7 Cara Mengatasi Kebiasaan Lupa di Pikiran Manusia yang Sering Terjadi

Cara Mengatasi Kebiasaan Lupa di Pikiran Manusia yang Sering Terjadi - Lupa atau tidak mengingat sesuatu menurut saya merupakan sesuatu yang wajar terjadi dalam kehidupan manusia. Namun, sering lupa yang sudah menjadi kebiasaan merupakan sesuatu perlu diatasi agar tidak mempersulit diri kita sendiri di kehidupan sehari-hari.

Misalnya lupa menaruh sesuatu di mana, lupa akan mengerjakan suatu pekerjaan, lupa hadiri undangan penting dan lain-lain. Kadang kita sering mengalami hal lucu terkait kebiasaan lupa ini, misalnya kita mencari suatu benda yang sudah kita pegang πŸ˜„.

Saya pernah mengalami hal lupa yang lucu seperti itu, ketika duduk bersama seorang teman, saya mencari korek api yang dari tadi sudah saya pegangπŸ˜…. Anda juga mungkin pernah mengalami hal lucu pada seseorang yang sering lupa, seperti mencari kaca mata yang sebenarnya sudah ada di kepalanya dari awal πŸ˜„.

Baca juga : 4 Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan Dengan Mudah

Namun, kita jangan pesimis dengan kebiasan lupa yang sering dialami, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pelupa tersebut.

Cara Mengatasi Kebiasaan Lupa


Mengatasi kebiasaan lupa dapat dilakukan dari segi kesehatan dan segi perilaku sehari-hari dalam beraktivitas.

1. Konsumsi makanan sehat


Semua pasti mengetahui bahwa banyak makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayuran yang baik untuk kesehatan otak seperti kol, brokoli dan sayuran hijau yang berkhasiat untuk meningkatkan memori daya ingat pada otak manusia karena kandungan antioksidan pada sayuran mampu meningkatkan kesehatan otak.

Selain sayuran, ada juga buah-buahan yang mampu meningkatkan daya ingat kita seperti buah ceri dan buah beri terdapat kandungan anthocyanin dan flavonoid untuk memaksimalkan daya ingat.

2. Melatih konsentrasi


Salah satu penyebab yang membuat kita lupa sesuatu yaitu karena kurang konsentrasi atau banyak sekali yang dipikirkan. Jadi untuk mengingat sesuatu yang mungkin kita lupakan, terlebih dahulu berkonsentrasi sejenak. Duduk dengan tenang, tarik nafas dengan baik dan mulai mengingat apa-apa saja yang akan dilakukan.

Biasanya suatu barang kelupaan di rumah saat sudah dalam perjalanan atau tiba di tempat tujuan. Hal ini karena kita kurang konsentrasi ketika masih di rumah. Jadi biasakan sebelum keluar rumah untuk suatu urusan tertentu, konsentrasi beberapa detik dan mengingat jangan sampai ada yang dilupakan untuk dibawah.

3. Membuat MADING di kamar


Mading atau majalah dinding tidak hanya berada di tempat umum seperti sekolah, kampus atau kantor tetapi bagi yang sering lupa, anda juga dapat membuat majalah dinding di kamar dan menulis hal-hal penting yang akan anda lakukan.

Cara Mengatasi Kebiasaan Lupa di Pikiran Manusia yang Sering Terjadi

Mengapa di kamar ? karena kamar merupakan tempat anda beristirahat dan tempat khusus anda di rumah. Sebelum tidur dan bangun di tidur anda akan terus melihat daftar yang akan anda lakukan jadi sangat minim jika anda akan lupa.

4. Membuat alarm pengingat di HP


Semua HP memiliki alarm pengingat baik android atau biasa, anda dapat manfaatkan alarm pengingat di ponsel yang setiap hari anda bawa kemana-mana. Tulis kegiatan atau sesuatu yang sudah anda khwatirkan akan lupa. Atur satu hari sebelum atau beberapa jam sebelumnya sehingga anda akan diingatkan dan tidak kucar-kacir. Jadi jangan mengatur alarm tepat waktu melainkan beberapa jam atau hari sebelumnya.

5. Menulis memo di HP


Menulis memo di HP merupakan solusi anti lupa yang dari dulu saya terapkan. Misalnya ada kiriman yang harus saya ambil di kapal laut. Maka saya sering menulis nomor pengiriman, nama pengirim dan kapal yang membawa kiriman agar ketika mengambil barang tersebut tidak bermasalah karena kita lupa nomor kode pengiriman dan nama si pengirim.

Saya juga seirng menulis waktu dan jam kejadian-kejadian yang menurut saya penting di memo hp, sehingga ketika lupa saya akan melihat kembali memo dan mengingat waktu dan tanggal kejadian.

6. Meminta tolong ke teman


Kita juga pasti pernah lupa ketika melakukan janjian, nah anda dapat meminta bantuan ke teman yang menurut anda ingatan dia sangat baik. Jadi dia akan mengingatkan ketika anda lupa. Jangan meminta bantuan kepada teman yang juga sering lupa, maka hasil akhirnya kalian akan lupa bergerombolan πŸ˜†.

7. Istirahat yang cukup


Kita akan banyak mengalami lupa ketika badan kita kecapean sebab dari situ juga akan menyebabkan konsentrasi kita terganggu. Istirahat yang cukup membuat tubuh kita lebih prima dan pikiran lebih fresh untuk bekerja dengan baik.

Cara mengatasi kebiasaan lupa akan berjalan dengan baik ketika kita sungguh-sungguh menerapkannya dalam segala bentuk aktivitas keseharian sehingga kita tidak lagi menjadi orang yang sering pelupa.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Kebiasaan Lupa di Pikiran Manusia yang Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel