jawab telah selesai, selanjutnya kerjakan soal-soal yang belum terjawab tadi.

4. Soal TKP menjadi solusi


Ada kategori soal yang tergabung dalam 100 nomor tersebut yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Semua soal jika benar menjawab kita mendapatkan 5 point atau nilai.

Khusus untuk soal TKP, jika salah menjawab juga akan mendapatkan nilai 4,3,2 atau 1. Sehingga untuk soal TKP harus dijawab semuanya karena kadang ketika kehabisan waktu soal TKP ada yang tidak terjawab.

Tips Lulus Passing Grade Tes SKD CPNS

Trik menjawab soal TKP yang saya lakukan adalah :

Ketika mulai mengerjakan soal, saya lebih dulu menjawab soal TWK hingga selesai kemudian saya lanjutkan ke soal TIU, ketika sudan menjawab setengah dari jumlah soal TIU saya loncat untuk menjawab soal TKP.

Pada soal TKP, saya menyelesaikan hampir selesai dan sisakan sekitar 15 nomor sebagai antisipasi jika waktu tidak mencukupi, ingat TKP semua jawaban diberi nilai sedangkan TWK dan TIU tidak.

Setelah menjawab sebagian besar soal TKP, saya kembali menyelesaikan sisa soal TIU, benar perkiraan saya bahwa waktu akan mepet sehingga sisa soal TKP akan lebih cepat diselesaikan dengan sedikit sekali waktu yang tersisa.

Itulah Tips Lulus Passing Grade Tes SKD CPNS yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi. Kata kunci dan yang harus dilakukan yaitu fokus belajar sebelum pelaksaan tes SKD CPNS. Semoga tahun ini kita lulus menjadi CPNS demi menggapai cita-cita dan banyak rencana yang akan dilakukan di masa akan datang, aminn.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel