Cara Mencetak Kertas Label Nama Untuk Keperluan Undangan

Dalam pembuatan suatu undangan untuk kebutuhan semua acara atau hajatan, biasanya nama-nama yang diundang mereka tulis dengan menggunakan cara manual yaitu menulis langsung pada undangan dan menggunakan kertas label nama dengan mencetak langsung nama para undangan melalui printer.

Jika menggunakan blangko undangan biasa, orang biasanya menulis secara manual. Akan tetapi jika menggunakan blanko undangan mewah maka sudah pasti menggunakan label nama dengan berbagai ukuran karena kertas label nama untuk undangan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Ukuran kertas label untuk undangan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kertas HVS pada umumnya. Jadi untuk mencetak nama pada label undangan, perlu dilakukan dengan cara mengukur terlebih dahulu kertas label tersebut untuk disesuaikan dengan ukuran kertas microsoft office word di laptop.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menulis daftar nama-nama undangan di MS word agar nantinya disalin ke ukuran kertas yang akan dibuat sehingga lebih mempercepat pekerjaan jika nanti dicetak pada kertas label.

Cara Mencetak Kertas Label Nama Untuk Keperluan Undangan


Langkah kedua yaitu mengukur panjang dan lebar kertas label secara keseluruhan untuk mengetahui ukuran kertas label nama tersebut dan mengukur ukuran isi label berwarna putih. Tulis ukuran sebuah kertas agar tidak lupa nantinya.

Langkah ketiga yaitu membuat ukuran kertas di MS word sesuai dengan ukuran label nama yang telah diukur.

Untuk menentukan ukuran kertas di MS word telah saya tulis pada postingan sebelumnya, silahkan Baca : Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Serta Satuanya

Langkah keempat membuat ukuran label yang berwarna putih di MS word dengan cara :

Buka ukuran kertas MS word yang telah dibuat. Masuk ke menu insert, Shapes dan pilih Rectangle


Kemudian masukkan Rectangle ke word dan sesuaikan ukurannya sama dengan ukuran label yang telah anda ukur sebelumnya dengan cara klik kanan dan tentukan ukurannya.


Buat sesuai jumlah label yang ada pada kertas label tersebut, untuk memperbanyak anda cukup copy dan paste satu ukuran yang telah anda setting. Atur posisi label agar sesuai dengan kertas label.

Langkah kelima yaitu tulis nama-nama undangan pada kolom label yang telah dibuat. Tak perlu repot lagi menulis karena sejak awal tadi anda sudah menulis daftar nama-nama undangan. Copy dan salin nama-nama tersebut pada kolom label satu per satu di MS word.


Perhatikan semua ukuran kertas label dan isi label serta nama-nama dengan baik dan benar sebelum mencetak. Setelah semua sudah sesuai maka kertas label siap dicetak dan ditempel pada kertas undangan yang tersedia.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencetak Kertas Label Nama Untuk Keperluan Undangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel