7 Tips Memulai Usaha Abon Ikan Lokal yang Berpeluang Meraih Keuntungan

Tips Memulai Usaha Abon Ikan Lokal yang Berpeluang Meraih Keuntungan - Peluang usaha pada dasarnya sangat banyak untuk kita lihat namun kadang orang sulit membaca peluang-peluang yang ada untuk memulai suatu usaha bisnis di tempat atau daerah mereka tinggal. Pada tulisan kali ini saya akan memberikan tips cara memulai usaha abon ikan lokal artinya ikan yang banyak terdapat di tempat tinggal anda agar dijadikan usaha yang dapat menghasilkan uang.

Baca juga : 12 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dan Menyenangkan

Banyak sekali usaha abon dengan bahan dasar ikan yang dikembangan di berbagai daerah, jika anda melihat di internet atau youtube. Usaha abon ikan banyak dikembangan dalam bentuk industri rumahan (home industri) oleh para ibu-ibu. Jadi selain memulai usaha, kita juga membuka lapangan perkejaan bagi orang lain demi membantu kebutuhan ekonomi mereka.

Usaha abon ikan menurut saya tidak terlalu sulit karena disamping bahan baku ikan yang mudah didapatkan, abon ikan juga termasuk dalam konsumsi manusia yang tak pernah habis. Baik dikonsumsi oleh masyarakat lokal maupun dijadikan sebagai ole-oleh bagi orang-orang yang berkunjung ke tempat anda.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Makanan dan Pintar Masak

Jadi bagi anda yang memiliki potensi untuk memulai usaha abon ikan ini, dapat memulainya sekarang dengan tips-tips di bawah ini.

Tips Memulai Usaha Abon Ikan


Banyak sekali motivasi-motivasi usaha atau bisnis yang telah disampaikan melalui seminar-seminar kewirausahaan atau anda dapat membaca di website bertema usaha dan youtube yang juga banyak beredar video-video dari para pengusaha sukses agar selalu meningkatkan semangat anda untuk memulai dan membangun usaha.

Ikan lokal


Perhatikan ikan lokal yang banyak ditemukan di daerah anda, misalnya ikan Tuna, ikan Tongkol dan lain-lain. Ikan lokal dapat menjadi bahan baku yang mudah didapatkan ketika produk abon yang dibuat laku di pasaran dan mengalami peningkatan produksi.

Rekan usaha


Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh orang yang akan memulai usaha yaitu modal. Jika anda mengalami kekurangan modal, dapat mencari teman atau orang terdekat anda untuk bersama-sama memulai usaha dengan modal bersama.

Peracik rasa abon ikan yang handal


Jangan khawatir jika anda tidak bisa memasak abon ikan atau masakan anda tidak enak. Carilah orang yang dapat memasak abon ikan dan masakannya itu dijamin enak dilidah sebab hal ini akan berpengaruh ketika di tempat anda juga terdapat orang lain yang sudah membuat usaha abon ikan.

Bangun kerja sama dengan orang yang memasak abon dengan harga sekali masak yang disepakati bersama atau membangun usaha bersama langsung dengan si peracik dengan perjanjian bagi hasil keuntungan yang sama-sama disepakati.

Jika orang yang akan membuat abon tidak berkeinginan untuk membangun usaha bersama, jasa memasaknya dapat dibayar dengan sekali masak atau sesuai dengan jumlah bahan baku ikan yang telah ditentukan. Jadi semua bahan dan alat kita sediakan dan orang tersebut hanya memasaknya hingga menjadi abon ikan.

Kemasan yang menarik


Agar mendapatkan kemasan abon ikan yang menarik, anda dapat melihat banyak contoh desain gambar label abon ikan di internet sebagai gambaran konsep label usaha abon anda. Jika anda dapat mendesainya sendiri menggunakan aplikasi seperti photoshop, akan lebih baik lagi.

Anda juga dapat menggunakan jasa desainer gambar produk dengan konsep yang telah anda buat sambil mendampingi desainer saat membuat gambar label abon.

Tips Memulai Usaha Abon Ikan Lokal yang Berpeluang Meraih Keuntungan


Tentukan berapa berat bersih abon ikan yang akan dipasarkan, misalnya 100 gram, 150 gram atau berat bersih yang anda inginkan sehingga kemasan ikan abon juga dapat disesuaikan.

Anda dapat menggunakan kemasan Standing Pouch yang banyak dijual dengan berbagai macam ukuran. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan berat bersih yang telah ditentukan.

Gambar label yang telah jadi kemudian dicetak pada kertas label sesuai ukuran kemasan lalu digunting satu persatu agar ditempel pada kemasan abon ikan. Buatlah gambar label yang menarik sehingga mampu membuat calon pembeli tertarik untuk melihat abon ikan hasil produksi anda.

Pemasaran abon ikan


Abon ikan yang telah jadi kemudian siap untuk dipasarkan. Apabila anda telah mempunyai tempat atau lapak jualan akan lebih mudah dan terpusat tempat pemasarannya. Namun, jika belum memiliki tempat sendiri maka dapat dititipkan ke warung-warung makan dan sembako termasuk swalayan yang mau menerima titipan produk.

Hasil penjualan abon ikan akan dibagi sekian persen (%) kepada pemilik tempat penjualan tadi dan itu hal biasa dalam dunia usaha.

Izin Dinas Kesehatan Daerah


Jika abon ikan yang anda jual laku di pasaran lokal dan ingin diperluas wilayah pemasaran hingga ke luar daerah, maka perlu mengurus izin kesehatan dari Dinas Kesehatan daerah anda. Salah satu kelayakan mendapatkan izin yaitu petugas akan melakukan pengecekan pada tempat produksi abon ikan untuk memastikan kebersihan dan kelayakan bahan-bahan serta alat yang digunakan.

Selalu berinovasi


Naik turun keuntungan dalam dunia usaha merupakan situasi yang biasa terjadi. Oleh karena itu kita harus mampu bersaing dengan pengusaha lain dengan selalu berinovasi mengembangkan produk usaha abon ikan kita, mulai dari ukuran, harga dan rasa serta kemasan.

Itu saja Tips Memulai Usaha Abon Ikan Lokal yang Berpeluang Meraih Keuntungan yang dapat saya bagikan pada tulisan ini. Jika anda berkeinginan untuk memulai usaha abon ikan, maka mulailah dari sekarang dan jangan menunggu.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Memulai Usaha Abon Ikan Lokal yang Berpeluang Meraih Keuntungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel