5 Tips Menjadi Mitra Statistik Agar Profesional Dalam Bekerja

Tips Menjadi Mitra Statistik Agar Profesional Dalam Bekerja - Badan pusat statistik atau disingkat BPS merupakan salah satu lembaga non kementerian dari 27 lembaga non kementerian yang ada di Indonesia dan BPS bertanggungjawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Badan Pusat Statistik tersebar di seluruh Indonesia mulai dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota.

Dalam melaksanakan kerja-kerjanya BPS juga melakukan perekrutan mitra kerja untuk membantu melaksanakan program kerja di lapangan. Menjadi mitra statistik sangat membantu bagi orang-orang yang belum memiliki pekerjaan tetap dalam memperoleh penghasilan tambahan.

Dari hasil evaluasi terhadap mitra-mitra statistik yang bekerja secara baik di lapangan dapat berpeluang orang tersebut menjadi mitra pada banyak kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BPS dari hasil kinerja sehingga sebagai mitra statistik perlu menjungjung tinggi profesionalitas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai mitra di lapangan.

Selain memperoleh penghasilan atau honor menjadi mitra statistik, kita juga mendapatkan pengalaman yang sangat baik dari segi pengetahuan, cara berkoordinasi bersama masyarakat dan mendapatkan banyak teman baru yang saling mengenal ketika sedang mengikuti pelatihan dan bersama-sama di lapangan.

Saya sendiri sudah beberapa kali menjadi mitra statistik yang bekerja di lapangan untuk pendataan dari pengalaman tersebut sehingga saya menulis tentang tips-tips agar menjadi mitra yang profesional bekerja bersama BPS.

Tips Menjadi Mitra Statistik


Menjunjung tinggi profesionalitas kerja berlaku untuk bidang pekerjaan apapun, ketika kita mampu bekerja dengan baik dan benar maka rejeki akan selalu ada sebab kita akan mendapatkan penilaian positif dan berpeluang dilibatkan sebagai mitra pada kegiatan yang lain. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan berdasarkan pengalaman ketika menjadi mitra statistik :

1. Serius saat pelatihan


Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BPS selalu dilakukan pelatihan terhadap mitra-mitra yang akan bekerja di lapangan. Seriuslah ketika sedang pelatihan sebab semua materi-materi yang diberikan tersebut akan diterapkan saat bekerja di tingkat lapangan.

Serius saat pelatihan yaitu memperhatikan penjelasan dan arahan yang disampaiakan oleh pemateri di kelas dengan baik dan bertanya ketika ada yang belum dipahami agar kita benar-benar memahami konsep yang dijelaskan.

2. Belajar lagi di rumah


Pelatihan dilaksanakan dari pagi hingga sore dalam memahami konsep-konsep secara detail tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. Ketika pulang ke rumah, luangkan waktu beberapa menit untuk membaca kembali buku-buku panduan yang telah diberikan saat pelatihan sehingga apa yang telah kita pahami saat dikelas tadi tidak mudah lupa dan semakin paham lagi.

3. Konsultasi secara intens dengan pengawas di lapangan


Setiap orang yang menjadi mitra statistik memiliki pengawas yang akan mengawasi kerja-kerja mitra di lapangan. Pengawas berfungsi untuk memantau dan mengarahkan pekerjaan kita bila kita mengalami kendala atau masalah dilapangan, baik masalah teknis maupun masalah administrasi.

Pengawas lebih memahami tentang kegiatan tersebut sebab mereka sudah berulang kali melakukan kegiatan-kegiatan dan pengawas juga merupakan pegawai negeri sipil statistik. Apapun masalah yang kita hadapi dilapangan harus disampaikan kepada pengawas agar diarahkan dengan baik demi kelancaran pekerjaan kita.

Apa lagi jika kita menjadi mitra pada kegiatan BPS yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, maka kita membutuhkan banyak penjelasan dan pembelajar dari pengawas di lapangan.

4. Evaluasi pekerjaan ketika masih di lapangan


Pekerjaan mitra statistik di tingkat lapangan biasanya selama lebih dari satu hari. Nah, selama waktu berlangsungsungnya pekerjaan di lapangan, seringlah melakukan evaluasi sebelum istirahat di malam hari. Evaluasi pekerjaan dapat bersama sesama mitra atau langsung bersama pengawas.

Tips Menjadi Mitra Statistik Agar Profesional Dalam Bekerja

Evaluasi ini bertujuan agar kita mengatahui apa saja kekurangan-kekurangan yang terjadi dan segera memperbaikinya sampai selesainya pekerjaan di lapangan. Selain itu, hasil pekerjaan kita dapat langsung diperlihatkan kepada pengawas untuk diperiksa, apabila ada keselahan maka segera diperbaiki sebelum kita kembali dari lapangan. Apalagi bagi mitra yang lokasi pekerjaannya sangat jauh, maka perbaikilah apa-apa yang perlu diperbaiki selagi masih di lokasi kerja.

5. Segera bersihkan hasil pekerjaan begitu kembali ke rumah


Kegiatan pembersihan hasil pekerjaan ini dilakukan sebelum hasil pekerjaan diserahkan ke pengawas atau langsung ke kantor statistik. Pembersihan pekerjaan ini dimaksudkan untuk merapikan tulisan-tulisan yang acak ketika di lapangan sebab biasanya ketika dilapangan terkadang ada tulisan-tulisan yang tidak rapi serta kesalahan-kesalahn penulisan lainnya.

Setelah diperbaiki dengan baik, berikan ke pengawas agar diperiksa kembali demi menghindari kesalahan-kesalah lain yang tidak kita ketahui.

Setelah selesai diperiksa oleh pengawas dan dipastikan sudah benar semua hasil pekerjaan kita barulah dimasukkan ke kantor secara langsung atau diberikan ke pengawas agar nanti dimasukkan oleh pengawas sendiri ke kantor statistik.

Jika kita mampu menjadi mitra statistik yang mampu bekerja secara profesional maka berpeluang kita akan direkrut kembali pada kegiatan-kegiatan berikutnya pada kantor statistik. Semoga bermanfaat tips menjadi mitra statistik yang baik dan profesional dalam bekerja yang saya bagikan ini.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Menjadi Mitra Statistik Agar Profesional Dalam Bekerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel