Tidak Sedia WIFI, Ngobrol Dengan Teman atau Orang Di Samping Anda

Tidak Sedia WIFI, Ngobrol Dengan Teman atau Orang Di Samping Anda - Kalimat ini saya dapatkan pada salah satu postingan mantan dosen kuliah saya dulu di media sosial (facebook). Salah satu hal yang membuat saya sangat menikmati dan senang membaca kalimat ini karena saya sendiri selalu berusaha menjadi seperti maksud dari kalimat tersebut.

Tak bisa kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi juga sangat berpengaruh pada dinamika sosial saat ini. Dunia dimana teknologi mendominasi hubungan antara manusia dan lingkungan mereka. Sebagai negara berkembang, kita memang akan mengalami fase seperti ini atau saya sebut " kaget teknologi ". Masyarakat yang baru bersentuhan dengan teknologi, jaringan internet dan perangkat moderen pasti mengalami pergesaran komunikasi sosial di dunia nyata.

Orang-orang lebih asik menikmati dunia maya, berkomunikasi di media sosial, menikmati ragam informasi di internet dan tonton-tontonan. Apa lagi saat ini dapat dikatakan semua tempat berkumpul atau nongkrong sudah menyediakan WIFI secara gratis bagi pelanggan selama di tempat tersebut dapat mengakses internet.

Duduk nongkrong bersama-sama teman-teman di mana saja dan ngobrol tanpa harus memegang smartphone kecuali ada pesan masuk yang harus dibalas dan panggilan telepon yang harus dijawab. Mungin anda juga sering melakukannya atau melihat langsung sikap-sikap seperti ini saat berada di suatu tempat nongkrong seperti kedai kopi atau caffe.

Orang-orang duduk bersama di satu meja yang katanya nongkrong, padahal yang terjadi adalah masing-masing sibuk memainkan HP mereka dan diam dalam kerumunan kelompok tersebut. Apa lagi ketika ada sebagian orang yang sibuk bermain game.

Saya banyak mengalami hal seperti ini, duduk bersama teman-teman di kedai kopi dan mereka sibuk bermain HP padahal ada teman lain yang sedang berbicara. Bahkan kadang saya sendiri saat sedang ngobrol dengan teman tersebut dan dia sibuk bermain HP. Kejadian itu sangat membuat bosan, bahkan rasanya ingin menegur namun mulut tak mampu untuk mengucapkan sebab bukan lagi seorang anak kecil yang perlu diberi saran menurut saya.

Jadilah Penikmat Teknologi yang Cerdas dan Bijak


Pernah kita memikirkan perasaan orang yang sedang berbicara dengan kita sementara kita asik bermain HP tanpa menatap wajahnya ? kira-kira apa yang dia rasakan ?

Jawab saja sendiri ! 😂

Atau sebaliknya ketika anda sedang berbicara dan teman ngobrol anda hanya mengangguk sambil melihat HP bukan melihat wajah anda, apa yang anda rasakan ?

Jawab juga sendiri ! 😂

Jadilah pengguna teknologi yang cerdas serta bijak yaitu pastikan tujuan anda, jika tujuan bertemu dengan teman di tempat nongkrong untuk ngobrol yang silahkan ngobrol apa yang perlu dibicarakan, bukan asik bermain HP.

Apa bila tujuan anda pergi ke tempat nongkrong untuk bekerja atau mencari informasi-informasi di internet maka lakukan hal itu. Jangan tujuan untuk bertemu dan ngobrol dengan seorang teman tapi anda malah sibuk mengutak-atik HP.


Jika ada panggilan telepon dan teman sedang berbicara, maka katakan kepada dia permisi sebentar mau jawab panggilan telepon, begitu juga dengan membalas pesan dari orang lain ketika sedang berlangsung obrolan.

Anda bisa lihat di tempat-tempat nongkrong saat ini, hampir memberikan pemandangan yang sama. Sekelompok orang yang saling berhadapan di satu meja dan asik memainkan HP mereka. Diam dalam keramaian !

Mulailah cerdas saat ini juga serta bijak memanfaatkan teknologi dalam hubungan sosial sehingga kita menjadi manusia yang menikmati era moderen tanpa harus mencederai nilai-nilai sosial yang berlangsung sepanjang peradaban.

Belum ada Komentar untuk "Tidak Sedia WIFI, Ngobrol Dengan Teman atau Orang Di Samping Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel