8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi yang Rutin Beraktivitas Setiap Hari

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting diantara organ tubuh yang lain. Ketika mata kita bermasalah maka secara otomatis dapat mengganggu segala aktivitas yang rutin kita lakukan setiap hari. Untuk itu mata perlu dirawat dan dijaga dengan baik sebab ketika mata kita sakit apa lagi mengalami gangguan yang cukup parah maka menghambat pekerjaan yang dikerjakan.

Ada istilah mata adalah jendela dunia yang mengartikan bahwa untuk melihat dunia dengan baik maka kita memerlukan mata yang sehat. Semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari membutuhkan penglihatan yang baik maka begitu pentingnya panca indera tubuh yang satu ini. Misalnya seseorang yang setiap hari bekerja di depan komputer, tukang jahit, tukang ojek, membaca, sopir dan lain-lain.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi yang Rutin Beraktivitas


Berikut ini adalah 8 cara menjaga kesehatan mata yang perlu kita lakukan agar mata kita tetap sehat dan lancar menjalani pekerjaan atau aktivitas kita sehari-hari :

1. Lakukan pemerikasaan rutin ke dokter mata


Pemeriksaan ke dokter mata dilakukan bukan saja bagi orang-orang yang telah mengalami gangguan mata tetapi mata yang sehat juga perlu dilakukan pemeriksaan yang rutin, semua pasti tahu mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Berlangganan dengan dokter mata dan lakukan pemeriksaan rutin, terkait waktu dapat ditentukan sendiri misalnya setiap sebulan sekali atau kurang dari itu. Apa lagi bagi anda yang sudah mengalami gangguan ksehatan mata, perlu dilakukan pemeriksaan secara intensif agar dapat menyembuhkan atau menjaga mata anda tidak semakin terganggu kesehatannya.

2. Mengatur waktu tidur yang cukup


Agar mata kita tetap sehat dan jauh dari masalah kesehatan, kita perlu mengatur waktu tidur kita dengan baik. Waktu tidur berbeda dengan waktu istirahat sebab orang yang beristirahat belum tentu sedang tidur 😃

Waktu tidur yang baik untuk kesehatan mata yaitu 8-10 jam setiap hari. Ketika kekurangan tidur, mata kita akan terasa sakit dan sulit berkonsentarasi dalam melakukan aktivitas selain itu kita juga merasa ngantuk karena kurang tidur. Mungkin anda juga pernah mengalaminya, mata yang sakit karena kurang tidur. Jadi, aturlah waktu tidur anda dengan baik agar mata tetap sehat sebab jika tidak kita keseringan tidak tidur yang cukup lama kelamaan mata kita dapat mengalami gangguan kesehatan.

3. Konsumsi makan yang sehat untuk mata


Makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan laut yang mengandung lemak omega 3 untuk kesehatan mata, jagung, telur dan kacang-kacangan misalnya kacang merah.

4. Menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas


Kacamata bukan saja bagi orang yang mengalami masalah penglihatan tetapi saat juga sudah banyak tersedia kacamata untuk melindungi mata khusus dari sinar Ultra Violet (UV) yang berasal dari matahari.

Saat mengendarai motor kita dapat menggunakan kacamata pelindung mata agar terhindar dari sinar UV dan juga banyak debu serta polusi yang bertebaran di jalan raya dan menggunakan kacamata pelindung saat bekerja di depan komputer setiap hari.

Bagi yang memiliki rutinitas di depan komputer berjam-jam, selain menggunakan kacamata pelindung, anda juga dapat mengurangi cahaya di layar laptop agar tidak membuat mata sakit.

Baca : Cara Mengatur Kecerahan Cahaya Layar Laptop Windows 10 Agar Mata Tidak Perih

5. Olahraga yang cukup


Olahraga merupakan prinsip dasar untuk menjaga kesehatan tubuh dan mata. Dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan kadar oksigen pada mata kita.

6. Ketahui riwayat penyakit mata keluarga


Kita juga perlu mengetahui riwayat kesehatan keluarga terkait mata. Ada beberapa jenis penyakit mata yang dapat diwariskan dari gen. Dengan begitu kita dapat menjelaskan riwayat tersebut ke dokter saat berkonsultasi dan dokter akan lebih mengetahui tips-tips apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit mata yang kemungkinan besar akan dialami.

7. Menjaga kebersihan softlens


Bagi anda yang menggunakan softlens, jagalah kebersihan dengan baik softlens yang anda gunakan agar tidak terjadi infeksi mata. Ikuti petunjuk penggunaan dari dokter dengan baik. Softlens banyak digunakan baik untuk gaya atau bagi orang-orang yang mengalami rabun pada mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

8. Mengatur waktu penggunaan komputer/laptop


Menatap terlalu lama layar laptop/komputer juga tidak baik untuk kesehatan mata. Kita perlu mengatur lama waktu kita bekerja di depan layar komputer sebab duduk berjam-jam di menatap layar komputer juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Anda juga dapat melakukan tips menjaga kesehatan mata ketika berlama-lama bekerja di depan laptop seperti berjalan-jalan keluar ruangan beberapa menit dan memandang sesuatu yang paling jauh untuk menyegarkan mata anda.

Saya sering melakukan hal ini saat sibuk bekerja di depan laptop. selain mengurangi cahaya di layar laptop, saya juga sering keluar ruangan dan berjalanan beberapa menit sambil melihat pemandangan sekitar lalu memandang suatu objek yang paling jauh untuk membuat mata kembali segar.

Demikian cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dalam menjalani aktivitas keseharian kita, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik demi mata yang sehat.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi yang Rutin Beraktivitas Setiap Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel