Cara Mendownload Data di Website Resmi Badan Pusat Statistik (BPS)

Cara Mendownload Data di Website Badan Pusat Statistik - Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan sebuah lembaga pemerintah dan non kementerian yang pertanggungjawabannya langsung kepada presiden RI. BPS merupakan lembaga negara yang menyediakan semua data-data terkait perkembangan bangsa dan negara sebab tujuan lembaga ini adalah menyediakan data-data yang berkualitas untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Data-data yang dimiliki oleh BPS juga dapat kita miliki dengan mudah karena dapat didownload langsung pada website Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Data BPS merupakan data yang digunakan untuk kebutuhan bangsa dan negara sehingga bagi warga negara Indonesia yang ingin mendapatkan data-data penting, dapat langsung mencari dan mendownloadnya di website BPS.

Berdasarkan pengalaman saya hingga saat ini, masih banyak orang-orang sering kebingungan mencari-mencari data yang mereka butuhkan untuk diketahui atau digunakan sebagai sumber yang ilmiah dan valid. Padahal sudah tersedia situs BPS yang dengan mudah menyediakan banyak data untuk kita dapatkan. Jadi bagi anda masih bingung di mana mendapatkan data-data misalnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, jumlah penduduk dan lain-lain cukup dengan mendownloadnya di website BPS.

Cara download data statistik di Website resmi BPS


Langkah pertama yang harus dilakukan dan dibutuhkan yaitu untuk dapat mendownload data statistik yaitu kita harus terhubung dengan jaringan internet.

Kunjungi website resmi Badan Pusat Statistik 

Pilih menu publikasi lalu pilih tahun untuk menentukan data tahun berapa yang ingin anda download kemudian tulis kata kunci atau data apa yang anda inginkan kemudian tampilkan untuk menampilkan data sesuai dengan kata kunci anda tulis.

Cara Mendownload Data di Website Resmi Badan Pusat Statistik (BPS)

Setelah data-data ditampilkan, pilih data mana yang ingin anda download dengan mengklik data tersebut. Data akan tampil dan tersedia menu download di bawah. Untuk mendownload klik unduh publikasi lalu data akan terdownload secara otomatis.


Kini anda telah berhasil mendownload data yang diinginkan pada website Badan Pusat Statistik. Data tersebut dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan, analisi atau data sekunder untuk bahan penelitian.

Baca juga : 5 Tips Menjadi Mitra Statistik Agar Profesional Dalam Bekerja

Perbiasakan mendownload data di website BPS sebab di sinilah kita dapat memperoleh data yang akurat serta legal karena BPS merupakan lembaga negara yang khusus bekerja untuk penelitian dan mendapatkan data-data di Indonesia.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel