Cara Setting Hemat Baterai Laptop Windows 10 Agar Maksimal Penggunaannya

Cara Setting Hemat Baterai Laptop Windows 10 - Perbedaan paling mendasar antara laptop dan komputer sudah pasti anda ketahui yaitu laptop dapat dibawa kemana saja sedangkan komputer tidak atau tetap berada di rumah ketika kita bepergian. Laptop menjadi perangkat kerja yang dapat dibawa kemana saja dengan mudah, seperti mahasiswa, siswa pekerja kantoran yang bekerja di mana saja mereka suka.

Baterai laptop menyimpan energi sehingga kita dapat menggunakannya di luar rumah atau di alam terbuka. Namun baterai laptop juga memiliki kemampuan menyimpan daya yang jika habis maka laptop akan mati dan kita tidak lagi dapat menggunakannya jika disekitar kita tidak memiliki colokan untuk menambah daya ke baterai laptop.

Prinsip kerja baterai laptop secara umum yaitu menampung atau menyimpan daya kemudian mengeluarkannya ketika kita menghidupkan laptop. Nah, agar baterai tersebut dapat bertahan lama saat digunakan maka perlu mengatur pemakaian daya yang tersimpan pada baterai seminimal mungkin.

Untuk itu perlu dilakukan pengaturan pada sistem baterai agar mampu bekerja maksimal, apa lagi saat kita tidak berada dekat dengan sumber listrik untuk cas kembali laptop.

Baca juga : 3 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak 

Pada sistem baterai laptop windows 10, secara otomatis telah mengatur hebat baterai 20% namun kita masih dapat mengaturnya agar lebih hemat lagi.

Cara Mengatur Hemat Baterai Laptop Windows 10


Setting Hemat Baterai


Klik simbol baterai di bagian kanan bawah laptop dan masuk ke menu battery setting.


Kemudian akan tampil menu battery setting berikut :


Silahkan centang turn battery saver on automatically if my battery falls below dan geser hingga 5% kemudian aktifkan (on) Battery saver status until next charge. 5% artinya pemakaian daya yang akan bertahan sampai pada angka tersebut.


Sekarang anda bisa lihat icon baterai anda sudah menjadi hemat daya.

Kurang Cahaya Layar Laptop


Agar hemat baterai semakin efektif maka kita perlu juga mengurangi pemakain baterai yang berlebihan pada laptop seperti cahaya layar yang terlalu terang juga memakai cukup banyak sumber energi baterai. Jadi kurangi cahaya layar laptop anda.

Baca : Cara Mengatur Kecerahan Cahaya Layar Laptop Windows 10 Agar Mata Tidak Perih

Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan


Kita kadang membuka aplikasi untuk digunakan, namun kita sering lupa untuk menutupnya setelah selesai dipakai dan malah membuka lagi aplikasi yang lain. Banyak aplikasi laptop yang dibuka juga cukup menguras energi baterai laptop. Jadi silahkan close aplikasi yang tidak terpakai.

Demikian Cara Setting Hemat Baterai Laptop Windows 10 Agar Maksimal Penggunaannya saat menggunakan laptop yang jauh dari sumber listrik. Semakin hemat baterai laptop semakin baik agar anda dapat menyelesaikan pekerjaan hingga selesai. Akan sulit ketika laptop anda kehabisan baterai saat pekerjaan belum selesai.

Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Hemat Baterai Laptop Windows 10 Agar Maksimal Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel