Memulai Usaha Abon Ikan Tuna Dari Produksi Rumahan

Memulai Usaha Abon Ikan Tuna Dari Produksi Rumahan - Pada tulisan saya sebelumnya juga telah membahas tentang tips memulai usaha abon ikan lokal yang berpeluang meraih keuntungan dan Alhamdulilla saya juga telah memulai usaha abon ikan tuna dan ini merupakan produksi abon ikan tuna perdana dengan skala usaha rumahan.

Saya sudah banyak berdiskusi dengan teman-teman tentang konsep-konsep usaha bersama mahasiswa dan pengusaha-pengusaha yang telah sukses. Namun, tantangan terbesar dalam usaha yaitu memulainya. Bagi saya, terlalu banyak membahas tentang konsep usaha atau bisnis juga tidak perlu dilakukan tapi yang terbaik adalah merencanakan dan langsung dimulai.

Usaha abon ikan tuna ini saya jalankan bersama seorang teman saya. Sebelum memulai bisnis abon tuna ini, kami sering berdiskusi tentang apa saja yang perlu disiapkan mulai dari bahan, tenaga kerja dan modal awal untuk mulai produksi. Pada tulisan ini saya akan berbagi pengalaman tentang bisnis abon ikan khususnya tuna tapi anda juga dapat menjadikan bahan abon dengan ikan yang lain.

Modal memulai bisnis abon ikan


Modal awal untuk memulai bisnis abon ikan tuna ini berasal dari kami berdua dengan perhitungan setengah-setengah. Jumlah total modal usaha abon ikan diperoleh dari hasil analisis harga ikan tuna di pasaran, kemasan, biaya cetak gambar untuk kemasan dan bahan-bahan lainya (rempah) serta biaya transportasi.

Tenaga kerja


Kami berdua tidak bisa memasak abon ikan jadi kami membutuhkan satu tenaga kerja untuk membuat abon ikan tuna tersebut dan dibayar dengan harga yang telah disepakati bersama. Proses pembuatan abon ikan dilakukan di rumah sehingga disebut usaha rumahan.

Jadi bagi anda yang tidak dapat memasak abon ikan tapi ingin membuka usaha abon karena memiliki peluang untung besar di tempat tingal anda, jangan khawatir sebab anda dapat menggunakan jasa orang lain untuk memasak abon tersebut.

Bekerja sama dengan orang yang benar-benar pintar memasak abon ikan agar rasanya enak sebab bisnis abon ikan ini tentang rasa yang mampu mendapatkan banyak pelanggan.

Desain gambar kemasan


Jika anda dapat mendesain sendiri gambar kemasan abon, itu lebih baik karena kita dapat membuatnya sesuai keinginan kita dan membuat konsepnya lebih detail. Namun, anda juga dapat meminta bantuan teman yang dapat mendesainya agar mengurangi biaya untuk menggunakan jasa desain gambar produk.


Saya sendiri yang mendesain gambar kemasan abon ikan kami dengan bantuan konsep desain dari teman saya yang bersama menjalankan bisnis abon ikan.

Pemasaran abon ikan


Untuk pemasaran produk abon ikan, kami memasukkan ke toko-toko di derah tempat tinggal kami yang ramai pengunjung setiap hari. Apa bila anda memiliki toko atau warung jualan sendiri maka akan lebih baik lagi. Produk hasil jualan di toko akan diberikan sebagian kecil kepada pemilik toko sesuai kesepakatan, misalnya harga abon ikan seharga 50 ribu maka pemilik toko dapat dibayar 5 ribu untuk satu kemasan yang dibeli pengunjung.

Baca juga :

12 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dan Menyenangkan

7 Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Makanan dan Pintar Masak

Semoga tulisan usaha abon ikan ini dapat menjadi informasi serta motivasi usaha untuk anda dan mampu membaca peluang usaha yang ada di daerah tempat tinggal anda.

Semoga usaha abon ikan tuna produksi perdana ini dapat laris di pasaran dan mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang sebab tantang terbesar dalam dunia usaha yaitu mampu menjalankan usaha atau bisnis dalam jangka waktu lama dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel