Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Serta Satuanya

Pada saat bekerja dengan menggunakan microsoft word, sudah tersedia ukuran masing-masing kertas seperti letter, legal, A4, A5 dan lainnya. Namun terkadang saat menggunakan kertas dengan ukuran tertentu tidak tersedia pada ukuran yang ada di MS word tersebut sehingga kita perlu mengatur sendiri ukuran sesuai dengan kertas yang akan kita gunakan sebagai hasil akhir pekerjaan yaitu print out menggunakan mesin printer.

Pada tulisan ini saya membahas bagaimana caranya membuat ukuran kertas sendiri dan mengatur satuan ukuran kertas. Kadang kita sering bingung ketika satuan bawaan MS word adalah cm (centimeter) dan kertas yang akan digunakan satuannya mm (milimeter). Oleh karena itu kita dapat perlu menentukan satuan ukuran kertas agar mudah dan tepat menentukan nilai yang digunakan.

Contoh kasus misalnya saya pernah mencetak label nama para undangan untuk ditempel pada kertas undangan. Dengan ukuran kertas label yang begitu kecil dan menggunakan satuan mm (milimeter) maka saya harus merubah satuan ukuran kertas menjadi mm agar ukuran kertasnya sesuai saat di cetak.

Baik, langsung saja pertama kita mengatur ukuran kertas terlebih dahulu setelah itu kita akan mengatur satuan ukuran kertas.

Cara Menentukan Ukuran Kertas di MS Word


Buka microsoft word, pilih menu Page Layout lalu Size 

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Serta Satuanya

Silahkan pilih ukuran kertas sesuai dengan kertas yang anda gunakan nanti, misalnya letter, legal, A4, A5 dan seterusnya.

Cara Membuat Ukuran Kertas Sendiri di MS Word


Untuk membuat ukuran kertas sendiri di MS word, silahkan pilih More Piper Sizes di bagian paling bawah.


Kemudian input nilai ukuran yang diinginkan, width adalah lebar ukuran height adalah tinggi ukuran kertas. Terakhir simpan pengaturan dengan mengklik OK


Anda telah berhasil memilih dan membuat sendiri ukuran kertas untuk bekerja di MS word. Selanjut kita masuk pada cara mengatur satuan ukuran kertas.

Cara Mengatur Satuan Ukuran Kertas di MS Word


Buka aplikasi MS Word, klik office button di bagian kiri atas lalu masuk ke word option 


Kemudian pilih advanced, display dan tentukan satuan ukuran kertas. Terdapat pilihan inces, centimeters, milimeters, points dan picas. Pilih sesuai dengan yang diperlukan.


Klik Ok untuk menyimpan pengaturan yang sudah dibuat.

Baca juga : Cara Merubah Semua Kata yang Salah Secara Cepat di Microsoft Word

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk membantu pekerjaan anda menggunakan MS Word.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Serta Satuanya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel